Thursday, October 15, 2015

Ini Khasiat Salak untuk Kesehatan


Di Indonesia, orang sudah banyak yang mengenal buah salak. Apalagi buah salak ini termasuk buah yang berasal dari Indonesia sehingga sangat tumbuh subur di Indonesia karena iklimnya yang sesuai yaitu tropis.

Buah salak hingga saat ini mudah untuk didapat baik itu di pasar tradisional maupun pasar modern. Masyarakat pun leluasa untuk memperoleh buah salak untuk dinikmati.

Ciri khas dari buah salak adalah pada kulit yang berwarna cokelat pekat dan tekstur kulit yang keras dan bersisik mirip dengan sisik ular dan disebut oleh orang Eropa sebagai snake fruit. Tidak hanya di Indonesia saja buah salak pun sudah terkenal di kawasan Amerika dan Eropa.

Dari rasanya pun bisa dikatakan sangat enak dan manis apabila sudah matang dengan aroma yang wanginya yang khas. Tapi tidak semua salak rasanya manis karena kadang rasanya yang agak asam dan sepat. Ada bermacam-macam jenis dari salak, seperti condet, salak pondoh, dan bali swaru.

Buah salak yang terkenal akan rasanya yang enak, dibalik itu semua ada banyak manfaat atau khasiat untuk kesehatan tubuh. Salak memiliki serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk dijadikan obat berbagai penyakit.

Bagi Anda yang saat ini menginginkan untuk mempunyai berat badan yang ideal. Konsumsi buah salak sangat bisa untuk dijadikan rekomendasi yang sehat. Karena buah salak mengandung serat yang banyak, setelah mengkonsumsinya pun perut akan terasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Apa saja kandungan gizi dan nutrisi dalam buah salak? Agar kita bisa memahami apa manfaat dari buah salak, terlebih dulu sebaiknya kita mengetahui kandungan apa saja yang ada dalam buah salak.

Salak yang berbentuk unik, menarik dan rasa yang lezat memiliki kandungan gizi yang terdiri dari zat besi 3,9 mg, fosfor 31 mg, kalsium 38 mg, lemak 0,4 gr, karbohidrat 90,3 gr, protein 0,8 gr, vitamin C 8,4 mg dan energi 368 kilokalori. Itu semua terkandung dalam setiap 100 gram buah salak.

Anda bisa ketahui betapa banyak dan lengkap kandungan gizi dari salak. Patutlah jika buah salak cocok untuk dijadikan sebagai makanan sehat untuk tubuh.

Adapun manfaat atau khasiat buah salak bagi kesehatan dengan berbagai gizi yang ada didalamnya adalah sebagai berikut:

1. Buah salak bermanfaat untuk kecerdasan otak

Hasil riset menunjukkan kandungan pektin dan pottasium dalam buah salak dapat menambah atau meningkatkan kinerja otak manusia. Sistem saraf otonom akan memanfaatkan kandungan pottasium untuk meningkatkan daya fungsi pada otak, mengontrol detak jantung, dan meningkatkan beberapa fungsi fisiologi. Sedangkan untuk pektin, punya manfaat sebagai pencegah dan obat untuk penyakit kanker prostat.

2. Buah salak bisa bermanfaat menyehatkan mata

Tak banyak yang tahu bahwa salak juga berkhasiat untuk memelihara kesehatan mata. Dimana kebanyakan orang hanya mengetahui wortel ssaja yang berkhasiat untuk kesehatan mata. Adanya kandungan betakaroten pada salak yang lebih banyak 5,5 kali dibanding buah mangga dan semangka dapat dijadikan pilihan agar mata menjadi sehat.

3. Buah sirsak mencegah penyakit sembelit

Dalam masyarakat ada mitos yang berkembang yaitu jika makan salak akan susah buang air besar. Faktanya mitos tersebut tidak seratus persen benar. Ada hal yang perlu diketahui saat makan salak yaitu untuk tetap memakan kulit ari pada buah salak. Kulit ari pada salak sangat berguna untuk mengurangi risiko sembelit. Pada dasarnya kulit ari mengandung serat juga seperti daging buah salak. Tanin pada salak juga bermanfaat sebagai obat anti diare.

4. Salak dapat berperan sebagai pembantu program diet

Bagi orang yang sedang menjalankan diet, salak bisa dimanfaatkan menjadi salah satu menu makanan dalam program diet. Salak yang berserat tinggi mampu menahan rasa kenyang dalam waktu lama.

Demikianlah manfaat atau khasiat dari buah salak untuk kesehatan. Semoga informasi ini bisa Anda jadikan pegangan saat menjalani diet ataupun referensi untuk makanan sehat sehari-hari.