Wednesday, October 7, 2015

Inilah Tips Cara Memutihkan Gigi Secara Alami


Gigi merupakan organ penting tubuh yang selalu dipakai setiap hari ketika mengkonsumsi makanan.  Selain itu, gigi putih dan bersih pasti menjadi impian banyak orang. Dengan memiliki gigi putih dan bersih, seseorang pasti akan lebih percaya diri saat berbicara atau berinteraksi dengan orang lain.

Bisa dibayangkan jika seseorang punya gigi yang tidak sedap dipandang mata seperti gigi kuning lebih parahnya lagi gigi rusak. Dimana hal itu akan membuat rasa malu ketika bertemu orang lain.

Gigi kuning termasuk ciri dari gigi yang tidak sehat. Secara langsung itu akan berpengaruh juga terhadap kesehatan mulut dan gusi.

Terkadang ada sebagian orang tidak peduli akan kesehatan mulut, khususnya gigi. Sehingga lambat laun gigi menjadi tidak sehat dan berakibat buruk misalnya gigi kuning bahkan hingga keropos.

Oleh karena itu, perlu sekali mengetahui bagaimana cara merawat kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi. Dengan mempunyai mulut dan gigi yang sehat, seseorang pasti terhindar dari penyakit yang mengancam kesehatan tubuh.

Apabila saat ini Anda termasuk orang yang ingin memutihkan gigi agar lebih bagus dan menarik. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips penting yang bisa Anda lakukan secara cepat dan mudah untuk memutihkan gigi.

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab gigi menjadi kuning dan rusak

Hal yang paling penting untuk diketahui mengenai timbulnya masalah gigi kuning adalah faktor penyebab gigi menjadi berwarna kuning. Agar di masa nanti tidak mengulangi kesalahan yang telah diperbuat. Karena gigi masuk dalam kategori organ tubuh paling vital bagi manusia.

1. Timbulnya rasa malas menyikat gigi. hal ini mungkin saja menjadi kebiasaan karena adanya kemungkinan kurangnya perhatian dan pendidikan dari orang tua sehingga menggosok gigi tidak dianggap sesuatu yang penting.

2. Tata cara yang keliru dalam menyikat gigi. Menyikat gigi tidak bisa asal-asalan. Apabila menggosok gigi dengan cara yang salah, akibatnya gigi menjadi cepat rusak dan keropos.

3. Terlalu sering minum teh dan kopi. Karena minuman ini termasuk berwarna coklat dan hitam. Tentu saja berdampak negatif terhadap gigi yang pada asalnya berwarna putih.

4. Kebiasaan merokok. Kandungan nikotin yang ada pada tembakau atau rokok ternyata dapat membuat gigi menjadi kuning.

5. Pemakaian obat tetes mata dalam dosis berlebihan.

6. Terlalu banyak konsumsi minuman mengandung suplemen dan minuman pendongkrak energi.

7. Penggunaan obat pemutih gigi yang salah.

Apabila gigi kuning disebabkan oleh salah satu atau lebih dari penyebab tersebut diatas, maka perlu disarankan untuk segera mengurangi bahkan berhenti untuk mencegah gigi berubah menjadi kuning. Nah, sekarang waktunya untuk kita mengetahui dan simak bersama apa saja tips dan cara untuk memutihkan gigi.

Tips untuk memutihkan gigi dengan cara cepat, simpel dan mudah.

Sebagian orang beranggapan bahwa gigi bisa sehat hanya dengan cara menggosok gigi secara rutin dan menggunakan pasta gigi yang baik dan mahal harganya. Bukan seperti itu, karena yang paling penting adalah kita juga harus mengetahui hal apa saja yang harus dijauhi dan gaya hidup tidak sehat yang menjadi penyebab gigi tidak sehat dan berwarna kuning. Disamping itu, Anda bisa melakukan berbagai cara mudah dan bersifat alami dalam memutihkan gigi agar lebih menarik dan sehat.

1. Gunakan siwak untuk memutihkan gigi secara alami

Siwak termasuk ampuh dalam merawat dan membersihkan gigi Anda agar lebih sehat, tidak hanya gigi tetapi gusi dan mulut. Cara ini sudah ada dalam ajaran Islam pada zaman Rasulullah. Gunakan siwak yang lembut dan bersih untuk dipakai pada gigi. Keistimewaan menggunakan siwak adalah selain ggi menjadi bersih, kaum muslim akan mendapat pahala jika mengamalkannya karena merupakan sunnah Nabi.

2. Cara memutihkan gigi menggunakan kulit jeruk

Anda suka memakan jeruk? Pernahkah Anda menyangka bahwa kulit jeruk juga bermanfaat untuk memutihkan gigi? Kulit jeruk sebaiknya tidak dibuang, karena masih bisa manfaatkan untuk memutihkan dan merawat gigi. Caranya sangat mudah, dengan hanya menggosokkan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih ke gigi Anda yang kuning. Cara ini wajib Anda lakukan secara rutin tiap hari agar gigi Anda putih dalam waktu yang singkat dan lebih alami tanpa penggunaan bahan kimia. Khusus bagi Anda yang memiliki gigi sensitif agar lebih berhati-hati, karena kandungan vitamin C pada kulit jeruk dapat berbahaya bagi gigi.

3. Tips memutihkan gigi dengan pasta gigi berbahan alami

Di pasaran banyak dijual pasta gigi yang sudah bercampur dengan bahan kimia. Tentunya ini kurang baik untuk gigi dan mulut. Anda jangan khawatir, karena ada cara membuat pasta gigi secara alami yaitu menggunakan bahan dari daun salam dan kulit jeruk. Pertama, jemur sampai kering daun salam dan kulit jeruk. Kemudian, daun salam beserta kulit jeruk yang kering ditumbuk sampai halus. Tambahkan air sedikit lalu aduk sampai merata dan menjadi pasta. Pakailah pasta tersebut ketika menggosok gigi. Cara ini sangat mudah bahkan bahan-bahannya pun mudah didapat. Anda bisa menggunakan ramuan alami ini untuk memutihkan gigi.

4. Cara memutihkan gigi memakai baking soda

Cara yang lain bisa Anda lakukan adalah memakai baking soda. Baking soda sangat mudah diperoleh karena ini termasuk bahan untuk pembuatan kue. Untuk masalah gigi, baking soda sangat berguna untuk melenyapkan noda atau kotoran pada gigi. Perlu diingat, pemakaian baking soda ini akan sangat berbahaya dan menjadi efek negatif bisa merusak gigi jika sering digunakan karena dapat menyebabkan lapisan gigi rusak. Rekomendasi terbaiknya adalah gunakan baking soda untuk memutihkan gigi maksimal dalam sebulan hanya 1 hingga 2 kali saja. Lalu bagaimana cara pemakaian baking soda pada gigi? Sangat mudah, cukup dengan mengoleskan baking soda pada permukaan gigi Anda, diamkan sejenak dalam waktu 10 menit. Lanjutkan dengan menyikat gigi Anda menggunakan pasta gigi biasa sampai bersih.

5. Cara praktis memutihkan gigi degan biji buah pinang

Biji buah pinang sangat baik untuk gigi agar lebih terawat dan kuat. Biji buah pinang sudah digunakan oleh orang sejak zaman dulu dalam memutihkan gigi secara alami. Cara membuatnya adalah biji buah pinang dibakar sampai hangus kemudian Anda haluskan seperti bubuk. Lalu Anda gosokkan perlahan biji buah pinang yang sudah dihaluskan tersebut ke gigi Anda. Untuk memudahkan penggosokan, gunakanlah kain katun lembut atau sabut pinang. Cukup lakukan cara ini setengah bulan sekali saja. Insya Allah gigi Anda akan putih dan kuat.

6. Cara memutihkan gigi menggunakan arang kayu

Anda pasti terkejut, benarkah arang kayu yang berwarna hitam bisa memutihkan gigi? Justru disinilah cara yang bisa mengubah gigi yang sebelumnya kuning menjadi putih. Walaupun cara ini termasuk cara yang sudah lama dikenal. Cara menerapkan ini pun harus dengan hati-hati, karena jika berlebihan dapat merusak lapisan email pada gigi. Jadi, usahakan melakukannya dengan cara yang pelan dan wajar.

7. Cara memutihkan gigi dengan mengkonsumsi strawberi

Buah strawberi bukan hanya buah yang enak, tetapi memiliki khasiat khusus untuk memutihkan gigi yang sebelumnya kuning. Ada beberapa macam buah-buahan dan sayuran yang bisa dimanfaatkan menjadi bahan untuk memutihkan gigi secara alami yaitu apel, strawberi, seledri dan wortel. Caranya sangat praktis karena Anda hanya memakannya saja. Maka gigi Anda akan putih dan jadi sehat.

8. Gunakan pasta gigi dari lemon dan garam untuk memutihkan gigi

Anda bisa membuat pasta gigi dengan campuran bahan dari lemon yang sudah dijus kemudian dicampurkan sedikit garam. Pakailah untuk menggosok gigi. Gigi akan menjadi putih. Hal yang perlu diingat, jangan sering menggunakan cara ini karena kandungan garam yang dapat merusak gigi.

9. Stop merokok jika ingin gigi menjadi putih

Bahaya rokok tidak hanya menyerang organ penting dalam tubuh seperti paru-paru, jantung, tenggorokan dan lainnya. tetapi, rokok dapat membuat gigi menjadi kuning. Kandungan rokok yang diantaranya adalah tar dan nikotin inilah yang menjadi sebab gigi menjadi kuning. Bagi perokok yang ingin giginya putih dan bersih, sangat wajib untuk berhenti merokok saat ini juga.

10. Konsumsi produk susu untuk memutihkan gigi

Produk susu yang dijual di pasaran seperti keju dan yogurt ternyata dapat membuat gigi Anda lebih putih karena mengandung kalsium tinggi. Disamping itu juga gigi akan menjadi kuat. Jadi, pilihan ini bagus untuk Anda yang suka akan produk susu sekaligus ingin memutihkan gigi.

11. Rutin sikat gigi

Cara yang satu ini tentunya harus Anda lakukan setiap hari karena dasarnya adalah untuk membersihkan gigi Anda dari kotoran dan sisa makanan. Sikat gigi yang disarankan adalah sebanyak 3 atau 2 kali dalam sehari. Pilih juga sikat gigi yang pada bulu sikatnya lembut. Perhatikan cara menyikat, gerakan ke atas dan ke bawah adalah cara yang danjurkan. Sikatlah gigi Anda secara pelan-pelan, tidak perlu cepat dan terburu-buru karena itu akan berbahaya bagi gigi dan gusi.

Itulah tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan gigi dan memutihkan gigi Anda. Semoga dapat bermanfaat serta menjadi motivasi untuk kita semua dalam memelihara kesehatan organ gigi. Karena dengan gigi yang sehat dan putih akan mempengaruhi kesehatan organ lainnya dalam tubuh kita.