Tuesday, November 3, 2015

10 Makanan untuk Tingkatkan Kekuatan Otak


Otak merupakan organ paling utama dan penting yang ada dalam tubuh manusia. Tetapi otak juga sangat sulit dimengerti bagaimana cara kerjanya jika dibandingkan dengan organ tubuh lainnya. Otak mempunyai peran vital dalam mengontrol dan mengendalikan semua fungsi bagian tubuh manusia.

Otak adalah organ yang memiliki kompleksitas tinggi, oleh sebab itu gaya hidup seseorang mampu memberikan efek tersendiri pada kemampuan otak. Peran makanan adalah faktor penentu yang membantu memaksimalkan fungsi otak agar lebih baik dan mengantisipasi datangnya penyakit yang menyerang otak.

Namun dibalik itu, banyak orang yang belum mengetahui dan memahami makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi untuk mendongkrak daya kemampuan otak agar lebih sehat dan optimal. Lalu, apa saja makanan yang dapat dikonsumsi dan bermanfaat untuk tingkatkan kemampuan otak? Berikut penjelasannya.

1. Minyak yang terbuat dari ikan sangat bagus untuk otak beserta sistem saraf. Ikan yang sangat baik diantaranya adalah teri, sarden dan salmon yang mempunyai kandungan lemak esensial dan asam omega 3 yang berpengaruh baik pada fungsi otak, terjaganya kesehatan otak dan memperbaiki hubungan antar sel pada otak.

2. Apakah Anda termasuk suka makanan pedas yang ada cabenya? Banyak yang belum tahu bahwa cabe juga bermanfaat untuk otak karena mengandung vitamin C yang kadarnya lebih tinggi dibanding buah lainnya seperti jeruk dan nanas.

3. Biji labu sangat banyak mengandung seng atau zinc, salah satu mineral yang bermanfaat memperkuat daya ingat. Biji labu sangat bervariasi bila ingin mengkonsumsinya. Agar otak lebih prima dan sehat, diperlukan satu genggaman biji labu setiap harinya.

4. Otak sangat penting untuk dijaga dari berbagai penyakit dan tomat adalah solusinya. Kandungan antioksidan lycopene dalam tomat sangat ampuh dalam membasmi berkembangnya radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Dengan memakan tomat secara teratur, otak akan terlindungi dari ancamana penyakit otak, salah satunya sindroma alzheimer.

5. Sayuran brokoli merupakan makanan yang menyehatkan khususnya untuk otak. Brokoli banyak mengandung antioksidan, vitamin C dan K. Sehubungan dengan itu, fungsi vitamin K sangat bagus untuk meningkatkan fungsi otak dan bisa bermanfaat mencegah penyakit demensia.

6. Makanan dari bahan kacang berbagai jenis banyak mengandung vitamin E yang sangat baik dalam pencegahan hilangnya memori seseorang. Lemak baik juga banyak terdapat dalam kacang.

7. Kacang dari kakao juga membuktikan bahwa bila dikonsumsi dapat membantu otak menjadi lebih sehat. Secara fakta buah cokelat tidak memiliki banyak kacang di dalamnya.

8. Perlu diketahui, bahwa blueberry termasuk dalam kategori makanan yang hebat.  Blueberry secara umum bagus untuk membantu tubuh agar lebih sehat. Disamping itu pula blueberry banyak mengandung vitamin dan antioksidan yang penting untuk menjaga otak tetap sehat.



9. Tingkatkan fungsi otak dengan biji rami karena kaya akan lemak sehat dan berkhasiat untuk fungsi otak agar lebih meningkat. Anda tak perlu khawatir dalam memperoleh biji rami, karena di pasaran sudah banyak dijual seperti roti, biasanya untuk makanan bubur.

10. Nutrisi kolin sesungguh sudah dapat diproduksi oleh tubuh tapi masih dalam kuantitas yang rendah. Konsumsi telur bisa membantu secara mencolok dalam rangka menjaga kesehatan otak.

Demikian informasi mengenai 10 makanan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan, kemampuan dan kinerja otak agar lebih baik dan prima. Perlu diingat, otak adalah organ paling utama dalam tubuh manusia untuk itu kita harus selalu menjaga gaya hidup kita, tak terkecuali dalam mengkonsumsi makanan. Semoga bermanfaat.