Saturday, December 26, 2015

18 Teknik Jitu Tingkatkan IQ Anda


Kecerdasan intelektual atau yang lebih dikenal dengan istilah IQ (intelligence quotient) merupakan ciri pikiran yang terdiri dari beberapa kemampuan atau potensi seperti potensi dalam hal penalaran, perencanaa, pemecahan terhadap masalah, pikiran secara abstrak, pemahaman gagasan, penggunaan bahasa dan kemampuan belajar.

Sebuah kecerdasan sangat kuat hubungannya dengan potensi kognitif seseorang. Bahkan kecerdasan pun bisa diukur dengan alat khusus yaitu psikometri dan biasa disebut dengan tes IQ.

Sebagian orang tentunya ingin memiliki IQ yang tinggi tanpa menyepelekan kecerdasan lainnya seperti kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual. Pertanyaannya, apakah ada cara atau tips yang bisa dilakukan seseorang agar tingkat IQ nya semakin baik?

Jawabannya ada dan Anda pun bisa menerapkan cara berikut ini untuk memperoleh IQ yang cemerlang. Penasaran? Mari ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Pertama. Tarik Nafas Anda Sedalam Mungkin.

Bernafas merupakan aktivitas yang penting bagi tubuh karena salah satu manfaatnya adalah dapat meningkatkan fungsi otak agar lebih cepat. Pilih waktu yang tepat dan baik untuk melakukan ini, yaitu pada waktu subuh karena di waktu itulah oksigen masih murni dan tidak tercampur dengan polusi.

Tariklah nafas Anda dalam-dalam agar aliran oksigen bisa masuk ke darah Anda lebih banyak dan yang pasti ke otak Anda yang sangat memerlukan asupan oksigen. Sangat berbahaya jika kadar oksigen dalam darah sedikit, karena akan berpengaruh buruk pada fungsi otak Anda.

Apabila Anda tertarik untuk melakukannya, cobalah lakukan olahraga pernafasan.

Kedua. Rutin Membuat Jurnal Harian.

Anda mungkin menganggap ini hal yang mengherankan. Hubungan kegiatan menulis jurnal atau catatan sangat bagus bagi otak, karena apa yang Anda alami, rasakan, pikirkan, gagasan yang ada dalam pikiran bisa Anda torehkan dalam bentuk tulisan dan itu akan memperkuat sesuatu hal.

Apa jadinya jika sesuatu hal penting hanya diingat dalam pikiran? Suatu saat akan hilang jika tidak diperkuat dan disimpan dalam sebuah tulisan. Tidak heran jika orang jenius di dunia ini selalu rajin menulis buku harian.

Sebagai contoh, Thomas Edison sudah menulis sekitar 3.000.000 halaman yang berisi surat, catatan dan idenya ke dalam banyak jurnal pribadi selama dia hidup. Jadi, tidak ada salahnya jika rajin menulis merupakan obat mujarab agar IQ Anda semakin meningkat.

Ketiga. Mempelajari Banyak Hal yang Bermanfaat.

Bagi Anda yang suka belajar akan hal-hal baru, kemungkinan Anda memiliki IQ yang bagus. Karena saat Anda belajar dan menjalani proses belajar tersebut sedikit demi sedikit, secara tidak sadar telah tercipta bagian syaraf yang baru mengalir di dalam otak Anda. Luar biasa bukan?

Bisa dimengerti bahwa orang yang pintar itu mempunyai banyak aliran syaraf jika dibandingkan dengan orang lain. Sebuah keistimewaan tersendiri apabila kita selalu bersemangat dan punya keinginan kuat ketika belajar hal-hal baru apalagi hal tersebut adalah ilmu yang punya manfaat. Makin banyal hal yang dipelajari, maka akan membuat otak jadi lebih pintar.

Keempat. Membiasakan Belajar Membaca Secara Cepat.


Anda terbiasa membaca cepat? Jika belum, ada teknik ampuh agar Anda bisa membaca lebih cepat yang dinamakan dengan photo reading, teknik ini dapat membantu Anda dalam memproses data informasi secara tertulis dan dalam jumlah yang besar serta dalam waktu cepat.

Selain itu juga bisa membuat Anda merekam informasi yang ada lalu bisa mengingatnya lebih baik dari apa yang diajarkan di sekolah biasa. Walaupun ada banyak sekali teknik membaca cepat yang diajarkan dengan cara mata yang digerakkan secara cepat pada halaman tulisan yang sedang dibaca, tetapi teknik dari photo reading ini berbeda karena merupakan teknik membaca yang memiliki sistem yang mengajarkan seseorang untuk memanfaatkan pikiran sadar dan juga bawah sadar saat membaca.

Secara mendasar, teknik photo reading ini bisa diaplikasikan dengan memakai berbagai bahan tulisan yang gampang dibaca dengan mengandalkan beberapa jenis teknik yang berbeda setiap saat. Pada langkah pertama Anda harus melibatkan pikiran sadar dan memanfaatkan cara lain dalam rangka meningkatkan kekuatan ingatan Anda serta proses pemahaman sebuah materi bacaan.

Kelima. Gunakan Waktu Untuk Istirahat Singkat Secara Berkala.

Cobalah untuk belajar sesuatu sekitar 20 menit kemudian gunakan waktu istirahat dalam tempo yang singkat. Cara ini bisa dibilang efektif dan efisien karena sesuatu yang dipelajari di permulaan dan akhir waktu belajar Anda akan bisa lebih lama ada dalam ingatan.

Untuk dapat membantu Anda dalam mengingat waktu untuk istirahat sejenak, Anda dapat mengunduh secara gratis alat ang bernama Software Motivator, jadi setiap 20 menit tiba akan terlihat pesan di layar komputer Anda yang berisikan pengingat untuk beristirahat.

Keenam. Pakailah Akronim Sebagai pengingat Suatu Informasi.

Setiap saat kita selalu mendengar singkatan yang bernama lain akronim. tentu saja ini tujuannya untuk mempermudah setiap orang mengingat informasi yang banyak menjadi lebih sedikit atau singkat.

Akronim ini biasanya dibuat berdasarkan huruf permulaan pada beberapa kata yang ingin disingkat. Teknik ini pun ini bisa menjadi alat pengingat yang bagus dalam membantu Anda dalam menangkap dan mempelajari informasi yang banyak ke dalam waktu yang singkat atau cepat.

Sangat banyak contoh dari akronim, diantaranya adalah SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan WYSIWYG (What You See is What You Get).

Ketujuh. Rutin Sarapan Pagi Hari.

Sarapan pagi telah memberikan bukti nyata dapat membantu seseorang dalam berkonsentrasi lebih baik, meningkatkan potensi pemecahan masalah, kinerja mental yang baik, kekuatan ingatan dan mood.

Dengan sarapan, maka seseorang dapat mengambil momentum yang tepat dalam memberikan tubuh tingkat glukosa kembali sesudah dalam waktu lama sekitar 8 sampai 12 jam tanpa konsumsi makanan.

Untuk diketahui, bahwa glukosa merupakan unsur penting dalam memberikan tenaga untuk tubuh agar bisa beraktivitas.

Kedelapan. Manfaatkan Tubuh Agar Bisa Membantu Anda Belajar Sesuatu Hal.

Tubuh yang bergerak adalah proses penting dalam proses dan pengembangan belajar seseorang. Program olahraga yang bisa dijalankan adalah Brain Gym atau dengan kata lain, Olahraga Otak adalah suatu program olahraga yang simpel dan sudah mengalami pengembangan dalam 25 tahun yang dikembangkan oleh para ahli pendidikan.

Didalam brain gym ini bisa membantu Anda dalam hal-hal berikut:
- Pemahaman akan suatu hal
- Konsentrasi Berpikir
- Berpikir abstrak
- kekuatan ingatan
- Keletihan jiwa
- Kemampuan dalam penyelesaian tugas
- Keseimbangan tubuh dan kemampuan koordinasi

Ada 3 latihan dalam Brain Gym yang tentunya bisa anda lakukan yaitu Brain Buttons, Cross Crawl, and Hook Ups.

Kesembilan. Lakukan Meditasi
Neuropsychologist menyatakan bahwa kegiatan meditasi bisa membantu mengubah struktur otak seseorang. Data hasil pemindaian MRI dari orang yang melakukan meditasi memperlihatkan bahwa aktivitas pada otak lebih besar dalam bagian sirkuit otak, terlebih pada saat memperhatikan sesuatu.

Saat ada beberapa suara mengganggu yang sengaja diperdengarkan kepada para meditator yang saat itu sedang melewati pemindaian MRI, hasilnya adalah suara tersebut hanya berpengaruh sedikit pada wilayah otak mereka yang menyertakan sisi emosi dan proses penentuan keputusan, berbeda jika dibandingkan dengan orang-orang yang jarang atau tidak melakukan meditasi.

Kesepuluh. Hindari Makanan yang Memiliki Kadar Gula.

Zat karbohidrat yang berasal dari apapun diantaranya roti, nasi, pasta dan keripik kentang ternyata bisa membuat seseorang menjadi malas dan terasa lelah. Efek buruk dari makanan ini pun menjadikan Anda kesulitan dalam berpikir secara optimal dan baik.

Masalah ini adalah efek dari insulin yang beredar dalam darah yang gunanya untuk mencegah agar tingkat gula yang sangat tinggi atau berlebihan.

Kesebelas. Asah Kecerdasan Emosional Anda.

Selama ini kebanyakan orang selalu berfokus pada sisi kecerdasan, yaitu daya pikir logika, matematis, pemahaman dimensi ruang, berpikir analogi, kemampuan verbal dan sebagainya.

Tapi ada hal yang berbeda beberapa tahun belakangan ini, sangat banyak orang yang merasakan bahwa mereka menyiakan kemampuan yang dimiliki dengan cara berpikir jernih, bersikap baik, dan gaya komunikasi didalam teknik yang menghalangi kesempatan mereka menggapai kesuksesan.

Kecerdasan emosi sudah diakui sebagai potensi meta fisik yang membantu Anda dalam menggunakan potensi serta bakat diri yang dimiliki secara optimal dan maksimal.

Keduabelas. Gunakan Sebaik Mungkin Semua Waktu Anda.

Anda bisa menggunakan setiap waktu yang ada dalam hidup, misalnya ketika Anda berada dalam angkutan publik, manfaatkanlah dengan kegiatan bermanfaat seperti membaca.

Tidak ada waktu yang sia-sia ketika Anda berada dalam angkutan publik. Siapkanlah buku-buku yang berguna untuk diri Anda seperti pengembangan diri dan motivasi.

Ketigabelas. Olahraga Lari Kecil atau Jogging.

Seorang ahli menyatakan bahwa seseorang dapat memperbaiki mood, mengurangi risiko pikun, meningkatkan kecerdasan dan dapat bekerja lebih bagus hanya dengan melatih detak jantung dan mengeluarkan keringat.

Fakta dan bukti ilmiah memperlihatkan bahwa jenis olahraga aerobik dapat membangun dan membentuk lagi otak agar kinerjanya dapat tercapai secara optimal.

Keempatbelas. Latihan Terhadap Indra yang Dimiliki.

Penemuan oleh para ilmuwan menunjukkan bahwa otak manusia mampu belajar sesuatu dan menandakan cara yang sangat efektif lewat aktivitas yang menggunakan bermacam indra.

Orang yang berumur dewasa dan juga anak-anak dapat belajar dengan baik sekali saat mereka belajar lewat aktivitas yang menyertakan indra suara, penglihatan, perasaan, timbal balik, orientasi terhadap ruang dan sampai pada indra pengecap dan perasa.

Kelimabelas. Buat Latihan Terhadap Gelombang Otak Alpha.

Riset membuktikan bahwa situasi yang ideal dalam belajar adalah saat otak kita sedang dalam keadaan yang tenang atau santai, tapi tetap dalam pikiran fokus dan terjaga. Didalam situasi ini pun gelombang pada otak akan berjalan kurang lebih delapan sampai duabelas siklus tiap detik yang disebut dengan kondisi alpha.

Keenambelas. Memakan Buah yang Mengandung Antioksidan.

Zat antioksidan dapat bermanfaat untuk menjaga sel-sel tubuh, tidak terkecuali sel pada otak Anda.

Adapun jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi ialah raspberry, kismis, bayam, blueberry, strawberry, blackberry, cranberry, bawang putih dan lainnya.

Ketujuhbelas. Manfaatkan Intuisi yang Anda Miliki.

Proses dalam mengumpulkan berbagai informasi bisa dilakukan dan dipelajari menggunakan intuisi. Kelebihan menggunakan intuisi yang dimiliki, akan dapat memperlebar tingkat kewaspadaan dan menuntun Anda ke alam bawah sadar Anda yang bertujuan untuk menangkap berbagai informasi dari apa yang ada di sekitar Anda dan lingkungan.

Kedelapanbelas. Manfaatkan Sebuah Bentuk Sistem Pembantu Ingatan.

Anda bisa mengasah kecerdasan intelektual dengan menggunakan sistem pembantu memori atau dikenal dengan sebutan sistem obyek angka yang merupakan cara yang unik dalam mengingat sebuah daftar. Dimana sistem ini dapat melakukan pekerjaan dengan cara mengingat secara dalam rincian daftar kata yang mudah dan cepat dihubungkan terhadap nomor yang diasosiasikan oleh daftar kata. (angka 1 sampai 10, angka 1 sampai 100 dan seterusnya).

Itulah yang dinamakan memori atau ingatan Anda. Apabila Anda diharuskan merekam atau mengingat suatu daftar secara singkat dan cepat, maka semua benda dalam daftar itu bisa Anda cocokkan dengan salah satu angka agar lebih mudah diingat.

Selanjutnya, sesudah Anda ingat kuat-kuat beberapa angka itu, Anda dapat memakai angka serupa yang diulang berkali-kali selama Anda mesti mengingat suatu hal. Saat Anda mesti melakukan hafalan banyak hal yang ada dalam sebuah daftar, buatlah itu menjadi visualisasi benda dengan angka yang Anda punyai.

Disini Anda dapat menyeleksi berbagai kata yang mempunyai rima yang persis sama dengan angka yang ada, mari kita pelajari contoh berikut yang dikutip dari Wikipedia:
1 - gun
2 - zoo
3 - tree
4 - door
5 - hive
6 - bricks
7 - heaven
8 - plate
9 - wine
10 - hen

Agar Anda lebih mudah, mari simak contoh berikut ini, seandainya Anda harus menghafal sepuluh barang yang hendak dibeli di toko obat atau apotek, misalnya: kapas (cotton ball), pasta gigi (toothpaste), permen karet (gum), kertas (paper), lem (glue), kartu index (index cards), multivitamin (multivitamins), krim tangan (hand cream), shampoo, dan kutek (nail polish).

Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

1. Imajinasikan kapas (cotton balls) ditembakkan dari sebuah pistol (gun)
2. Imajinasikan seekor gorila berada di kebun binatang (zoo) sedang menggosok giginya memakai pasta gigi (toothpaste)
3. Imajinasikan ada sebuah pohon (a tree) dengan satu bungkus permen karet (gum) tumbuh pada cabang di bagian tertentu
4. Imajinasikan seseorang pria masuk melalui pintu kertas (paper door)
5. Imajinasikan satu toples lem (glue) dikelilingi oleh banyak lebah seakan-akan toples tersebut adalah sarang lebah (beehive)
6. Imajinasikan sebuah rumah terbuat dari batu bata (bricks) kartu index (index cards)
7. Imajinasikan malaikat (angels) sedang minum multivitamin.
8. Imajinasikan sebuah piring (a plate full) berisi krim tangan (hand cream)
9. Imajinasikan sebuah gelas wine (a wine glass) berisi shampoo.
10. Imajinasikan seekor ayam jantan (a hen) dengan kuku berwarna merah (bright red nails).

Demikianlah informasi mengenai 18 Teknik Jitu Tingkatkan IQ Anda yang sangat berguna untuk mengasah otak agar lebih baik kinerja dan optimal dalam mempelajari sesuatu.

Tak lupa, bahwa kecerdasan adalah datang dari Tuhan, kita sebagai manusia hanya dapat menggunakannya untuk hal yang baik dan berguna bagi orang banyak, bukan untuk disalahgunakan.

Semoga apa yang disampaikan pada artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi inspriasi bagi kita semua. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini dan membaca artikel ini.