Thursday, December 17, 2015

5 Tips Jalan Kaki Jarak Jauh


Jalan kaki sudah tidak asing lagi bagi kita karena merupakan aktivitas yang selalu dilakukan baik itu untuk transportasi termurah ataupun sebagai olahraga yang ringan. Jalan kaki sekarang sudah mulai berkurang peminatnya disebabkan sudah banyak alat transportasi modern seperti motor dan mobil, sehingga orang-orang sudah malas jalan kaki bahkan tidak sanggup jalan kaki untuk jarak yang jauh. 

Padahal jalan kaki bisa menjadi solusi murah dan efektif untuk orang yang ingin sehat karena berbeda dengan menggunakan motor dan mobil yang menyebabkan orang tidak banyak bergerak dan berdampak pada pencemaran lingkungan seperti polusi asap dan suara bising mesin kendaraan. Oleh karena itu kita sebaiknya mengetahui dahulu apa manfaat jalan kaki untuk kesehatan.

Dengan orang melakukan jalan kaki secara rutin dan dalam jarak tempuh yang jauh sebenarnya bisa dilakukan. Nah, berkaitan dengan itu, ada hal-hal yang harus kita ketahui agar bisa jalan kaki untuk menempuh jarak yang jauh dan lama. Mari simak informasinya berikut ini:

Anggota tubuh manusia, seperti kaki memiliki otot-otot dan itu merupakan komponen penting dan berguna dalam tubuh manusia, meskipun begitu otot akan bisa mengalami lemah pada waktu bersamaan. Seiring usia seseorang atau jenis aktivitas yang dilakukan serta intensitasnya.

Pembentukan otot kaki yang baik dan benar akan bisa mendukung seseorang sanggup berjalan kaki pada jarak tempuh yang jauh dan tidak cepat merasa letih lelah. Otot-otot di kaki akan semakin bagus dan kuat apabila seseorang selalu rutin berjalan kaki, apalagi dilakukan setiap hari.

Bagi Anda yang tidak sempat waktu untuk melatih dan membentuk otot kaki dengan cara jalan kaki, tak perlu khawatir karena ada cara lain yang tetap efektif yaitu dengan menaiki dan menuruni anak tangga dalam waktu sekitar 30 menit setiap hari. 

Hal ini bisa dibilang aneh tapi tetap termasuk dalam olahraga yang menyehatkan dan mampu membuat Anda bisa memiliki stamina yang bagus untuk berjalan kaki jarak jauh.

Disamping itu ada beberapa tips penting yang harus dilakukan untuk mendapatkan kaki yang kuat agar bisa berjalan kaki jarak jauh sebagai berikut:

5 Tips Penting Agar Anda Kuat Jalan Kaki Jarak Jauh

1. Sudahkah Anda melakukan jalan kaki secara rutin? Jika Anda masih jarang melakukan aktivitas jalan kaki, maka ketika melakukan jalan kaki jarak jauh secara mendadak, kaki akan terasa pegal atau penat. Untuk antisipasinya, usahakan berjalan kaki secara berangsur-angsur mulai dari jarak dekat terlebih dulu hingga nanti sampai pada jarak jauh.

2. Pada saat awal Anda berjalan kaki, usahakan tidak terlalu cepat dalam mengambil langkah kaki karena Anda akan merasa capek. Berjalan kaki lah secara perlahan dan meningkatkan kecepatannya secara bertahap dalam beberapa kali, lalu perlambat kembali langkah kaki Anda.

3. Selalu imbangi dengan minum air bening atau jenis minum lain yang mengandung elektrolit atau isotonik. Minumlah secara teratur ketika berjalan kaki, tujuannya agar cairan yang hilang dari tubuh cepat tergantikan dan tubuh Anda tidak akan kelelahan.

4. Bagi pejalan kaki tentunya harus dilengkapi alas kaki yang biasa disebut sandal atau sepatu. Jika ingin berjalan kaki jarak jauh, penggunaan sepatu atau sandal haruslah yang bagus dan nyaman ketika dipakai dalam waktu lama dan tidak mencederai kaki Anda. 

Hindari pemakaian alas kaki dengan hak tinggi karena akan membuat kaki cepat pegal dan lelah. Selain itu gunakan sandal atau sepatu yang ringan dan terbuat dari bahan yang lembut agar kulit terhindar dari luka lecet ketika berjalan.

5. Pada saat berjalan kaki, apalagi untuk jarak jauh tentulah ada rasa capek dan lelah yang akan dirasakan. Oleh karena itu, beristirahatlah sebentar sambil Anda memijat pelan kaki Anda agar otot-otot menjadi lentur dan kurang ketegangannya. 

Namun disarankan untuk tidak terlalu lama dalam istirahat karena otot kaki yang sudah panas setelah berjalan kaki akan menjadi dingin kembali dan kaki pun akan lebih terasa penat. 

Apabila Anda sudah merencanakan untuk melakukan jalan kaki jarak jauh, sebaiknya Anda berlatih dulu beberapa saat untuk melatih lebih bagus lagi otot kaki Anda agar lebih siap untuk menempuh jarak yang jauh dengan jalan kaki.

Itulah tips yang sangat berguna untuk Anda terapkan agar bisa melakukan aktivitas fisik yaitu jalan kaki dengan jarak tempuh yang jauh. 

Ingatlah bahwa jalan kaki jarak jauh bisa menjadi salah satu olahraga andalan bagi Anda karena mudah dilakukan dan murah tidak memerlukan peralatan yang rumit dan mahal. Semoga bermanfaat untuk kita semua.