Saturday, December 5, 2015

Kenali 7 Khasiat Istimewa Kentang Bagi Kesehatan


Kentang sudah menjadi makanan populer di masyarakat dan sering menjadi salah satu campuran dari berbagai olahan masakan. Kentang yang disebut juga dalam istilah ilmiah yaitu Solanium tuberosum L. termasuk tanaman dari suku yang bernama Solanaceae yang mempunyai umbi batang yang bisa dikonsumsi.

Di kawasan Eropa, kentang telah menjadi bahan makanan pokok meskipun pada mulanya kentang berasal dari kawasan Amerika Selatan dan sudah lama dikembangbiakkan oleh masyarakat di sana mulai ribuan tahun yang lalu.

Dahulu para penjelajah asal Spanyol dan Portugis lah yang pertama kali mendatangkan ke kawasan Eropa dan juga mengembangbiakkan tanaman kentang ini.

Kentang termasuk tanaman herba semusim dengan ciri bentuknya pendek dan tidak mempunyai kayu dan dapat hidup pada iklim sejuk. Sedangkan untuk daerah tropis, kentang sangat cocok ditanam di daerah dataran tinggi.

Ciri lainnya yang terlihat dari tanaman kentang ini adalah mempunyai bunga yang sempurna dan tertata secara majemuk. Diameternya berkisar 3 cm, dan berukuran besar. Warna bunga kentang ada yang ungu sampai putih.

Kentang yang secara jelas berbentuk bulat lonjong dan berwarna kuning pada buahnya menjadikan kentang sangat mudah untuk dikenali.

Cara mengonsumsi kentang pun beragam caranya, dari yang paling sederhana yaitu dengan merebus langsung atau diolah dan dicampur dengan banyak jenis sayuran yang pastinya dapat membuat selera semakin tergugah.

Perlu diketahui bersama, kentang bukan hanya untuk makanan yang dikonsumsi saja. Dibalik itu, kentang ternyata memiliki nutrisi bermanfaat dan penting yang diperlukan sebagai peningkatan mutu kondisi kesehatan tubuh.

Kentang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Dengan selalu mengonsumsi kentang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan dan organ tubuh. Kentang termasuk sumber makanan yang terbilang murah terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Oleh karena itu, kentang semestinya dapat dijadikan makanan yang menjadi favorit oleh masyarakat karena banyaknya khasiat yang terkandung di dalamnya. Untuk lebih mengenal apa saja khasiat dari kentang, mari kita simak informasinya berikut ini.

1. Kentang bermanfaat Sebagai Penurun Berat Badan

Bisa dimengerti bahwa kentang sangat bisa menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya yang relatif rendah yaitu sekitar 26 kalori dalam setiap kentang.

Kentang yang sama dengan ubi ini dapat membuat kenyang terasa lebih lama. Jadi, kentang dapat mengendalikan nafsu makan serta dapat mengurangi berat badan dengan cara murah yaitu dengan mengonsumsi kentang.

2. Kentang Membantu dalam Peningkatan Sistem Kekebalan pada Tubuh

Sumber vitamin C yang ada dalam kentang bisa membuat tubuh menjadi lebih bagus daya tahan tubuh dan mencegah seseorang terhadap penyakit.

3. Kentang Berguna Untuk Menurunkan Tekanan (tensi) Darah

Adanya kandungan kukoamin yang dipunyai oleh kentang dapat bermanfaat sebagai penurun tekanan darah.

4. Kentang Dapat Membantu Mencegah Penyakit Kardiovaskuler

Kentang yang mudah didapat ini ternyata mengandung flavonoid dalam jumlah yang banyak. Ini berguna sekali untuk membasmi kolestrol jahat yang ada di dalam darah. Selain itu, arteri akan menjadi tetap sehat dan terjaga dari lemak yang hinggap disana.

5. Kentang Bermanfaat Besar dalam Menjaga Organ Pencernaan Supaya Tetap Sehat

Kandungan serat di dalam kentang sangat tinggi. Tidak diragukan lagi akan berpengaruh baik untuk sistem pencernaan. Disamping itu juga, kentang dapat memberikan khasiat untuk mencegah timbulnya kanker usus besar.

6. Kentang Berkhasiat Memperbaiki Fungsi dan Kinerja Otak

Otak pasti menjadi salah satu organ tubuh terpenting dan utama bagi manusia. Berkaitan dengan itu, kentang dapat mengoptimalkan fungsi otak karena mengandung jumlah glukosa yang memiliki keseimbangan

7. Kentang Kaya Akan Nutrisi Bagi Kulit

Bagi Anda yang ingin kulit sehat, kentang dapat dijadikan solusi karena kandungan vitamin C, B kompleks, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc. Kulit tetap sehat dan lebih muda.

Demikian informasi khasiat atau manfaat yang terkandung dalam kentang. Tidak perlu biaya mahal untuk hidup sehat. Dengan mengonsumsi kentang, kita bisa memperoleh banyak manfaat dari kentang. Semoga informasi ini bisa mendatangkan manfaat bagi Anda dan keluarga.