Tuesday, December 15, 2015

Tips Cantik dan Sehat dengan Bengkoang


Bengkoang adalah buah yang jumlah airnya sangat banyak, membuat rasa yang muncul adalah manis dan segar. Bengkoang masuk dalam kategori tumbuhan yang berada dalam tanah dan tergolong buah di dalam umbi-umbian. Keunikan dari bengkoang adalah buah yang hidup dan tumbuh di dalam tanah dan juga berjenis umbi-umbian tapi mempunyai rasa yang begitu segar, tidak sama dengan umbi yang lain.

Kandungan yang ada di bengkoang pun sangat beragam yang bisa bermanfaat bagi tubuh diantaranya vitamin B, vitamin C, zat besi, karbohidrat, kalsium, dan lemak. Sekarang sudah banyak yang menggunakan bengkoang untuk  kesehatan dan kecantikan, tidak hanya untuk wanita tapi juga pria. Penggunaannya dapat diperoleh dengan cara alami atau membeli produk yang telah diolah.

Beberapa Kandungan Serta Manfaat Luar Biasa Bengkoang

Memang kandungan dari bengkoang tidak terbatas pada kegunaannya untuk kecantikan, selain itu juga berfungsi sebagai nutrisi dan pemeliharaan bagi tubuh agar tetap sehat. Adapun manfaat dan khasiat dari bengkoang adalah sebagai berikut:

Bengkoang mengandung vitamin C

Sebagaimana pada umumnya, vitamin C yang ada pada bengkoang sangat berkhasiat sebagai antioksidan yang ampuh untuk tubuh. Bagi penderita sariawan, bengkoang bisa jadi solusi untuk penyembuhan. Disamping itu, bengkoang mengandung air yang banyak yang tersembunyi dan berpadu dalam vitamin C. Bengkoang yang mengandung vitamin C ini juga ampuh dalam mengurangi jumlah kolestrol di dalam darah. Dalam tubuh yang ada kolestrol jahat secepatnya harus dihilangkan agar tidak terjadi endapan dalam tubuh dan tidak menimbulkan bahaya penyakit.

Bengkoang mengandung senyawa alkali

Bagi penderita penyakit mag, bengkoang dapat berkhasiat sebagai penyembuh karena adanya kandungan senyawa alkali di dalamnya. Bengkoang sangat bagus dikonsumsi khususnya untuk penderita sakit mag, bila tidak cepat ditangani, maka mag akan lebih parah. Kegunaan senyawa alkali adalah agar kadar asam lambung tetap stabil, jadi asam lambung akan normal dan tidak menyebabkan mag.

Bengkoang mempunyai kandungan insulin


Rasa manis yang ada pada bengkoang adalah berasal dari kandungan insulin, tapi jangan khawatir karena rasa manis ini tidak berbahaya bagi setiap orang, khususnya pada penderita diabetes. Pada saat mengonsumsi bengkoang, jumlah gula dalam darah tidak akan melonjak dan akan terus stabil. Penyebab gula darah tidak naik ketika memakan bengkoang adalah rasa manisnya berasal dari insulin, dimana itu tidak bisa dicerna oleh tubuh kita, jadi bengkoang aman dan bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Bengkoang mengandung fosfor

Siapa sangka bahwa dalam bengkoang terdapat kandungan zat fosfor dan kalsium tinggi? Dimana fosfor dan kalsium sangat berguna memelihara tumbuhnya gigi dan tulang agar tetap sehat. Mengonsumsi bengkoang menjadi bermanfaat sebagai penyeimbang zat kalsium yang diperlukan oleh gigi dan tulang agar bisa baik dalam pertumbuhan dan menjadi kuat. Tubuh pun akan terpenuhi oleh zat kalsium dan fosfor dengan cara mengonsumsi bengkoang. Bengkoang yang memiliki zat kalsium dan fosfor ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dan murah, sehingga kesehatan tulang dan gigi bisa dirasakan.

Begitu melimpahnya manfaat dan khasiat pada bengkoang yang berguna untuk pemeliharaan kesehatan tubuh. Yang tentunya dapat menghasilkan khasiat untuk pria dan juga wanita. Tidak hanya itu, bengkoang pun bisa dinikmati kapan saja, selama masih berada dalam musimnya. Karena bengkoang bisa tumbuh kapan saja, tidak terikat waktu atau musim tertentu.

Cara perawatan menggunakan bengkoang dapat dilakukan dengan cara biasa yaitu dimakan ataupun dengan metode lainnya. Pada dasarnya bengkoang berguna untuk tubuh dan sangat dibutuhkan oleh tubuh agar sehat. Tidak hanya itu, ada banyak manfaat dari bengkoang untuk mempercantik wajah dan kulit.

Hal itu biasanya digunakan oleh kebanyakan para wanita, tujuannya adalah agar kecantikan bisa tetap terawat dengan baik. Bisa dengan metode natural serta dengan cara perawatan modern. Khusus dalam hal ini kita akan membahas bagaimana manfaat bengkoang kaitannya dengan perawatan kulit dan wajah, apa sajakah itu? berikut ulasannya:

Bengkoang bisa mencerahkan kulit Anda

Tahukah Anda, bahwa masker bisa berasal dari sari pati bengkoang yang sangat ampuh untuk membuat wajah menjadi cerah. Jika pada wajah terdapat noda kusam dan gelap, itu akan segera hilang hanya menggunakan masker bengkoang. Anda bisa memperoleh sari pati dari bengkoang dengan mudah dan praktis yaitu dengan cara mengupas bengkoang, cucilah hingga bersih, parut bengkoang, kemudian peras hingga keluar airnya. Setelah selesai, tunggulah sampai mengendap air hasil perasan bengkoang tersebut.

Air yang mengendap itulah yang dinamakan sari pati bengkoang. Sari pati bengkoang tadi bisa Anda pakaia sebagai masker wajah, serta dapat juga diendapkan kemudian diletakkan di bawah terik matahari agar kering, untuk dapat digunakan di lain waktu.

Masker bengkoang sangat cocok dipakai saat malam hari menjelang tidur. Diamkan sampai esok pagi lalu bilas menggunakan air. Mengapa masker wajah dibiarkan sampai keesokan harinya? Karena itu membuat sari pati bengkoang dapat meresap dengan optimal ke dalam kulit atau wajah dan nutrisinya pun dapat membuat kulit menjadi bagus dan cerah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, gunakan masker bengkoang setiap malam, maka kulit akan menjadi cerah secara alami.

Bengkoang berguna untuk memperlambat penuaan dini pada wajah


Adanya vitamin C yang cukup pada bengkoang, tentunya sangat mujarab manfaatnya dalam memperlambat proses penuaan dini pada bagian wajah. Tidak perlu menggunakan obat kimia yang memiliki efek samping. Caranya pun praktis dalam menggunakannya, bisa dikonsumsi langsung atau dipakai sebagai masker wajah. Tetapi untuk lebih maksimal mendapatkan khasiatnya adalah dengan mengaplikasikannya menjadi masker saat malam hari. Banyaknya radikal bebas dan bahaya sinar matahari dapat dilindungi dengan bengkoang yang mengandung vitamin C ini.

Menjaga kulit agar tetap sehat dan muda

Bagi Anda yang kulit menjadi segar, muda, dan sehat dapat memanfaatkan bengkoang yang di dalamnya mengandung vitamin B dan C dan menyatu ddengan kadar mineral yang baik dalam bengkoang. Caranya sangat mudah dengan hanya memakannya langsung, atau agar lebih nikmat bisa dibuat minuman jus bengkoang tanpa ada menu ekstra lainnya. Artinya hanya ada bengkoang saja, tanpa dicampur dengan pemanis seperti gula dan susu.
Selain itu bisa pula sebagai masker pada wajah, maupun pada kulit lainnya seperti pada lengan. Disamping itu juga dapat digunakan sebagai masker wajah yang menyegarkan, ataupun pada bagian tubuh lainnya seperti tangan atau lengan.

Bengkoang juga berkhasiat sebagai pelembab kulit

Seperti kita ketahui bengkoang banyak sekali mengandung air, disamping menawarkan rasa yang segar dan juga manis. Jumlah air yang tinggi dalam bengkoang berperan penting sebagai anti inflamasi, gunanya adalah membuat dingin kulit dari kekeringan yang biasanya dialami karena paparan sinar matahari. Caranya adalah dengan memakai masker yang terbuat dari bahan bengkoang, kulit pun akan tampak segar, lembab dan lebih muda.