Monday, April 11, 2016

Hindari 4 Kebiasaan Buruk yang Mengganggu Kesehatan


Di zaman modern sekarang yang penuh dengan kompleksitas membuat orang banyak melupakan pola hidup sehat. Sehingga lambat laun orang menganggap sepele gaya hidup sehat.

Akibatnya ada banyak kebiasaan buruk yang selalu saja dilakukan tanpa disadari itu akan mengancam kesehatan diri dan pada akhirnya menimbulkan banyak penyakit berbahaya yang bisa mendatangkan kematian.

Oleh karena itu, agar tetap ingat akan pola hidup sehat, Anda perlu mengetahui secara jelas apa saja ciri-ciri dari kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan dan patut diwaspadai agar terhindar dari risiko penyakit berbahaya:

1. Kurangnya Paparan Sinar Matahari pada Tubuh

Pada saat ini banyak orang kurang suka ataupun takut terhadap paparan sinar matahari, baik pagi, siang atau sore. Padahal dari sinar matahari terdapat unsur yang baik untuk kesehatan.

Beberapa pakar menyatakan bahwa, kulit yang selalu disinari matahari selama kurang lebih sepuluh hingga duapuluh menit mampu memberikan kecukupan untuk vitamin D.

Berbanding terbalik apabila tubuh yang kurang terkena sinar matahari dapat menyebabkan risiko infeksi bagian pernafasan dan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

2. Sering Mengonsumsi Minuman Bersoda

Apakah Anda suka minuman soda? Jika ya, Anda harus berhati-hati dan berusahalah untuk berhenti meminumnya. Risiko penyakit yang akan diderita bagi orang yang selalu mengonsumsi minuman soda adalah meningkatnya bahaya penyakit kanker pankreas.

Sudah tak diragukan lagi jika minuman soda selalu mengandung kadar gula yang sangat tinggi, akibatnya pada organ pankreas bisa memunculkan perkembangan sel kanker dan tingkat produksi insulin yang berlebihan.

3. Situasi Stres

Kondisi stres dapat dialami oleh siapa saja dan penyebabnya pun bermacam-macam. Ada yang dikarenakan pekerjaan, keluarga, cinta, sosial dan lainnya.

Pada kenyataannya, otak akan mengalami gangguan jika seseorang mengalami stres.

Ada satu kajian baru-baru ini menyatakan, orang yang kerap kali mengalami ketegangan dalam hal karir, hubungan cinta, dan problem kesehatan untuk umur 30 tahun lebih, maka akan lebih besar kemungkinan mengalami penyakit pikun atau sering lupa.

4. Terkena Insomnia

Penyakit susah tidur atau insomnia sering dialami seseorang hampir tiap hari. Apabila sudah seperti itu, seseorang harus segera berkonsultasi ke dokter ahli.

Ada sebuah riset menyatakan, orang yang menderita insomnia akan lebih besar risikonya mengalami penyakit stroke ketimbang orang yang memiliki pola tidur normal.

Efek negatif lainnya adalah berpotensi mengalami tekanan darah tinggi. Ya, orang yang menderita insomnia akan terus aktif anggota tubuhnya selama tidak istirahat tidur di malam hari, yang berakibat tekanan darah terus meningkat.

Cepat atau lambat, nanti akan membuat dinding pembuluh darah mengalami peradangan yang membahayakan kesehatan. Ujungnya akan timbul risiko terjadinya serangnan jantung.

Sungguh menakutkan dan semoga hal ini tidak terjadi pada kita semua.

Itulah 4 kebiasaan yang dianggap sepele bagi sebagian orang namun dapat membuat kesehatan tubuh menjadi terancam. Untuk itulah kita harus segera menghentikan berbagai kebiasaan buruk apapun, baik sepele atau besar.

Semuanya agar kita dapat menikmati kondisi tubuh yang sehat dan terhindar dari gangguan dan risiko penyakit mematikan. Semoga bermanfaat.