Wednesday, April 27, 2016

Ketahui 6 Efek Buruk Jika Abaikan Kebersihan Bumi


Seperti kita ketahui bersama, bumi adalah rumah kita berpijak dan tinggal sepanjang hidup. Layaknya seperti rumah, bumi juga harus diperhatikan kebersihan dan segala keindahannya yang luar biasa ini. Manusia merupakan penghuni yang seharusnya mengelola bumi ini dengan sebaik-baiknya.

Bumi saat ini sudah dalam kondisi yang memprihatinkan karena dampak dari polusi lingkungan. Kita sudah lihat bencana alam yang menakutkan dan mengancam kelangsungan hidup mulai dari manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Lingkungan yang tercemar tentu saja akan membuat bumi akan sakit. Jika bumi sakit maka kita sebagai penghuni bumi juga akan merasakannya.

Nah, ada beberapa gangguan terhadap kesehatan tubuh manusia apabila tidak terjaganya kebersihan bumi. Apa sajakah itu? Mari simak informasinya berikut ini:

Pencemaran Udara
Ternyata umur juga bisa dipengaruhi oleh pencemaran udara yang sering dihirup. Tercemarnya udara yang sudah tercampur oleh asap dan karsinogen dapat mematikan atau mempersingkat umur Anda. Itu bisa lebih parah dibanding dengan orang yang sedang merokok.

Air Hasil Kontaminasi Limbah Beracun
Gangguan kualitas hidup manusia juga bisa disebabkan oleh air yang sudah terkontaminasi racun. Bukan cuma membahayakan kesehatan manusia saja, namun hewan juga mengalami dampaknya.

Penebangan Hutan Secara Liar
Berkurangnya hutan saat ini sangat mengurangi keseimbangan alam dengan sering terjadinya banjir. Ada akibat lain yang lebih berbahaya jika hutan semakin gundul yaitu keberlangsungan makhluk hidup akan terancam musnah.

Pemakaian Bahan Plastik
Munculnya program pengurangan kantong plastik sekarang ini sebenarnya hanya untuk menjaga kesehatan lingkungan. Dikarenakan plastik adalah benda yang sukar dalam hal penguraian. Disamping kotor, plastik yang mengandung kimia juga memberikan efek negatif terhadap kondisi tanah dan akhirnya juga akan berpengaruh pada kesehatan tubuh manusia.

Global Warming
Semakin banyak kendaraan bermotor berbanding lurus terhadap banyaknya polusi udara yang dihasilkan. Asap yang dihasilkan tentu saja mengurangi udara segar, sehingga asupan oksigen di bumi menjadi sedikit. Dampak buruk lainnya bumi akan terasa semakin panas. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan memaksimalkan gaya hidup sehat dengan jalan kaki dan bersepeda.

Penurunan Sistem Imun Tubuh
Ketika bumi semakin sakit, saat itu pula sistem kekebalan tubuh manusia mengalami penurunan. Sudah banyak riset yang membuktikan hal tersebut bahwa level sistem imun tubuh akan menurun disebabkan oleh mutu air dan udara yang rendah.

Ada efek negatif lainnya, yaitu pemakaian gadget yang marak oleh manusia modern sekarang dengan cara berlebihan, dimana efek radiasi yang timbul serta radiasi sinyal wi-fi yang dapat menurunkan tingkat kesehatan manusia, seperti seseorang yang gampang merasakan sakit kepala.

Apakah kita ingin ini terjadi terus-menerus? Marilah kita perbaiki bumi kita agar menjadi lebih sehat dengan menjaga lingkungan dengan bijak.