Monday, May 2, 2016

Waspada, 31 Bahaya Tar Dalam Rokok

bahaya tar dalam rokok

Sudah sering kita melihat kandungan tar pada rokok yang tertulis pada bungkusnya. Kadarnya pun berbeda-beda. Namun para perokok tetap saja tak peduli akan apa tar itu dan juga bahaya yang terkandung didalamnya.

Sebagai informasi, tar merupakan kandungan yang terbentuk dari senyawa kimia yang mematikan dan berbahaya yang muncul dari asap rokok. Asap rokok yang mengandung tar tersebut masuk ke dalam tubuh akan mengalami pengendapan sekian lama dan menimbulkan gangguan pada rambut-rambut halus pada permukaan organ paru-paru.

Mungkin ada sebagian yang belum tahu apa fungsi dari rambut tersebut. Fungsinya sangat penting yaitu berguna dalam memfilter berbagai kuman, bakteri dan racun yang masuk menyerang ke bagian jaringan paru-paru dan selanjutnya dibuang keluar dari tubuh.

Pernahkah Anda membayangkan dalam rokok terkandung sangat banyak bahan kimia sampai sekitar 4000 jenis zat kimia dan itu bersifat racun bagi tubuh?

Sungguh itu menakutkan dan dapat merusak sekaligus mematikan manusia. Dibawah ini ada beberapa contoh zat kimia tersebut:

1. Toluen adalah sejenis cairan yang mengandung racun dan sering dipakai dalam keperluan industri.

2. Anda tahu Aceton? Ini biasanya terdapat pada cairan untuk membersihkan kuku dari cat. Bayangkan bila itu masuk ke dalam tubuh.

3. Cobalt, yaitu satu senyawa yang berfungsi merusak jaringan tubuh di bagian dalam dan diperoleh dari kepulan asap kendaraan. Dari kepulan asap itulah yang ada pada tar yang mampu merasuk ke dalam rongga hidung dan juga mulut.

Lambat laun akan terasa efeknya nanti setelah sekian bulan dan tahun. Apa saja efeknya? Timbulnya penyakit mengerikan seperti gangguan pada pernafasan, jantung dan kanker paru-paru dan lain sebagainya. Sangat mengerikan bukan?

Anda pasti tidak ingin ini terjadi pada diri Anda sendiri. Semua bisa dihindari salah satunya adalah menghindari asap rokok.

Oke, sekarang ada informasi penting agar kita tahu tentang kadar konsentrasi tar yang beragam ada pada rokok yang dijual di pasaran.

Ini penting juga untuk segera diberitahukan kepada teman, keluarga Anda yang perokok. Tar ternyata itu memiliki level yang beragam. Berikut diantaranya:

25 mg tar dikategorikan dalam tar dengan kadar yang berat
15 hingga 20 mg tar dikategorikan dengan kadar yang sedang
Sekitar 7 mg tar termasuk kadar yang rendah

Anda bisa melihat di beberapa produk rokok yang ada di warung, masuk dalam kategori manakah tar yang terkandung dalam beberapa rokok. Apakah masuk dalam kadar rendah, sedang atau tinggi.

Namun yang pasti, tar sangat berbahaya bagi tubuh dan membuat rusak organ penting tubuh.

Kandungan tar pada rokok sangatlah berbahaya dan mendatangkan malapetaka bagi si perokok. Bagaimana tidak, zat tersebut dapat merusak organ vital pada tubuh yang berharga secara terstruktur namun lebih bahaya lagi jika tar sudah berkombinasi dengan zat racun lainnya dari bahan lain dari rokok seperti pyridine, hydrogen sulfide, nikotin, methyl chloride, acetol dan masih banyak zat lainnya yang berbahaya.

Berbagai zat yang ada pada rokok ini mampu merusak kesehatan tubuh secara cepat dan kemungkinan besar sulit untuk penyembuhannya. Biasanya penyakit yang tampak adalah sesak nafas, batuk, dan sakit nyeri pada bagian dada.  

Supaya lebih tahu lebih dalam dan jauh lagi tentang bahaya mengenai tar dalam rokok ini dan untuk lebih waspada pada kemudian hari, mari simak ulasannya berikut ini:

1. Tar pada rokok menjadikan seseorang susah dalam melakukan pernafasan. Banyaknya asap roko yang megandung tar akan masuk ke kerongkongan dan selanjutnya melewati peredaran darah dalam tubuh.

Kemudian lanjut ke pembuluh darah dan mengarah ke organ pernafasan. Di tempat itulah pernafasan manusia mulai terganggu dan akibatnya adalah kesulitan bernafas. Begitulah "kehebatan" tar pada rokok melakukan aksinya pada anggota pernafasan tubuh.

2. Membuat bagian dada merasakan berat dan nyeri ketika bernafas. Tentunya kebanyakan asap rokok akan masuk dalam rongga pernafasan tubuh manusia yang pada akhirnya dalam waktu singkat akan menempel dan membuat dinding pada organ ernafasan mengalami iritasi.

Jadi, tidak heran jika seseorang merasakan dadanya berat dan ada timbul rasa nyeri. Hal ini tentu akan menyiksa buat si perokok.

3. Perokok akan mengalami tubuh yang gampang lelah dan letih. Dalam kasus ini, seseorang yang merokok akan mudah mengalami kelelahan. Ini disebabkan adanya tar yang ada pada asap rokok sudah menempati dan mengkudeta kondisi yang ada pada sistem pernafasan dan juga peredaran darah.

Akibatnya tentu sangat negatif, yaitu seseorang akan merasakan tubuhnya lelah dan tidak bertenaga. Berbeda jika seseorang mendapat asupan udara yang memang diperlukan tubuh yaitu oksigen.

4. Bisa mengalami dehidrasi pada tubuh. Saking berbahayanya tar yang terkandung dalam asap rokok dan masuk ke dalam tubuh dalam waktu lama bisa menjadi pemicu tubuh mengalami dehidrasi.

Dalam kondisi tersebut, tubuh akan selalu dipaksa bekerja lebih dari biasa dan akan muncul rasa lelah pada tubuh. Inilah yang menjadi awal mula penderitanya mengalami sakit dengan mudah.

5. Menimbulkan penyakit batuk yang susah sembuh. Mengerikan sekali bahwa tar yang ada pada rokok ternyata dapat menempel dan mengalami pengendapan pada bagian tenggorokan dan jaringan organ paru-paru sampai mengakibatkan pada pembuluh darah menjadi tersumbat.

Selanjutnya akan terjadi pada penderitanya akan mengalami batuk yang tak tersembuhkan dan bagian dada akan terasa sakit dan nyeri.

6. Stres yang semakin bertambah. Stres bisa dialami oleh siapa saja dan penyebabnya pun bermacam-macam. Tidak terkecuali pada pecandu rokok juga akan dapat merasakan pikiran yang tertekan atau stres.

Mengapa bisa membuat orang stres? Karena tar pada rokok juga akan berakibat seseorang yang merokok menjadi ketagihan atau kecanduan. Biasanya perokok yang lama tidak merokok dalam waktu yang sebentar saja, maka akan muncul stres dalam dirinya dan cenderung mengalami peningkatan yang signifikan.

Stres yang dialami memang hanya akan memberikan efek buruk pada kondisi jaringan otak dan sistem kekebalan tubuh menjadi terganggu. Tapi intinya ini merupakan bahaya yang seharusnya dihindari semaksimal mungkin.

7. Tampilan pada kulit menjadi suram dan kusam. Kulit pada manusia pun bisa dirusak oleh tar yang ada pada asap rokok dengan cara menyedot minyak alami yang berada pada bagian dalam kulit, menghancurkan jaringan serta peran kolagen secara pelan-pelan.

Apabila hal ini berlangsung selama jangka waktu bulanan, bisa mengakibatkan kulit tampak kendor, suram dan tidak menarik.

8. Munculnya selulit pada tubuh. Kandungan racun berbahaya yang ada dalam tar rokok ternyata bisa memporak porandakan tingkat keseimbangan minyak alami dan lemak baik di bagian bawah kulit pun bisa diserap.

Jika kondisi ini terjadi, kulit menjadi tidak sehat dan membentuk selulit yang mengganggu.

9. Melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sangat menakutkan jika tar pada rokok juga bisa membuat sistem metabolisme tubuh menjadi rusak dan kacau.

Dampak lain yaitu tubuh akan berada dalam kondisi buruk dimana kekebalan semakin menurun, jadi membuat tubuh seseorang akan cepat kelelahan dan sakit.

10. Memperburuk mutu cairan sperma pada lelaki. Kerugian yang besar bagi lelaki yang sudah sekian lama menjadi perokok adalah semakin buruknya kualitas sperma.

Ini sungguh mengkhawatirkan, karena tar pada rokok menjadikan sperma jadi encer dan kegagalan dalam pembuahan terhadap sel telur dalam kondisi normal.

11. Terganggunya hormon esterogen pada perempuan. Kemampuan asap rokok juga berbahaya buat wanita. Asap rokok bisa mengontrol hormon esterogen yang berakibat pada ketidaklancaran haid pada wanita dan berpengaruh pula pada pola tidur malam yang kacau, yakni susah tidur.

12. Matinya sel telur wanita yang sudah subur. Asap rokok yang masuk ke dalam tubuh wanita bisa memupuskan proses terjadinya pembuahan dikarenakan sel telur yang sudah matang dan siap untuk dibuahi seketika rusak dan akhirnya mati karena sudah diracuni oleh tar.

13. Berakibat pada naiknya asam lambung.  Tar yang masuk ke dalam tubuh dapat membuat iritasi pada dinding lambung dan dari situlah terjadinya asam lambung meningkat dan selanjutnya seseorang akan merasa nyeri atau mual pada perutnya.

14. Risiko terciptanya sel-sel kanker di paru-paru. pembuluh darah yang sudah dimasuki asap rokok akan pergi ke organ paru-paru sehingga terkena iritasi dan akan terjadi pengendapan di dalam paru-paru.

Paru-paru akan tercauni dan membuat kondisi tumbuhnya sel-sel kanker yang pastinya berbahaya dan susah disembuhkan.

15. Menjadi pemicu timbulnya sel kanker pada organ hati. Sebagaimana kita tahu bahwa fungsi hati adalah penyaring racun yang masuk ke dalam tubuh. Metode keluarnya racun tubuh biasanya melalui keringat dan air seni.

Namun jika yang terjadi adalah tar rokok sudah banyak yang masuk ke dalam organ hati maka kesehatan menjadi terancam serta kegagalan hati dalam memfilter racun tar. Dimana tar dapat menghalangi lancarnya sistem kerja pembuluh darah di bagian hati dan kemungkinan akan lahirnya sel kanker hati.

16. Dapat mengakibatkan penyakit kanker testis bagi pria. Tak bisa dikendalikan kehebatan tar pada rokok dapat juga menjangkau sampai ke testis pria dan berakibat rusaknya jaringan otot dan saluran darah di bagian tersebut. Risiko kanker testis pun dapat mengancam para pria yang sering merokok.

17. Pria dapat mengalami impotensi. Sex merupakan hal yang sangat penting dalam urusan rumah tangga. Jangan sampai ini terjadi pada Anda, khususnya peringatan bagi para perokok pria yang tentunya tidak ingin masa depan sex dengan pasangan (istri) menjadi rusak dan kacau.

Racun berbahaya dari tar yang ada pada rokok bisa menghalangi kekuatan ereksi dan juga mengganggu saluran darah pada area vital pria dan mengakibatkan hormon pria tidak sanggup untuk menjaga ereksi dan ejakulasi dengan kondisi normal. Tentu saja jika pada waktu berhubungan intim, si pria akan gagal dan loyo sebelum bisa menjaga gairahnya secara normal.

18. Menimbulkan serangan stroke. tekanan darah tinggi juga diakibatkan dari asap rokok yang terhisap dan mampu menjadi pencetus timbulnya penyakit stroke. Kronologisnya adalah tar yang masuk ke tubuh berhasil menghancurkan pembuluh darah di area jantung dan jaringan otak pada saat berbarengan.

19. Warna gigi menjadi agak kusam. Semua orang pasti menginginkan giginya putih dan bersih. Namun itu tidak terjadi pada perokok yang akan mengakibatkan gigi menjadi kotor. Karena pada saat merokok, asap rokok yang mengandung tar selalu menempel pada gigi dan meresap ke dalam gigi sehingga gigi menjadi berwarna agak gelap dan tidak putih lagi.

Lebih parah nantinya apabila Anda jarang menyikat gigi Anda dan tidak sering mengonsumsi buah dan sayuran rutin tiap hari.

20. Dapat menjadi penyebab terserang penyakit jantung tiba-tiba. Serangan jantung adalah pembunuh terbanyak di dunia. Kaitannya sangat erat dengan orang yang selalu merokok, karena asap rokok yang masuk ke dalam saluran darah dan menuju jantung sehingga dinding jantung mengalami gangguan.

Lebih buruknya akan menahan fungsi jantung untuk memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Bila kondisi ini selalu terjadi, maka bisa melahirkan tercetusnya serangan jantung tak terduga.

21. Membawa dampak terjadinya penuaan dini pada area wajah. Asap rokok yang berkarakter perusak dapat menyedok kandungan kolagen di bagian bawah kulit dan menimbulkan goresan halus di seputar bibir dan mata.

Seandainya hal ini terjadi terus-menerus, terlebih pada wanita perokok bisa menyebabkan tampilan pada wajah menjadi tampak kian tua dan ketika tertawa akan lebih banyak timbul keriput. Betapa bahayanya tar pada rokok sampai merusak kecantikan wajah, oleh karena itu sebaiknya untuk menghindari asap rokok dan terlebih lagi tidak menjadi perokok.

22. Dapat mengakibatkan masalah di jaringan otak. Bila asap rokok yang terkandung di dalamnya tar sudah menguasai jejaring otak itu merupakan tanda akan tersumbatnya saluran darah yang menuju ke bagian otak.

Keadaan seperti ini bisa membuat otak tak sanggup lebih jauh dalam mencerna segala informasi yang masuk dan akan terganggu dalam hal merekam dan mengingat suatu hal dalam waktu lama.

23. Terjadi gangguan mata seperti katarak. Tak hanya lemak yang menjadi penyebab adanya penyakit mata katarak. Tetapi selain itu juga, asap rokok dapat berperan dalam timbulnya katarak.

Melekatnya asap rokok dapat mengganggu bagian luar lensa mata dan mengubahnya jadi kelam. Akibatnya lagi dari itu adalah penglihatan dari lensa mata dapat menyulitkan dalam penerimaan cahaya.

24. Menimbulkan penyakit bronkitis. Tar pada asap rokok yang bertahun-tahun ada pada saluran pernafasan juga bisa menyebabkan infeksi dan pembengkakan pada rongga pernafasan.

Jika ini terjadi, sangat sulit untuk menyembuhkan dan menghilangkan flak akibat tar yang merekat pada saluran pernafasan.

25. Memicu terbentuknya penyakit emfisema. Zat tar di asap rokok secara skematik mampu mencederai kantong udara yang ada pada paru-paru dan membuat lubang yang berakibat pada pola nafas yang tidak normal seperti nafas yang pendek dan tersumbat.

Pada faktanya bagi penderita adalah tubuh akan lekas capek dan dada mengalami beban dan sakit.

26. Menjadi penyebab terjadinya keguguran saat kehamilan masih muda. Keganasan akan bahaya tar pada asap rokok juga bisa mengancam janin. Asap rokok bisa menusuk jaringan yang ada pada organ tubuh calon bayi yang sebentar lagi akan terbentuk.

Kemudian mencengkram jaringan menggunakan racun yang bisa merusaknya kembali menjadi darah. Inilah yang biasa disebut keguguran atau pendarahan luar biasa.

27. Dapat menjadikan bayi yang cacat. Luar biasa bahaya dari tar rokok yang secara kejam mencemari badan calon bayi dan mengandaskan proses pertumbuhan bagian tubuh janin yang masih belum lengkap sampai bayi mengidap cacat waktu dilahirkan oleh sang ibu.

28. Bisa mengakibatkan lahirnya bayi prematur. Asap rokok yang memiliki tar didalamnya dapat mengalir ke plasenta dan mencemari badan bayi yang umurnya sudah berumur kurang lebih tujuh bulan. Racun tar yang berbahaya dapat melakukan pemaksaan dan dapat mendesak bayi secara perlahan untuk memulai aksi yang biasa diistilahkan dengan kontraksi rahim.

Apabila racun telah banyak masuk ke dalam rahim seorang ibu secara total maka kemungkinan bayi terpancing untuk lahir lebih cepat dari biasanya.

29. Dapat memicu bayi mati dalam kandungan. Sungguh menakutkan bahwa tar daapt menyebabkan gugurnya bayi dalam kandungan, ini dikhususkan bagi wanita hamil yang aktif merokok untuk berhenti merokok. Karena kita sebagai manusia tentunya sangat khawatir jika yang terjadi asap rokok berbahaya ini sering terhirup oleh ibu hamil.

Tar pada asap rokok dapat mencegat gerakan dan sistem pernafasan bayi yang dijalankan melewati plasenta secara berbarengan. Kondisi yang konstan dapat menyebabkan krisis, adanya pengejanan kemudian beragam gerakan pun akan tertahan. Maka bayi pun akan mati dalam kandungan yang telah diisi oleh tar digabung dengan zat beracun lain yaitu nikotin, karbon monoksida dan lainnya.

30. Menyebabkan keropos pada tulang. Kinerja sel-sel pada tulang dapat dikacaukan oleh racun pada rokok. Inilah mengapa jadinya perokok sangat rentan terhadap penyakit osteoporosis dan gangguan terhadap keseimbangan berbagai hormon yang berfungsi sebagai pelindung tulang.

31. Mengalami sakit pada lambung. Otot-otot yang berada di bawah kerongkongan akan menjadi lemah karena asap rokok. Efek sampingnya akan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Hal tersebut yang menimbulkan sakit asam lambung. Tidak hanya itu saja risiko penyakit yang diderita, namun bisa juga akan meenderita penyakit kanker lambung. Menakutkan bukan?

Demikian informasi berbagai bahaya dan kerugian dari merokok yang sejatinya mengandung tar. Bagi Anda para perokok untuk ditekankan sekali lagi agar berhenti total sebelum mendapat sebuah penyesalan yang besar karena risiko penyakit yang ganas dan beragam diatas.

Semoga dapat menjadi inspirasi dan nasehat bagi kita semua.