Sunday, August 21, 2016

Sudahkah Sikat Gigi Anda Bersih Dari Kuman?


Sudahkah Anda memeriksa sikat gigi Anda? Sudah bersih atau tidak? Yakinkan bahwa sikat gigi sudah bersih. Lebih membahayakan adalah sebagian besar orang biasa memakai sikat gigi dengan menaruh pasta gigi diatasnya dan menyikatkannya ke gigi.

Belum banyak orang yang tahu kalau sikat gigi adalah tempat yang paling banyak kumannya. Tentu saja kuman tersebut akan sangat berbahaya dan memicu terjadinya infeksi. Efek negatif dari sikat gigi yang sering dipakai akan meninggalkan kuman, bakteri dan mikroba organisme.

Cara yang disarankan sebelum menggunakan sikat gigi adalah membasuhnya dengan air hangat atau panas dengan cara mengalirkannya di bagian sikat gigi. Ini bertujuan untuk mematikan kuman bakteri yang ada pada sikat gigi.

Ohya, tak cuma cara diatas yang bisa Anda terapkan untuk membersihkan sikat gigi. Cara lain itu adalah dengan memakai obat kumur sebagai pencuci bagian sikat gigi.

Kita tahu bahwa obat kumur biasanya mengandung alkohol maka setelah menggunakannya untuk mencuci sikat gigi jangan lupa membilasnya dengan air bersih hangat atau panas. Selain itu, sikat gigi bisa pula dilakukan pembersihan dengan merendamnya memakai air cuka.

Hal tersebut juga membasmi banyak bakteri dan kuman berbahaya. Waktu yang diperlukan adalah sekitar 3 hingga 5 menit saja. Lalu Anda bilas hingga bersih.

Cukup mudah ya agar sikat gigi yang ingin Anda pakai tetap bersih dan terjaga dari banyak virus dan bakteri. Jika sikat gigi bersih maka menggosok gigi pun menjadi lebih menyehatkan.

Saran lain untuk penggunaan sikat gigi yang biasanya tertera dalam bungkus kemasan sikat gigi adalah maksimal pemakaiannya sampai 3 bulan saja. Jika sudah melewati waktu 3 bulan, maka Anda wajib membuang sikat gigi tersebut ke tempat sampah. Selanjutnya Anda harus membeli sikat gigi baru.

Karena sikat gigi sudah banyak dijual di pasar/mini market. Harganya juga murah dan terjangkau.

Semoga tips ini memberikan manfaat untuk aktivitas kesehatan Anda dan membuat gigi dan mulut Anda menjadi tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya.