Thursday, September 29, 2016

Anda Sulit Kaya? Stop 6 Kebiasaan Ini


Menjadi orang kaya dan hidup serba ada pastinya menjadi dambaan setiap orang. Banyak upaya yang dilakukan, dari bekerja keras sebagai karyawan, menjalani bisnis, menabung, berinvestasi dan masih banyak yang lainnya.

Walaupun begitu, tak akan mudah untuk menjadi orang kaya dan berkelimpahan. Perlu sekali sebuah kegigihan, proses yang lama, kesabaran, kerja cerdas serta kerja keras. Tak hanya itu saja, kebiasaan seseorang setiap hari pun bisa berpengaruh terhadap sukses atau tidaknya untuk jadi kaya raya.

Membahas kebiasaan, ternyata ada beberapa kebiasaan yang dapat menghambat Anda menjadi orang kaya atau Anda akan tetap sebagai orang biasa saja.

Mungkin sampai sekarang Anda telah melakukan kebiasaan buruk tersebut tanpa disadari sedikitpun, inilah yang membuat Anda sulit jadi kaya.

Mari kita simak bersama apa saja kebiasaan jelek yang dapat membuat orang sulit kaya.

1. Hobi Mengeluh

Kebiasaan mendasar bagi orang yang sulit kaya adalah mempunyai kebiasaan mengeluh terhadap kondisi yang ada dan menjauhi sesuatu. Ada saja alasan tak dapat menabung karena gaji kecil, enggan untuk berinvestasi karena anggaran pendidikan buat anak lebih utama dan terlalu memikirkan kebutuhan sehari-hari.

Ciri orang yang belum siap menjadi kaya adalah takut mengambil risiko dan selalu beralasan yang negatif. Perlu ditekankan disini bahwa orang yang kaya selalu punya daya juang yang tinggi, pantang menyerah, selalu bergerak mengembangkan diri dan skill, bukan seperti menanti sebuah keajaiban datang dengan sendirinya.

2. Tidak Ada Prinsip dan Rencana Hidup Jangka Panjang


Kebiasaan kedua yang dapat menggagalkan Anda jadi orang kaya adalah tidak memiliki sebuah prinsip dan rencana untuk di masa depan atau jangka panjang. Jika seseorang berpikir hanya untuk besok saja, maka orang tersebut sulit jadi kaya.

Cobalah berpikir untuk masa depan, apa yang akan Anda persiapkan sekarang untuk beberapa tahun ke depan untuk membangun upaya menjadi kaya.

Hidup Anda tidak hanya untuk hari ini dan esok saja, oleh karenanya rencanakanlah sesuatu yang bermanfaat untuk di masa datang. Kejadian tak dapat diprediksi keesokan harinya, maka sebaiknya Anda mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk bisa menghadapinya. Ada saja peluang untuk Anda yang mengharuskan mengeluarkan biaya lebih besar dari biasanya.

3. Membelanjakan Uang Anda Bagaikan Orang Kaya Raya


Kebiasaan berbelanja dengan jumlah besar atau banyak sering dilakukan terutama bagi wanita karena tidak ingin dianggap sebagai orang yang punya penampilan biasa atau sederhana. Perasaan atau sikap seperti inilah yang menjadi pemicu dari kebiasaan membeli barang yang semestinya tidak untuk keperluan, tetapi sekedar nafsu dan keinginan yang memiliki alasan yang lemah.

Dalam masa kini banyak orang yang terjebak dalam hal gengsi. Padahal gengsi tidak akan membuat Anda kaya. Gengsi yang selalu ada malah akan membuat perangkap kemiskinan. Belilah sesuatu hanya Anda memang betul-betul memerlukannya.

4. Tidak Ada Persiapan Uang Simpanan Darurat

Sudahkah Anda punya uang atau dana untuk kejadian yang tak bisa terduga seperti pengobatan saat sakit, renovasi rumah, atau keperluan mendadak lainnya yang tak bisa dihindari?

Jika belum, maka Anda perlu mempersiapkannya. Orang yang kaya akan selalu memikirkan untuk menyiapkan dana cadangan untuk hal darurat. Walaupun banyak godaan untuk memakainya untuk hal yang tidak penting yaitu belanja karena ingin bukan perlu.

Dana simpanan untuk masa depan lebih baik karena Anda sudah bersiap untuk membuat masa datang lebih menenangkan diri Anda dan mengurangi risiko yang terjadi.

5. Terbiasa Untuk Menunda

Kebiasaan menunda apalagi dalam hal yang baik seperti menabung sepertinya harus dihilangkan. Yakinlah bahwa jika Anda punya kebiasaan cepat dalam hal menabung dan menganggap dengan luar biasa bahwa menabung itu baik maka Anda sudah siap menjadi orang kaya.

Orang yang belum terbiasa atau masih berat untuk menabung memang sangat menyulitkan untuk memulainya apalagi menabung secara terjadwal. Untuk itu, maka Anda bisa menabung dengan skala kecil terlebih dulu, kemudian Anda bisa menaikkan jumlah uang yang akan ditabung.

Hindarilah rasa serba kekurangan Anda dengan menabung dan segera mulai dari sekarang. Cegah keterlambatan Anda dalam menabung. Dengan menabung Anda bisa membuat hal yang bermanfaat untuk masa depan baik dalam memenuhi kebutuhan darurat atau mulai membangun usaha Anda sendiri walaupun skalanya kecil.

Pada saat sekarang yang perlu Anda ingat yaitu situasi ekonomi tak akan bisa menjadi andalan atau sandaran utama dalam hal kestabilan keuangan banyak orang. Untuk itulah perlu sekali bagi Anda dalam melakukan rencana dan aksi menyiapkan dana simpanan.

6. Punya Kedisiplinan yang Buruk Dalam Investasi

Ketidakdisiplinan dalam menabung atau berinvestasi tidak akan bisa membuat Anda kaya. Menabung memang bagus untuk Anda, tapi akan lebih bagus Anda disiplin dalam hal itu.

Upayakan untuk menghilangkan sikap jelek bahwa Anda tidak dapat displin dalam berinvestasi. Disiplin dalam hal baik sangatlah membantu Anda untuk menjadi orang lebih baik termasuk menjadi kaya.

Anda harus bersiap dan harus menghadapi apapun pada masa yang akan datang bila Anda sudah disiplin atau tidak dalam menabung dan berinvestasi. Yang pasti, persiapan yang lebih baik akan memudahkan Anda di masa depan.