Saturday, October 15, 2016

Ini Rahasia Agar Kuota Internet Kamu Lebih Hemat


Kebutuhan akan koneksi internet pada sekarang ini sangatlah penting. Karena dengan internet, setiap orang dapat terbantu dalam hal komunikasi, pekerjaan dan keberadaannya. 

Apakah itu dari smartphone, laptop, atau komputer, semuanya memudahkan orang menggunakan internet.

Internet tentunya tidak gratis ya, artinya perlu biaya untuk beli paket kuota internet dari provider. Ada yang mahal dan juga ada yang murah. 

Tapi tetap saja kamu ingin kuota internet yang sudah kamu beli bisa hemat dan bisa digunakan sampai waktu yang lama.

Ada yang menganggap kuota internet merupakan kebutuhan pokok harian yang perlu diperhatikan. Termasuk saya untuk bisnis online, browsing dan lainnya. 

Dari dulu saya selalu berpindah-pindah provider hanya untuk mendapatkan kuota internet yang banyak tapi murah terjangkau.

Kamu pasti juga menginginkan itu bukan? Selain kuota internet yang banyak dan murah, kriteria lainnya yang saya perhatikan adalah pilihan paket kuota internet yang beragam dan kecepatan akses internet.

Kamu dan saya sepertinya pernah mengalami kejadian yang membuat hatimu kesal karena kuota internet cepat habis. Hmm itu hal yang biasa dikarenakan seberapa banyak kamu menggunakan internet untuk berbagai hal. 

Adapun yang sering digunakan adalah untuk sekedar browsing, chatting, streaming video, download dan upload data.

Oke, setiap orang pastinya berbeda-beda aktivitas di internet. 

Namun, menghemat kuota internet tetaplah penting dan bagus agar uang yang kamu gunakan untuk beli paket kuota internet tidak berujung pada hal yang negatif atau sia-sia. 

Anda setuju?

Saya akan bagikan informasi mengenai cara atau tips untuk menghemat kuota internet yang kamu miliki agar efektif. 

1. Manfaatkan Fitur Peringatan Pemakaian
Setiap smartphone biasanya mempunyai fitur yang bermanfaat untuk memberikan peringatan kepada pemiliknya tentang batas jumlah kuota internet yang telah digunakan. Fitur usage warning (peringatan penggunaan) dapat kamu cari di menu Setting atau Pengaturan. 

Dengan memakai fitur tersebut kamu akan merasa lebih berhati-hati berapa banyak kuota yang sudah kamu pakai untuk internet dan menghindari terjadinya pemborosan kuota internet. Ingat, bahwa pemborosan itu tidak baik untuk keuangan Anda.

Semuanya perlu perhitungan termasuk pemakaian kuota internet. Karena kuota internet pasti didapatkan dengan uang bukan daun. Alias tidak gratis.

2. Save Video Favoritmu di YouTube

Akhir-akhir ini YouTube sudah merupakan situs internet yang paling populer karena menyediakan berbagai video yang menarik untuk ditonton. Namun disitu ada keharusan kita sebagai pengguna untuk siap sedia akan kuota internet yang banyak.

Berbeda jika kita mengakses halaman web yang hanya berisi teks dan gambar. Streaming video tentunya membutuhkan kuota internet yang banyak.

Hal inilah yang membuat kuota internet Anda cepat berkurang dan habis. Tunggu dulu, kamu jangan khawatir jika ingin tetap bisa menonton streaming video online.

Dalam YouTube ada fitur Save. Simpan video untuk ditonton pada malam hari. Biasanya kuota internet lebih banyak bonusnya pada malam hari.

3. Selalu Update Browser Kamu
Apakah kamu saat ini menggunakan lebih dari 1 browser? Jika ya, apa browser yang kamu gunakan?

Apakah dengan itu bisa menghemat kuota internet kamu? Pertanyaan tersebut sangat penting karena saat ini ada jenis browser yang bisa menghemat kuota internet kamu.

Salah satunya adalah Google Chrome. Sudah banyak orang yang membuktikannya.

Ini adalah cara yang mudah kamu lakukan agar kuota internet kamu tetap hemat.

4. Gunakan Koneksi Wi Fi Gratis di Tempat Umum
Bermain internet dengan kartu provider tentunya membutuhkan biaya kamu sendiri. Berbeda jika di suatu tempat umum tersedia koneksi internet Wi Fi gratis.

Nah, ini merupakan kesempatan baik kamu untuk bisa menghentikan sementara koneksi internet pribadi kamu dan beralih ke jaringan wi fi gratis. Sekalian kamu bisa sambil refreshing berinternet ria di tempat lain dibanding tempat biasa kamu berinternet seperti di rumah.

Aktivitas internet tidak akan membuat kamu bosan.

5. Membeli Kuota Internet Inject
Hemat bisa kamu lakukan dengan cara membeli kuota internet inject karena lebih murah harganya dari kuota reguler yang memakai pulsa.

6. Beli Kartu Internet Perdana Promo
Biasanya promo selalu dilakukan oleh berbagai provider untuk menjual kartu perdana internet lebih murah dibanding mengisi paket kuota dengan pulsa. Kamu bisa coba cara ini dan agar daftar kontak tetap ada, gunakan 1 sim card untuk menyimpan daftar kontak dan 1 sim card promo perdana hanya untuk internetan.

7. Keluar Sepenuhnya dari Berbagai Aplikasi di Smartphone Kamu
Tanpa disadari aplikasi yang terpasang di smartphone dapat membuat kuota internet kamu terus berkurang walau kamu tidak sedang menggunakannya. Untuk menghematnya, lakukan log out pada aplikasi tersebut yang memakai internet pada saat tidak kamu pakai.

8. Update Aplikasi Hanya via Wi Fi
Setiap aplikasi pasti di-update oleh developernya untuk mendapatkan fungsi yang terbaik. Nah, biasanya update aplikasi memerlukan kuota internet yang tidak sedikit.

Pastikan setting smartphone kamu bisa mengupdate aplikasi hanya saat terhubung ke wi fi saja.