Friday, January 20, 2017

Inilah Waktu Terbaik Untuk Makan


Faktor kesehatan tak cuma dilihat dari menu makanan, tapi waktu makan juga berpengaruh penting. Karena tubuh memiliki waktu alami dalam proses pencernaan makanan dan penyerapan zat bermanfaat dari makanan yang dikonsumsi agar optimal. Apabila Anda makan di waktu yang tidak beraturan maka bahaya akan datangnya penyakit bisa saja lebih besar terjadi. Bukan tidak mungkin kelebihan berat badan akan dialami.

Agar Anda selalu dapat menjaga kesehatan lebih baik, maka Anda wajib menyimak kapan saja waktu yang terbaik untuk makan, baik pada pagi, siang dan malam. Mari kita bahas bersama.

1. Makan Pagi/Sarapan
Waktu terbaik untuk sarapan adalah antara pukul 07:00 sampai dengan 08:00. Apa sebabnya? Karena tubuh kita sudah lama beristirahat sejak malam hari dan tubuh tentu membutuhkan asupan kalori untuk menjalani hari.

2. Makan Siang
Waktu terbaik dan tepat untuk makan siang adalah antara pukul 12:00 sampai dengan 13:00. Sebenarnya waktu paling baik adalah pukul 13:00 atau paling tidak memiliki jeda sekitar 4 jam dari makan pagi. Bila Anda tidak sempat makan pada waktu tersebut, maka Anda harus makan tidak melewati pukul 16:00. Efek buruk dari tidak tepat makan siang adalah perut keroncongan dan sakit, mudah emosi, cepat lelah dan tidak dapat berpikir jernih.

3. Makan Malam
Khusus makan malam biasanya dihindari oleh orang yang ingin diet. Namun makan malam sebenarnya tetap perlu agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Waktu ideal makan malam adalah tidak lewat dari pukul 19:00. Fungsinya adalah untuk mencegah dari kegemukan. Syarat lainnya untuk makan malam dengan waktu tidur adalah sekitar 3 jam jaraknya dari makan malam. Misalnya Anda ingin tidur pukul 21:00, maka Anda makan malam pada 19:00.

Demikian pembahasan mengenai waktu terbaik dan ideal untuk makan. Tujuannya agar kesehatan tubuh semakin baik dan mencegah dari berbagai penyakit berbahaya. Semoga ini bermanfaat untuk kita semua.