Saturday, February 11, 2017

5 Fakta Mengapa Tubuh Harus Tidur


Sudah berkali-kali para ahli menyarankan lama tidur dalam sehari sekitar 7-8 jam. Baik itu melalui artikel, buku, seminar dan lainnya. Namun usaha untuk membiasakan tidur 7-8 jam sehari itu ternyata susah gampang.

Tubuh yang tidak cukup tidur tentu akan merasakan kondisi yang mudah lelah, loyo dan kurang bertenaga serta lemah semangat. Tidak menutup kemungkinan akan membuat seseorang menjadi malas melakukan aktivitas. Apakah sampai sekarang pernah terbersit dalam benak mengapa tubuh kita memerlukan tidur?

Mari kita bahas berbagai fakta apa saja yang terjadi dalam proses penting tubuh ketika tidur. Hal ini akan membuat Anda sadar untuk tidak mengabaikan tidur cukup dan berhenti dari kebiasaan buruk seperti begadang. Berikut fakta mengapa tubuh Anda sangat butuh tidur.

1. Fakta pertama
Pada saat tidur, tubuh pasti akan lebih tenang dan santai. Tak terlepas otak juga beristirahat dan berkesempatan dalam memperbaiki pikiran dari hal-hal negatif. Contohnya seperti pikiran yang tegang, kegelisahan, dan sejenisnya yang dialami saat tubuh masih belum tidur.

Berbeda bagi orang yang kurang tidur maka yang terjadi adalah ingatan yang lemah, mood tidak stabil dan pastinya terganggu kesehatannya.

2. Fakta kedua
Tidur yang cukup sangat baik dalam memelihara mental agar stabil. Oleh karena itu diperlukan tidur yang cukup dan teratur. Otak akan lebih baik dalam hal fungsinya sebagai pusat pengaturan tubuh sesudah menjalani istirahat atau tidur.

3. Fakta ketiga
Begitu pentingnya tidur, maka jika ada orang yang tidak tidur sehari saja, maka tubuhnya akan tersiksa. Orang itu tidak adil terhadap dirinya sendiri. Kondisi tubuhnya akan tegang. Dalam beraktivitas pun dia akan tidak maksimal.

4. Fakta keempat
Berdasarkan riset, bahwa tubuh akan lebih sehat saat tidur karena sistem kardiovaskuler pun juga bisa beristirahat sepanjang tidur.

5. Fakta kelima
Jika ada seseorang yang mengalami masalah tertentu. Saat tidurnya cukup dan teratur akan membuat otak akan lebih mudah dalam menata ulang sistem pikiran sehingga mudah dalam memutuskan suatu hal dan menemukan solusi terbaik.