Tuesday, February 14, 2017

Cara Menghilangkan Sifat Pendiam Agar Lebih Percaya Diri

tips cara menghilangkan sifat pendiam dan pemalu

Cara menghilangkan sifat pendiam - Orang pendiam memang penuh dengan misteri. Sebab dibalik kependiamannya banyak kelebihan yang dimiliki sebab pada dasarnya setiap manusia pasti memiliki kelebihan dalam suatu hal yang membedakan hanyalah apakah kelebihan itu dominan maupun tidak melekat pada orang bersangkutan atau apakah ia bisa mengembangkan potensi atas kelebihannya tersebut. 

Pun demikian, pastinya setiap orang akan memiliki masalah atas dirinya tidak terkecuali orang yang pendiam. Mencari berbagai cara menghilangkan sifat pendiam dan pemalu yang berlebihan memang sangat penting sekali sebab kita menyadari banyak orang yang menginginkan adanya perubahan dalam hidup layaknya seseorang dengan keinginan kuat untuk mengetahui cara merubah sifat yang pendiam menjadi humoris.

Bagi orang yang mempunyai selera humor tinggi akan mudah bergaul dan menjadi satu dengan orang lain terlebih untuk memulai hal baru kaitannya dengan lingkungan yang masih asing. 

Misalnya pada saat kita tengah berada ditempat kerja baru atau sedang masuk sekolah dengan berbagai suasana baru disana, maka akan jauh lebih baik jika bisa menyesuaikan diri sehingga semua yang ada akan lebih mudah dilihat dan juga dilaksanakan sebab sudah mengetahui apa saja yang perlu untuk dilakukan terkait hal tersebut sebab dengan begitu akan membuktikan bahwa kita memang pantas ada di tempat tersebut hingga dengan keinginan untuk mencapai semua hal baru yang mungkin tidak mudah untuk kita alami.

Memang, untuk mengubah sifat pendiam menjadi periang dan cerewet tidak mudah, terlebih jika kita juga mempunyai sesuatu yang seringkali dianggap sebagai kekurangan yaitu adanya sikap malu kepada orang lain dan selalu kurang percaya diri dengan yang dimiliki. 

Sedangkan diluar sana masih banyak sekali keinginan untuk membuat orang lain gembira sebab akan mudah menentukan kemana arah pembicaraan jika mempunyai bakat humor sehingga bisa juga di pakai untuk menghibur orang lain jika suasana sedang tidak mendukung. 

Dengan begitu memang perlu untuk menjaga pergaulan dengan orang lain, disamping untuk memenuhi keperluan hidup setiap hari juga akan membantu kita menjadi orang yang mengerti satu sama lain hingga akhirnya ditemukan kembali keadaan terbaru dalam hidup yang kelak akan berguna untuk orang lain umumnya. 

Sikap pendiam berlebihan biasanya memang dipandang sebagai suatu kekurangan sebab dalam berbagai urusan biasanya dibutuhkan kebijakan yang mengharuskan kita pandai dalam mengutarakan pendapat, pintar membuat argumen dan lainnya. Sebab hanya dengan duduk diam saja tidak akan menyelesaikan masalah. Untuk itu, simak beberapa tips dan cara menghilangkan sifat pendiam berikut ini :

a. Siapkan bahan untuk membuka obrolan
Bagi seorang yang pendiam, untuk memulai pembicaraan dengan orang lain merupakan hal yang sangat menantang. Dan untuk mengatasi rasa canggung saat akan memulai obrolan, coba siapkan kalimat pembuka yang bisa kamu pakai sesuai dengan tempat dan situasi saat itu, akan tetapi dengan tetap mengingat cara menjaga perasaan orang lain.

b. Latihan
Coba untuk menulis kalimat yang akan kamu katakan dan mengucapkannya dengan lantang di depan cermin. Hal ini akan membuatmu terdengar jauh lebih natural. Kamu juga bisa mencoba cara mendekati sahabat wanita dengan mengucapkan kalimat tersebut. Bila sudah latihan akan tetapi ternyata saat dicoba tidak sesuai harapan, maka tidak perlu berkecil hati sebab hal tersebut bisa menjadi bahan evaluasi untuk lebih baik lagi ke depan.

c. Fokus kepada lawan bicara
Seorang yang pendiam seringkali memikirkan dirinya saat berinteraksi dengan orang lain. Mereka juga khawatir dan bingung apa yang akan mereka katakan selanjutnya. Hindarilah hal ini dengan mengetahui cara menghilangkan rasa malu yang berlebih dan tetap fokus pada yang dikatakan lawan bicara.

d. Menjadi pendengar yang baik
Caranya bagaimana? Yakni dengan menatap mata lawan bicara. Sesekali kita bisa mengangguk, dan tersenyum pada mereka. Selain itu, selama obrolan berlangsung kamu juga dapat merespon dengan kata  seperti “ya” atau “mmhmm.” Hal ini nantinya akan menandakan bahwa kita menyimak apa yang orang lain katakan. Selain itu, menjadi pendengar yang baik ini juga termasuk ciri-ciri teman yang baik.

e. Berpartisipasi dalam obrolan (meskipun sedikit)
Pada saat sedang ngumpul, mereka yang pendiam biasanya hanya mendengar dan sangat jarang berpartisipasi dalam obrolan. Terlebih bila si pendiam tersebut adalah orang baru, sementara yang lain sudah saling mengenal. Apabila begitu, berusahalah untuk berpartisipasi dalam obrolan dengan kamu melontarkan pernyataan singkat misalnya “saya juga pernah tuh,” “iya, bagus sekali ya” dan lainnya, namun jangan sampai kelewatan dan tidak tahu cara menghindari sifat riya. Pada saat melontarkan pernyataan singkat tersebut, kita dapat ancang-ancang untuk berkata maupun bercerita lebih banyak lagi.

f. Tanyakan pertanyaan terbuka
Pertanyaan terbuka ialah pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang panjang, lebih dari sekedar “ya” maupun “tidak.” Pertanyaan seperti ini bisa menjadikan obrolan mengalir dan memungkinkan kamu untuk menerapkan cara menghilangkan rasa minder.

g. Jangan menunggu lama
Pada saat nimbrung dalam sebuah obrolan dan kita ingin berbicara banyak, maka jangan menunggu terlalu lama untuk masuk dalam pembicaraan tersebut. Kamu bisa menemukan cara menghilangkan rasa takut yang berlebihan. Dengan begitu, kamu tidak akan kagok serta takut untuk nimbrung.

h. Libatkan dirimu dalam obrolan kecil-kecilan
Mengasah kemampuan berinteraksi juga dapat di lakukan dengan melibatkan diri dalam obrolan kecil-kecilan. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan dirimu dalam berbicara. Sebab obrolannya hanya kecil-kecilan, kita tidak perlu takut merasa canggung. Sebab kamu dapat mencoba tersenyum saat bertemu orang di jalan. Ingat, tersenyum adalah ciri-ciri orang yang baik hati. Bisa pula dengan memulai obrolan dengan pegawai super market, pedagang di pasar, pengantar barang serta banyak lagi yang lainnya.

i. Selalu up-to-date
Jangan ketinggalan update terbaru mulai dari berita, hiburan, olahraga hingga serial drama terbaru yang tayang di televisi. Selalu up-to-date adalah salah satu cara supaya teman menyukai kita saat nimbrung dalam obrolan. Dapat dengan membuka website berita terkini, membaca koran maupun menonton televisi. Tidak perlu sampai tahu ke akarnya, cukup supaya kita dapat memberi pendapat atau komentar ketika ngobrol.

j. Biarkan obrolan mengalir
Ketika seseorang berbicara, maka akan selalu ada hal lain yang bisa kamu diskusikan lebih lanjut. Apabila menyimak dengan baik, maka kamu bisa dengan mudah membuat obrolan mengalir. Akan tetapi tetap ingat, jangan sampai terlena dan lupa cara untuk menghargai orang lain.

k. Perbaiki bahasa tubuh
Coba untuk menatap mata lawan bicara dengan berdiri tegak. Bicara dengan cukup lantang supaya terdengar jelas, jangan berbicara terlalu cepat, dan pakai intonasi yang ramah. Dengan memakai bahasa tubuh di atas, maka kamu bisa menerapkan cara bersikap tenang sehingga lebih didengar banyak orang.
Menghilangkan sifat pendiam dan juga pemalu memang memerlukan proses yang tidak sebentar. Maka dari itu, selain menerapkan cara menghilangkan sifat pendiam diatas juga sangat penting untuk bersikap realistis dan jangan terlalu keras pada diri sendiri. Fokuslah membuat kemajuan setiap harinya, bila kamu konsisten maka yakin bahwa semua usahamu akan membuahkan sebuah hasil.