Kenapa Orang Jepang Suka Jalan Kaki


Jepang sebagaimana kita tahu adalah negara maju di Asia. Tapi ada keunikan tersendiri dari orang Jepang yaitu suka berjalan kaki dibanding memakai kendaraan bermotor atau mobil. Kenapa?

Hal ini bisa kita jadikan patokan yang positif kenapa orang Jepang sangat suka sekali berjalan kaki. Padahal di negara Jepang termasuk menjadi produsen otomotif terbesar di dunia. Lihat saja banyak perusahaan otomotif lahir dari Jepang. Tapi berbanding terbalik dengan kondisi sebenarnya, orang Jepang kurang suka memakai kendaraan motor atau mobil pribadi dan lebih memilih berjalan kaki dan naik angkutan umum.

Orang Jepang sadar akan kesehatan, makanya mereka suka berjalan kaki. Apalagi jika melihat di kota-kota besar di Jepang, lebih banyak yang berjalan kaki dengan tertib dan teratur.

Memang pemerintah di Jepang lebih condong membuat peraturan kepada rakyatnya untuk lebih memilih berjalan kaki dibanding memakai kendaraan pribadi (motor/mobil).

Terang saja, karena ongkos parkir begitu mahal. Makanya orang Jepang lebih suka naik kendaraan umum, seperti bus dan kereta. Selain itu mau berlelah-lelah berjalan kaki beberapa ratus meter untuk menjangkau tempat lainnya.

Sistem transportasi di Jepang memang bisa dibilang nyaman, jadi tak heran masyarakat Jepang malah hobi pakai transportasi umum.

Bagaimana dengan sistem administrasi di Jepang jika ingin mempunyai kendaraan pribadi? Jawabannya sangatlah sulit. Biaya pembuatan SIM mahal, disamping itu si pemilik kendaraan harus punya gudang sendiri untuk menyimpan kendaraannya (motor/mobil).

Oleh karena faktor itulah, orang-orang di Jepang malah menyukai 3 kombinasi yang bagus yaitu berjalan kaki, naik transportasi umum dan naik sepeda.

Jadi, bisa disimpulkan kemacetan di Jepang sangat jarang ditemui. Beda dengan di Indonesia yang macetnya parah karena orang banyak memakai kendaraan pribadi yaitu motor dan mobil.

Semoga artikel ini memberikan sudut pandang yang berbeda dari kebiasaan dan sistem di Jepang untuk bisa kita aplikasikan di negara kita sendiri Indonesia.

Postingan Populer

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

8 Strategi Membasmi Rasa Malas

6 Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis Agar Tidak Mengelupas