Tuesday, March 7, 2017

Benarkah Smartphone Jadikan Anda Malas Berpikir?


Kehadiran teknologi smartphone sudah menjadi alat yang sangat berguna dalam hal komunikasi. Caranya pun begitu mudah cuma dengan sentuhan klik. Kita seharusnya merasa terbantu dengan smartphone.

Namun kita tak boleh tergoda dan harus tahu bahwa gadget tak sepenuhnya membawa kebaikan. Pasti ada efek negatifnya. Hal negatif yang tanpa disadari adalah membuat orang malas berpikir. Ada satu riset yang diadakan oleh Universitas Waterloo di Kanada yang menunjukkan ada kaitan kuat antara penggunaan gadget atau smartphone yang berlebihan dengan kelemahan dalam berpikir untuk memecahkan suatu masalah.

Penulis riset yang bernama Gordon Pennycook menyatakan bahwa ada beberapa problem yang tak mampu diatasi hanya sekedar dengan menelusurinya di Google. Anda tak mungkin mampu mendapatkan jawaban atas masalah dengan mengandalkan internet, melainkan memanfaatkan akal dan pikiran serta kemampuan analitis serta logika yang berasal dari otak.

Dalam riset tersebut, diikuti oleh 660 peserta yang diberikan semacam ujian. Kesimpulannya, mereka yang tergolong dalam kelompok kurang cerdas saat menggali informasi dan lebih banyak memakai smartphone daripada orang yang punya kecerdasan.

Walaupun demikian, masih terlalu cepat bila menyatakan bahwa memakai smartphone bisa menjadikan kamu bodoh disebabkan malas berpikir. Perlu dilakukan banyak riset lebih dalam lagi untuk mendapatkan kaitannya.

Apakah kamu pernah menanyakan terhadap diri pribadi "Apa yang terjadi jika saya tanpa smartphone?" Bisa jadi ini adalah efeknya. Sadarkah anda saat ini jika sudah malas berpikir dan juga berusaha? Mari minimalkan penggunaan gadget dan smartphone saat bepergian.