Saturday, August 12, 2017

Cara Menghilangkan Pegal di Kaki Dengan Cepat


Di setiap aktivitas seperti bekerja, jalan-jalan dan berwisata, pasti mengalami rasa pegal di kaki dan juga anggota tubuh lainnya. Hal ini memang biasa terjadi kepada siapa pun karena tubuh yang terus bergerak dalam waktu lama. Biasanya rasa pegal di kaki akan terasa pada esok hari dan tentunya perlu adanya waktu untuk beristirahat.

Tahukah Anda ada beberapa cara menghilangkan pegal di kaki dengan cepat, alami dan mudah. Mari simak caranya berikut ini.

1. Rendamlah Kaki Anda di Air Hangat

Buat air hangat lalu tuangkan ke dalam baskom sebanyak setengah baskom, lalu tambahkan sabun dan satu sampai dua sendok garam. Aduk hingga larut kemudian letakkan kaki Anda ke dalamnya. Sambil merendamkan kaki Anda, lakukan pijatan ringan pada kaki Anda. Bisa juga dengan cara meletakkan beberapa batu kerikil di dalam baskom dan injakkan dengan perlahan kaki Anda ke batu tersebut sebagai pengganti pijatan dengan tangan. Lakukan dalam beberapa menit hingga rasa lega.

2. Peregangan Kaki ke Dinding

Baringkan tubuh Anda di lantai, lalu letakan kaki Anda ke dinding dengan menyerupai huruf V. Kaki yang diangkat sedikit berguna meredakan betis yang bengkak. Anda akan merasakan kaki yang ditarik secara pelan ketika peregangan tersebut. Jika perlu pakailah sepatu untuk memberi beban lengkungan di kaki dengan cara yang tepat.

3. Kaki Kanan di Atas Kaki Kiri

Anda duduk di kursi yang nyaman. Letakkan kaki kanan Anda di bagian atas kaki kiri. Siapkan jari tangan kiri Anda lalu masukkan ke seluruh celah kaki kanan dan sebarkan seluruh jari sejauh yang Anda bisa. Tetap tahan posisi Anda beberapa menit agar tidak tertarik ke atas atau ke bawah. Bila sudah merasa cukup, ganti kaki lainnya dan terapkan dengan benar agar mendapat hasil yang terbaik.

4. Posisi Berdiri dengan Kaki Kanan Berada di Depan dan Kaki Kiri Berada di Belakang

Berdirilah dengan posisi kaki kanan ada di depan dan kaki kiri di belakang dan jadikan jari kaki kiri Anda menyentuh lantai secara penuh. Jangan paksakan bila Anda tidak mampu. Anda wajib meregangkan kaki daerah atas sekitar 60 detik saja dan ganti posisi ke kaki yang lainnya. Ulangi terus hingga otot merasa nyaman dan lentur.

5. Peregangan Kaki di Lantai

Ada cara mudah lain untuk melakukan peregangan kaki yang pegal yaitu dengan duduk di lantai dan menghadap dinding. Luruskan kaki Anda dengan telapak kaki menempel ke dinding yang ada di depan. Agar Anda merasa enak saat duduk, gunakanlah bantal untuk duduk. Luruskan tangan Anda sejauh mungkin. Kenapa begitu? Karena ini bermanfaat untuk membuat otot betis dan paha menjadi panjang setelah seharian menggunakan sepatu jenis high heels untuk wanita, maka tips ini sangat bagus untuk mengurangi kaki pegal.

6. Memanfaatkan Nasi Hangat Untuk Kaki yang Pegal

Ya, Anda tidak salah baca. Cara ini memang terasa unik, aneh dan jarang dilakukan orang banyak. Tapi Anda bisa memilih cara ini untuk mengurangi pegal di kaki. Nasi hangat Anda campur dengan garam sesuai selera atau secukupnya. Taruh nasi hangat tersebut ke daerah kaki yang pegal. Tunggu beberapa menit, insya ALLAH pegal akan jadi berkurang.

7. Pijatan Kaki dengan Minyak


Anda bisa memijat kaki Anda yang terasa pegal agar bisa mendapat khasiat yang baik. Pijatlah dengan bantuan minyak urut/pijat.

8. Pakai Kaos Kaki

Pakailah kaos kaki berbahan katun yang lembut jika Anda sudah menerapkan cara sebelumnya agar Anda merasakan hasil yang optimal saat Anda istirahat tidur dan juga ketika bangun telah merasakan kaki Anda terasa nyaman atau tidak merasa pegal lagi.

9. Minuman Dengan Nutrisi dan Gizi yang Baik

Lebih dianjurkan sesudah Anda melakukan beberapa terapi untuk kaki Anda adalah meminum minuman yang bermanfaat untuk mengurangi rasa pegal di kaki. Contohnya minum jamu tradisional, dengan campuran susu, telur, madu dan jahe. Jenis minuman ini sangat populer di masyarakat dan mudah diperoleh di toko. Dengan meminum minuman berkhasiat tersebut maka tubuh Anda menerima asupan yang baik memulihkan kondisi tubuh Anda secara keseluruhan menjadi lebih sehat dan bugar.

10. Redakan Pegal dengan Es Batu

Es batu bisa Anda gunakan untuk mengurangi rasa pegal di kaki. Biasanya ini dipakai untuk kaki yang memar dan terasa ngilu. Caranya mudah dengan meletakkan es batu di kaki sekitar lima belas menit. Letakkan kaki Anda lebih tinggi agar lebih mudah melakukan cara ini.

11. Letakkan Kaki di Atas Bantal

Gunakan pengganjal seperti guling untuk diletakkan kaki Anda di atasnya. Tujuannya supaya aliran darah di kaki lebih lancar dan tidak berkumpul di kaki tersebut. Usahakan posisinya lebih tinggi di atas jantung Anda.

12. Konsumsi Kulit Manggis

Kulit manggis sangat kaya akan nutrisi dan mengandung senyawa golongan xanthone yaitu b-mangostin dan mangostin. Selain itu kulit manggis mengandung senyawa aktif yakni karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, vitamin B1 dan B2, lemak, potasium, zat besi, vitamin A dan Vitamin C. Xanthone terkandung dalam kulit manggis, kulit batang, biji dan daun. Anda bisa pilih dengan mengolahnya sendiri atau membeli produk obatnya di apotek di kota Anda. Konsumsilah berdasarkan resep yang dianjurkan.

Selalu ambil waktu untuk beristirahat agar kaki Anda tidak mudah pegal dan lelah. Sebisanya Anda tidak menggunakan sepatu high heels jika kaki terasa pegal. Usahakan memakai sepatu hak rendah saja untuk mengurangi risiko.

Untuk mencegah kaki pegal, ada baiknya Anda melakukan peregangan otot beberapa menit agar badan Anda tidak terkejut.

Demikian informasi tentang cara menghilangkan pegal di kaki dengan cepat dan mudah. Semoga bermanfaat.