Inilah Waktu Terbaik Mengganti Peralatan Mandi Anda


Setiap benda pasti ada batas pemakaiannya, khususnya peralatan mandi. Banyak yang masih menganggap peralatan mandi yang biasa dipakai masih bagus dan bersih. Padahal tidak dan sudah seharusnya diganti atau dicuci.

Ternyata, benda yang sudah sangat lama digunakan bisa berubah menjadi sarang bakteri dan bibit penyakit. Sedihnya, banyak orang yang tidak tahu akan fakta tentang batas waktu penggunaan peralatan mandi yang sebenarnya. Sehingga orang akan berisiko mengalami penyakit berbahaya.

Saatnya Anda harus tahu kapan waktu yang tepat mengganti peralatan mandi Anda agar terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam.

1. Sikat Gigi

Setiap orang selalu menggunakan sikat gigi untuk membersihkan gigi. Gigi dan mulut pasti kotor setelah makan dan minum. Ada fakta mengejutkan tentang sikat gigi yang sudah dipakai sekitar setahun, maka akan ada kisaran 1,8 juta bakteri ada pada sikat gigi. Sangat mengerikan. Diantara bakteri yang ada pada sikat gigi yaitu candida, E. coli dan streptokokus pemicu hepatitis B dan C.

Batas waktu untuk mengganti sikat gigi dengan yang baru adalah 3 bulan saja. Anda wajib mencatat tanggal berapa Anda membeli atau memakai dan kapan saat terakhir memakainya setelah 3 bulan. Ada riset menyebutkan bahwa sikat gigi yang dipakai lebih 3 bulan akan berkurang fungsinya menyingkirkan plak.

2.  Handuk

Berapa kali Anda mencuci handuk? Hal ini perlu Anda ketahui karena waktu yang baik untuk mencuci handuk adalah 1 kali seminggu. Handuk sangat rentan dengan bakteri dan kuman yang menyukai area lembab.

Bakteri staphylococcus lebih mendominasi berada pada kulit manusia. Disamping itu, banyaknya bakteri di handuk bisa mengalangi pori-pori tubuh, bisa mengakibatkan masalah pada mata dan infeksi kulit. Anda pasti tidak ini terjadi bukan?

3. Alat Pencukur Kumis

Tahukah Anda bahwa pencukur kumis wajib diganti hanya dalam 3 hari saja. Ruam kulit biasa muncul karena silet dan kulit bergesekan. Terkadang timbul luka sedikit pada kulit. Pori-pori kulit pun bisa tersumbat karena ada kulit mati hasil dari iritasi dan gesekan silet pencukur.

4. Shower

Anda yang menggunakan shower atau pancuran air ketika mandi patut membaca ini. Seberapa sering Anda membersihkannya? Shower wajib dibersihkan 3 minggu sekali dan menggantinya jika penggunaannya sudah 6 bulan. Kotoran pada ujung shower biasanya terdapat lumut dan kerak. Tentu saja air yang mengalir akan sangat kotor jika tidak dibersihkan. Kulit pun akan menjadi mudah terkena gangguan.

5. Shower Puff

Shower puff harus diganti 3 minggu sekali. Berbeda jika menggunakan spons, bisa diganti setiap 6 minggu sekali. Lebih mengerikan, pada shower puff terdapat 72 juta bakteri. Peliharalah selalu kebersihan shower puff Anda dengan cara mengeringkannya sesudah digunakan.

Bakteri sangat cepat berkembang biak jika shower puff masih basah. Saran bagi Anda simpan shower puff di wadah kering dan usahakan terpapar sinar matahari.

6. Shower Cap

Shower cap sebaiknya diganti 1 bulan sekali. Kuman dapat berkembang biak jika shower cap dibiarkan dalam keadaan basah atau lembab. Bila Anda memakai shower cap dalam kondisi lembab, maka rambut jadi pengap dan akhirnya berbau apek. Selalu letakkan shower cap pada tempat kering sehabis dipakai.

Postingan Populer

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

8 Strategi Membasmi Rasa Malas