Karyawan Kantoran, Waspada 6 Penyakit Ini


Karyawan kantor sangat sering menggunakan komputer dalam waktu lama. Posisi duduk pun sangat minim gerakan. Tentunya akan menimbulkan capek dan kaku apabila terjadi setiap hari.

Tanpa disadari, menjadi karyawan kantoran bisa mengurangi kualitas kesehatan Anda. Risiko penyakit seperti gangguan jantung dan kelebihan berat badan bisa menyerang orang kantoran. Penyakit dapat datang kapan saja, oleh karena itu Anda perlu mengetahui penyakit apa saja yang bisa mendera karyawan kantoran sejak dini dan cara pencegahannya.

1. Tubuh yang Lelah

Pola hidup tidak baik sering dilalui oleh karyawan kantoran misalnya makan sembarangan dan jam makan yang tidak tentu. Kolesterol pun tertimbun dalam tubuh. Peredaran darah menjadi terhambat dan berakibat pada pembengkakan kaki, kelelahan pada kaki dan hipertensi.

Agar rasa lelah ini bisa disembuhkan, Anda disarankan melakukan olahraga ringan contohnya berjalan kaki beberapa menit.

2. Gangguan pada Leher


Karyawan kantoran yang selalu duduk menghadap komputer akan merasakan leher yang sakit karena tekanan tertuju pada leher. Disamping itu bisa memicu benjolan pada leher dan hernia. Agar mencegah itu terjadi, beristirahatlah dulu beberapa saat agar leher tidak tegang.

3. Sakit Punggung

Sakit punggung tak cuma diakibatkan oleh duduk terlalu lama, namun karena kurang minum air. Untuk mencegahnya cukup mudah, letakkan bantal empuk saat duduk di belakang punggung dan atur frekuensi minum Anda dengan baik.

4. Gangguan Mata


Monitor komputer dapat menyebabkan gangguan mata. Karena radiasi yang dipancarkan olehnya. Mau tidak mau para karyawan kantoran terus menggunakannya selama bekerja. Biasanya efek yang ditimbulkan adalah pandangan menjadi kabur, mata merah, mata kering, sampai kepala menjadi sakit.

Hal itu terjadi karena Anda sangat sedikit berkedip. Padahal berkedip saat melihat layar komputer sangat penting. Pada saat berkedip, berarti terjadi pelumasan pada mata. Cara lain adalah memakai kacamata khusus pelindung radiasi monitor komputer.

5. Tangan Menjadi Tegang

Bahaya lain saat menggunakan komputer adalah tangan bisa menjadi tegang dan kram. Itu disebabkan oleh letak dan tekanan tetap pada tangan dalam waktu lama. Seringkali mati rasa pada tangan pun bisa terjadi.

6. Sakit Nyeri Pada Kaki

Kaki yang nyeri disebabkan karena duduk dalam waktu lama. Posisi ini tentunya membuat aliran darah tersumbat, mengganggu pembuluh darah kaki dan mati rasa kadang bisa terjadi.

Luruskan kaki Anda supaya terjauhi dari sakit nyeri kaki saat duduk lama menggunakan komputer.

Selain itu Anda dianjurkan untuk memiliki gaya hidup sehat seperti makan makanan bergizi, tinggalkan kebiasaan merokok, istirahat cukup, tidak begadang, rutin berolahraga agar masalah kesehatan bisa dicegah.

Postingan Populer

5 Faktor Penyebab Seseorang Miskin

Ide Brilian Bisnis Komputer Rumahan

Pakaian Muslim Pria FHJ 001

Ini Manfaat Penting Membuka Jendela di Pagi Hari

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor

11 Ide Bisnis Brilian Untuk Introvert