Thursday, September 7, 2017

Tips Ampuh Singkirkan Kecoa Dari Rumah Anda


Rumah yang banyak kecoa pasti membuat Anda sebal. Kecoa bisa muncul dimana saja mulai dari kamar, dapur, sampai kamar mandi. Hewan ini sangat berbahaya karena bisa mendatangkan penyakit. Selain itu, kecoa bisa merusak pakaian dan mengotori makanan.

Kecoa termasuk hewan yang sangat cepat perkembangan. Tidak mudah untuk menaklukkannya. Namun Anda tak perlu resah, karena masih ada cara untuk mengatasi kecoa tidak menghuni rumah. Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Selalu Tutup Wadah dan Saluran Air

Tahukah Anda kalau kecoa bisa bertahan hidup tanpa makanan selama sebulan. Namun, sebaliknya tak bisa bertahan tanpa air selama seminggu. Air merupakan hal yang disukai oleh kecoa. Kecoa sering bersarang di tempat basah dan lembab, salah satunya di kamar mandi.

Selalu periksa saluran air di rumah agar tidak menjadi sarang kecoa. Jika ada kerusakan, segera perbaiki.

2. Gunakan Kapur Barus dan Daun Salam

Kapur barus sudah terkenal digunakan sebagai pengusir kecoa. Letakkan saja kapur barus pada sudut rumah atau area yang sering dilalui kecoa. Aroma kapur barus tidak disukai oleh kecoa, jadi bisa mengusir kecoa dari rumah Anda.

Bahan lain yang lebih aman yaitu daun salam. Daun salam juga memiliki aroma yang tidak disukai kecoa. Daun ini lebih aman ketimbang kapur barus karena bisa diletakkan di dekat makanan.

3. Potong Rantai Kehidupan Kecoa

Hal yang luar biasa dari kecoa adalah bisa bereproduksi hingga 35.000 anak kecoa tiap tahun. Jika ini dibiarkan, maka kecoa semakin merajalela di rumah. Upaya yang mesti dilakukan adalah membasmi telur-telur kecoa.

Segera cari dan temukan tempat persembunyian kecoa. Ciri-cirinya adalah adanya sisa cangkang telur, tampak kotoran seperti bubuk kopi dan berbau apek. Semprotkan sarang kecoa dengan insektisida untuk membasmi kecoa.

4. Buang Benda yang Tak Terpakai

Kecoa sangat suka pada tempat yang banyak tumpukan barang. Kecoa bisa leluasa bersarang disana. Contohnya pada tumpukan kayu yang basah dan lembab. Anda harus menyingkirkannya jika tidak ingin banyak kecoa berkembang biak disana.

5. Pasang Perangkap Kecoa

Anda juga bisa menyingkirkan kecoa menggunakan perangkap khusus buatan sendiri. Bahannya pun sangat mudah. Siapkan kopi, minyak dan botol plastik. Caranya mudah, botol plastik dipotong, masukkan umpan berupa kopi dan penjebak yaitu minyak ke dalam botol plastik.

Kecoa begitu suka aroma kopi, sehingga mau menghampirinya. Saat kecoa masuk ke botol, ia akan terjebak di dalamnya yang berisi minyak. Jika sudah terkena minyak, kecoa akan sulit keluar.

6. Pelihara Kebersihan dan Kerapian Rumah

Rumah yang dibersihkan secara rutin dapat menjadi penghalang kecoa masuk ke rumah Anda. Jadikanlah rumah Anda selalu bersih, rapi, terang, dan kering. Karena ciri dari kecoa adalah senang berada di tempat kotor, lembab, gelap dan berantakan.

Atur jadwal Anda untuk membersihkan seluruh ruangan rumah, mulai dari kamar pribadi, dapur, kamar mandi, wc dan ruang makan. Tidak terkecuali peralatan rumah tangga Anda tak boleh luput dari perhatian untuk dibersihkan.

Rumah yang bersih tak bisa menjadi sarang kecoa yang menyebalkan. Anda pun bisa tinggal di rumah dengan nyaman dan sehat.

Demikian informasi mengenai tips ampuh singkirkan kecoa dari rumah Anda. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.