Wednesday, November 22, 2017

Penyakit Ini Disebabkan Kelamaan Nonton TV


Ternyata teknologi canggih seperti TV tidak serta merta membawa kebaikan bagi penggunanya. Dibalik itu TV bisa juga membawa dampak berbahaya bagi manusia.

Kebiasaan menonton TV sudah lama dilakukan banyak orang. Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa sampai orang tua.

Bagi orang yang malas keluar rumah untuk berjalan-jalan melepas ketegangan dan lelah, sebagian memilih berada di rumah dan menonton acara favorit di TV. Biasanya duduk di depan TV selama berjam-jam bukanlah hal yang aneh dikarenakan betapa asyiknya menonton TV.

Namun, terlalu lama ada di depan TV justru bisa membahayakan kesehatan. Berdasarkan riset yang diberitakan oleh boldsky.com, duduk dan menonton TV dalam waktu lama dapat menambah risiko penyakit seperti pembekuan dan penggumpalan darah di bagian pembuluh yang disebut tromboemboli vena (VTE).

Seorang Peneliti, Mary Cushman dari University of Vermont mengungkapkan, "Menonton TV sebetulnya tidak jelek bagi kesehatan. Tapi bisa berakibat jelek bila menonton TV sembari nyemil dalam waktu lama".

Laporan riset ini didapatkan dari peserta berumur paruh baya yang punya risiko 1,7 kali lebih besar terserang VTE akibat berlama-lama menonton TV ketimbang orang yang tidak sering menonton TV.

Sedikitnya kegiatan fisik seperti olahraga dan selalu menonton TV bisa menjadi pemicu pembekuan darah. Nah, sebagai upaya untuk mencegah terjadinya pembekuan darah atau VTE, dianjurkan untuk mengurangi kebiasaan menonton TV dan rutin berolahraga.