Wednesday, December 20, 2017

6 Efek Negatif Jika Rumahmu Kotor Berantakan


Sebagian orang pasti mempunyai kebiasaan buruk yaitu malas bersih-bersih rumah. Mungkin itu disebabkan karena kepribadiannya yang memang malas, kesibukan di pekerjaan, atau orang yang memang tidak punya kesadaran akan kebersihan. Ini sih parah banget.

Sebaiknya setiap orang punya kesadaran untuk memelihara kebersihan dimana pun itu. Agar tidak terjadi yang namanya penyakit atau hal negatif lain yang bisa saja menimpa.

Terlebih pada kebersihan di rumah karena menurut riset bahwa rumah yang kotor dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Pasti Anda tidak ingin itu terjadi kan?

Hal buruk yang disebabkan rumah kotor diantaranya menimbulkan stres, cepat lelah, gampang kesal bila Anda berada dalam rumah yang kotor dan berantakan.

Dikutip dari thehealthsite.com, akan dipaparkan beberapa hal buruk yang disebabkan oleh rumah yang kotor terhadap kesehatan Anda.

1. Bisa membuat Anda bingung

Tak bisa dipungkiri jika lingkungan tempat hunian Anda dapat berpengaruh pada situasi mental. Tidak percaya?

Hal ini berlaku juga untuk rumah yang tidak bersih dan tidak rapi.

Kondisi rumah yang di dalamnya terdapat barang-barang berserakan dapat menjadikan orang bingung.

Jika suatu saat Anda mencari barang, maka Anda pun kesusahan menemukannya dan ini pun berdampak pada pola pikir Anda.

Anda akan menjadi orang yang selalu galau dan bingung.

2. Bisa bikin Anda stres

Sesudah Anda jadi orang bingung karena rumah yang berantakan.

Anda pun kemungkinan dilanda stres.

Yang pasti jika stres datang, maka bisa menimbulkan hal negatif lain yang memperburuk kondisi stres Anda.

3. Rentan terjadi kecelakaan


Kondisi rumah yang berantakan sekaligus kotor tentu saja dapat memicu musibah yang tidak bisa dianggap sepele. Seperti lantai yang kotor berminyak dan basah bisa berpeluang membuat diri Anda atau orang lain terpeleset dan jatuh.

Selain itu, benda keras atau tajam jika diletakkan sembarangan pun bisa saja membuat terluka.

4. Menjadikan Anda seorang yang selalu makan secara emosional

Ini dibuktikan dengan adanya riset yang diadakan pada tahun 2017 yang memperlihatkan bahwa orang condong akan makan dalam jumlah banyak atau yang disebut emotional eater bila bertempat tinggal di area yang kacau dan berantakan.

Oleh karenanya, kegiatan makan dianggap ampuh menghilangkan stres.

5. Mengurangi tingkat kesehatan jiwa Anda

Anda mungkin sudah pernah merasakan bagaimana rasanya berada dan bekerja di tempat yang acak-acakan. Anda menjadi lekas capek dan tidak bersemangat.

Inilah yang menjadi pengaruh kuat dari bagus tidaknya lingkungan dimana Anda berada.

Mental Anda juga akan ikut berkurang dan berujung negatif.

6. Komunikasi jadi terhambat

Satu riset yang dilaksanakan di Cornell University tahun 2016 mengungkapkan bahwa orang yang berada di area yang kacau akan sukar dalam berinteraksi dengan orang lain di sekitar.

Tempat yang semrawut menjadikan pikiran orang kacau yang mengakibatkan susah dalam menyampaikan emosi dan perasaan kepada orang lain.

Nah, dari penjelasan diatas mengenai dampak negatif bila rumah berada dalam kondisi berantakan dan kotor, kita sudah tahu bahwa itu tidak baik bagi kesehatan mental dan fisik.

Jadi, sekarang Anda harus membiasakan membersihkan dan merapikan rumah Anda agar kesehatan menjadi lebih baik dan terhindar dari hal buruk.