Ternyata 7 Aktivitas Rumah Tangga Ini Mampu Bakar Banyak Kalori


Suatu hal yang lumrah jika ada orang yang malas berolahraga seperti jogging, jalan kaki, lari, bersepeda, senam dan lain-lain. Ya, karena butuh waktu dan persiapan khusus untuk itu.

Sebagian pun beralasan karena olahraga tersebut terasa sulit dan berat. Tapi, jangan khawatir agar tubuh Anda tetap bergerak aktif dan berolahraga ada solusi yang lebih bermanfaat yaitu rutin mengerjakan aktivitas rumah tangga. Tentunya ini selalu dilakukan setiap hari.

Tampaknya hal ini biasa saja namun nyatanya kegiatan rumah tangga juga mampu membakar kalori dalam tubuh dan membuat tubuh jadi lebih sehat. Tidak main-main jika Anda melakukan pekerjaan rumah tangga bisa membakar kalori diatas 100 kalori.

Anda penasaran ingin tahu apa saja kegiatan rumah tangga yang bermanfaat membakar kalori? Ikuti ulasannya berikut ini.

1. Menyetrika baju

Apakah Anda sering menyetrika baju? Memang pekerjaan ini melelahkan, menyetrika baju satu persatu. Apalagi baju yang ingin disetrika puluhan jumlahnya. Anda pun mungkin akan capek dan bosan.

Tapi Anda mendapat manfaat dari hal tersebut yaitu kalori yang bisa dibakar lebih besar.

Dalam waktu 60 menit saat sedang menyetrika baju, Anda dapat membakar antara 122 hingga 183 kalori. Jadi, jangan sepelekan kegiatan menyetrika baju. Baju Anda rapi dan wangi, sekaligus membuat tubuh Anda sehat.

2. Mencuci pakaian kotor

Ohya, sekarang kan sudah banyak yang menjual mesin cuci. Nah, jika Anda berkeinginan untuk membelinya, sebaiknya jangan dulu. Karena mesin cuci itu tidak akan membuat badan Anda bergerak aktif. Pun dapat membuat Anda menjadi malas berolahraga ketika mencuci baju dengan tangan. Memang mesin cuci membuat jadi mudah. Tapi adanya kemudahan tersebut akan tubuh jadi sedikit bergerak, kalori pun akan kurang maksimal dalam pembakarannya. Jika Anda selalu mencuci pakaian dengan cara biasa alias pakai tangan maka membuat tubuh lebih banyak dalam pembakaran kalori.

Dalam mencuci pakaian, pasti ada beberapa tahap yang dilakukan mulai dari mengumpulkan pakaian kotor, membuatnya ke dalam wadah pencucian (ember atau baskom), menuangkan bubuk deterjen, merendam baju sekitar 30 menit, mengucek pakaian, membilas pakaian dan lalu menjemurnya sampai kering.

Tahukah Anda bahwa mencuci pakaian sekitar 60 menit bisa membakar sekitar 125 sampai 173 kalori.

3. Menggendong anak bayi

Ini dia yang menarik, salah satu kegiatan yang menyenangkan tapi bisa membakar kalori. Khususnya bagi para orang tua yang memiliki anak bayi.

Mempunyai anak yang masih bayi sangatlah membahagiakan apalagi saat menggendongnya.

Jika Anda menggendong bayi sekitar 60 menit saja dapat membakar kalori kurang lebih 202 hingga 302 kalori.

4. Mengepel lantai rumah

Bagi Anda yang punya rumah dengan lantai keramik sangatlah bagus mengerjakan kegiatan mengepel lantai. Apalagi jika rumah yang berlantai luas, manfaatnya selain membuat lantai bersih, kalori yang dibakar pun jadi banyak.

Biasanya saat mengepel, tubuh selalu berdiri dan maju bergerak memainkan pel ke berbagai arah. 1 jam mengepel lantai mampu membakar sebanyak 245 hingga 370 kalori.

5. Memasak

Anda suka memasak? Memasak lebih asyik karena Anda tahu bahan-bahan apa saja yang bagus untuk diolah, berbeda dengan masakan orang lain yang kita tidak tahu pasti bahan dan cara pengolahannya seperti apa. Memasak ini pun bisa dijadikan rutinitas pembakar kalori yang selalu mengasyikkan setiap hari.

Tak disangka bahwa kegiatan bergerak saat di dapur, menyiapkan beberapa bahan makanan dan membuat makanan sekitar 60 menit bisa membakar kalori sekitar 144 sampai 215 kalori.

Supaya pekerjaan memasak lebih optimal dan bermanfaat, maka Anda disarankan memasak makanan yang sehat dan bergizi. Artinya tidak memasak junk food.

6. Mencuci piring kotor

Setelah memasak dan mengonsumsi makanan tentunya membuat peralatan dapur menjadi kotor. Inilah peluang selanjutnya bagi Anda yang dapat membakar kalori yaitu mencuci piring dan peralatan masak.

Kegiatan mencuci piring sekitar 60 menit ternyata bisa membakar kalori kurang lebih 122 sampai 183 kalori.

7. Berkebun

Tak banyak yang tahu bahwa berkebun pun termasuk kegiatan rumah tangga yang sukses membakar lemak dan kalori. Saat berkebun Anda lebih dekat dengan alam sekaligus sebagai obat stres.

Dalam waktu 1 jam saja ketika Anda berkebun dapat membakar sebanyak 282 sampai 442 kalori.

Dalam kegiatan berkebun Anda akan bergerak terus semisal membawa tanaman, menggali tanah dan menanam tanaman. Kegiatan berkebun pun membuat lingkungan menjadi sehat dan asri.

Jadi, kegiatan rumah tangga yang rutin dilakukan oleh para ibu berguna dalam membakar kalori dan lebih menyehatkan.

Anda akan mendapat manfaat lebih yakni kegiatan rumah tangga bisa terselesaikan dan olahraga yang membuat tubuh sehat serta bugar. Semoga informasi ini bisa memotivasi siapapun agar rajin melakukan aktivitas rumah tangga. Selamat mencoba!

Postingan Populer

5 Faktor Penyebab Seseorang Miskin

Ide Brilian Bisnis Komputer Rumahan

Pakaian Muslim Pria FHJ 001

Ini Manfaat Penting Membuka Jendela di Pagi Hari

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor

11 Ide Bisnis Brilian Untuk Introvert