Thursday, December 28, 2017

Waspada Gejala Kekurangan Vitamin E


Vitamin E termasuk hal yang diperlukan bagi tubuh kita. Namun, masih saja ada orang yang tak peduli disebabkan belum mengetahui ragam manfaat dari vitamin E.

Yang jelas tubuh yang kurang asupan vitamin E bisa dilanda gangguan kesehatan. Sebaiknya Anda wajib tahu akan ciri-cirinya agar terhindar dari hal yang lebih buruk untuk kesehatan Anda.

Beberapa ciri kekurangan vitamin E diantaranya kram, kulit kering dan kerontokan pada rambut. Oleh sebabnya, Anda perlu mencukupi tubuh dengan vitamin E agar tubuh selalu dalam kondisi sehat dan bugar.

Berdasarkan berita dari Boldsky, ada beberapa gejala dari adanya kekurangan vitamin E yang gampang untuk diidentifikasi. Untuk lebih jelasnya, yuk simak informasinya berikut ini.

Selalu mengalami kram

Terjadinya kram otot bisa dijadikan tanda bahwa tubuh kekurangan vitamin B, E berbarengan dengan potasium, magnesium dan kalsium.

Kebiasaan buruk seperti duduk dalam jangka waktu lama dan sedikit bergerak menjadi pemicu kram.

Nyeri pada otot

Orang yang tidak cukup akan vitamin E sangat gampang menderita nyeri tulang dan otot. Tentunya orang tersebut akan merasa tidak nyaman, terlebih ketika kurang aktif bergerak.

Kesemutan

Ciri lain dari kekurangan vitamin E yaitu adanya rasa kesemutan yang tinggi. Mati rasa yang diderita sangat menyiksa.

Rasa kesemutan selalu terjadi pada bagian tubuh tertentu yaitu tangan.

Adanya sisik pada kulit

Jika Anda menggaruk kulit lalu muncul sisik-sisik maka itu pertanda lazim dari kurangnya vitamin E. Jika diabaikan, kulit pun tampak gelap dan berubah jadi ruam walau hanya sesaat.

Gampang keluar keringat

Kekurangan vitamin E lainnya ditandai oleh keluar keringat meski Anda sedang tidak berolahraga atau melakukan pekerjaan berat.

Kondisi ini pun pasti tidak membuat Anda nyaman, sehingga mesti dilakukan antisipasi.

Oleh karenanya, rutinlah konsumsi makanan bervitamin E misal sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Kuku pecah-pecah

Ternyata vitamin E yang kurang dalam tubuh bisa berakibat pada kuku yang gampang terkelupas dan pecah. Ini pasti tidak memperbaiki penampilan Anda. Malah merusak penampilan Anda.

Tak cuma itu saja, kulit yang berada di seputar jari tangan pun bisa rusak.

Bahan makanan bervitamin E


Sebagai upaya pencegahan agar tubuh tidak kekurangan vitamin E, Anda wajib tahu apa saja makanan yang bermanfaat untuk menambah asupan vitamin E.

Disarikan dari Stylecraze, berikut daftar makanan mengandung vitamin E yang dapat Anda konsumsi.

Alpukat

Anda cukup makan separuh dari alpukat yang berisi kandungan vitamin E sebanyak 2 mg dan 161 kalori. Disamping vitamin tercukupi dan kulit berubah menjadi halus, kebutuhan kalori Anda pun terpenuhi.

Bayam

Bayam yang berwarna hijau mempunyai gizi tinggi yang mengandung banyak zat kalsium, vitamin E dan folat.

Anda bisa dengan mudah mengolahnya yaitu merebus bayam sebanyak 1 mangkuk yang bisa mencukupi sekitar 20% vitamin E yang diperlukan oleh tubuh.

Bayam pun juga mengandung serat yang bagus dalam memperlancar proses cerna dan program diet.

Kacang almond

Sudah banyak yang tahu bahwa kacang-kacangan punya kadar vitamin E yang banyak. Kurang lebih terdapat 7,5 mg vitamin E dalam satu ons kacang almond. Mau coba?

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau yang lebih terkenal dengan sebutan kuaci dengan berat 1 ons mengandung 7,4 mg vitamin E. Dengan kata lain bisa mencukupi sekitar 90% keperluan akan vitamin E setiap hari.

Nah, dari informasi diatas, Anda bisa dengan mudah mendapatkan asupan vitamin E yang bermanfaat mencegah gejala kekurangan vitamin E. Semoga bermanfaat.