Wednesday, January 3, 2018

Apa Saja Makanan Berprotein Tinggi Selain Telur?


Banyak yang mengenal telur sebagai sumber protein tinggi. Dalam sebutir telur terkandung 6 gram protein bersamaan dengan bermacam mineral dan vitamin. Makanya tidaklah mengejutkan bahwa telur merupakan makanan paling sehat.

Dikutip dari boldsky.com, ada beberapa makanan selain telur yang juga berprotein tinggi yang sebaiknya Anda ketahui. Berikut ulasannya.

1. Kacang hijau

Anda pasti pernah mengonsumsi makanan olahan dari kacang hijau. Biasanya dibuat bubur kacang hijau. Kandungan gizi pada kacang hijau begitu banyak yakni protein, zat besi, serat, potasium dan vitamin C.

2. Chickpeas

Chickpeas tak sekedar kaya protein tapi memiliki nutrisi baik yang bisa membantu tubuh memproduksi hormon pengurang rasa lapar yakni cholecystokinin sehingga memakannya secara rutin dan teratur bisa mencegah dari makan terlalu banyak atau berlebihan.

Tak hanya itu, chickpeas pun bermanfaat meredakan radang usus diakibatkan gula yang dimakan.

3. Kacang edamame

Pilihlah kacang edamame sebagai cemilan yang menyehatkan untuk Anda.

Karena, kacang edamame mengandung protein tinggi dan asam amino esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh dalam membentuk otot.

4. Keju cheddar

Keju cheddar biasanya disertakan dalam makanan berupa roti atau kue lainnya agar terasa lezat. Tapi bukan sekedar itu saja, keju juga bermanfaat untuk tubuh karena mengandung tinggi protein, vitamin D, lemak sehat dan kalsium.

5. Kacang hitam

Dalam beberapa makanan khas Meksiko biasanya disertai kacang hitam semisal burrito atau taco sebagai penambah rasa nikmat pada masakan tersebut.

Dalam satu cangkir kacang hitam memiliki 7,3 gram protein, antosianin dan lemak sehat yang dapat menambah peran otak lebih baik.

6. Kacang merah

Kacang merah sudah banyak yang mengonsumsi di negara kita Indonesia.

Tak kalah dengan yang lain, kacang merah pun mengandung kaya protein dan serat yang berfungsi menekan gula darah sehingga bermanfaat bagi pengidap diabetes.

7. Selai kacang

Buat vegetarian, selai kacang rutin dikonsumsi dan sangat diperlukan sebagai nutrisi protein.

Terdapat 8 gram protein dalam dua sendok makan selai kacang.

8. Biji chia

Biji chia sangat terkenal menjadi makanan tersehat.

Disamping tinggi serat, biji chia pun mengandung banyak protein.

9. Quinoa

Quinoa selalu disebut sebagai butiran beras tanpa gluten.

Tak cuma tinggi serat, quinoa memiliki protein komplit terdiri dari asam amino esensial dan L-arginine yang diperlukan tubuh dalam pembentukan otot.

10. Susu

Susu merupakan jenis minuman berprotein tinggi yang dianjurkan agar diminum setiap hari.

Selain protein, susu memiliki kalsium, asam lemak dan omega 3 yang bagus dalam menjaga kesehatan tubuh Anda.

Protein mempunyai fungsi utama untuk tubuh sebagai pendukung kesehatan otot, mengontrol enzim dan peranan lainnya.

Oleh sebab itu cukupi keperluan protein tubuh Anda dengan rutin mengonsumsi makanan baik dan sehat tersebut. Semoga bermanfaat.