Wow! Inilah 6 Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Mental Anda


Dalam keseharian Anda saat berjalan kaki, sebagian besar dari Anda bisa saja menganggap bahwa gerakan tubuh ini bagus untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Tetapi apakah Anda tahu bahwa berjalan kaki pun bisa mendatangkan sejumlah keistimewaan untuk kesehatan mental Anda? Belum percaya?

Sebagaimana disarikan dari healthmeup.com, berikut ini sederet manfaat jalan kaki untuk mendongkrak kesehatan mental Anda. Yuk disimak!

Meredakan stres

Bagi orang yang sibuk tentu bisa berpeluang mengalami stres. Untuk itu rutinlah berjalan kaki sebagai obatnya. Karena saat sedang berjalan kaki, hormon norepinefrin dalam otak Anda akan bertambah. Kegunaan dari hormon tersebut adalah mampu mengurangi stres.

Bisa menjadi bahagia

Saat berjalan kaki pun bisa menghasilkan hormon endorfin. Hormon ini berguna dalam meningkatkan rasa bahagia dan gembira bagi tubuh Anda.

Memperbaiki suasana hati Anda

Tak sekedar membuat diri Anda bahagia dari terlepasnya hormon endorfin tapi juga bisa membuat suasana hati membaik secara umum.

Menunda menurunnya kualitas mental

Sebuah riset yang diselenggarakan terhadap perempuan berusia lebih dari 65 tahun memperlihatkan bahwa mereka yang rajin berjalan kaki mempunyai risiko lebih kecil mengalami gangguan yang berhubungan dengan pengurangan ingatan.

Mengurangi risiko penyakit alzheimer

Riset lain pun menyatakan bahwa pria berumur antara 71 sampai 93 tahun memiliki risiko yang lebih kecil terkena penyakit alzheimer saat mereka rutin berjalan kaki.

Tubuh Anda lebih rileks dan santai

Riset kesehatan mendapati bahwa saat Anda berjalan kaki timbul kenaikan suhu inti tubuh. Lalu suhu ini akan turun lagi sampai normal yang memicu tubuh Anda menjadi makin santai dan gampang ngantuk.

Jadi, bagi orang yang terkena insomnia (susah tidur) disarankan untuk menjalani terapi jalan kaki secara rutin dan teratur.

Faktanya adalah sebuah kegiatan sederhana seperti jalan kaki mampu mendatangkan manfaat hebat untuk kesehatan tubuh dan mental Anda. Selain itu tak memerlukan biaya mahal untuk dapat melakukannya.

Oleh sebab itu saat orang yang sedang menderita stres, segeralah luangkan waktu untuk berjalan kaki.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kesehatan Anda. Selamat mencoba!

Postingan Populer

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

8 Strategi Membasmi Rasa Malas

6 Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis Agar Tidak Mengelupas