Thursday, October 30, 2014

12 Jurus Membangkitkan Semangat Kerja Karyawan


Karyawan merupakan komponen terpenting dalam perusahaan yang menggerakkan roda bisnis dan proses pengembangan perusahaan di masa depan. Sisi lain yang perlu diperhatikan untuk kesuksesan perusahaan selain karyawan adalah infrastruktur dan teknologi yang dibangun di perusahaan tersebut. Karyawan dan infrastruktur serta teknologi merupakan bagian sistem perusahaan yang penting dan saling meunjang satu sama lain.

Di waktu-waktu tertentu, ada kalanya karyawan merasakan kebosanan, lemah semangat, dan mengalami penurunan kreativitas dalam bekerja. Hal ini tentunya berpengaruh kurang baik untuk perusahaan. Kinerja dan kontribusi lebih banyak dari karyawan sangat diperlukan agar perusahaan berjalan lancar dan meningkatkan profit perusahaan. Disamping itu juga, jika profit perusahaan semakin meningkat maka karyawan juga akan mendapat dampak positifnya.

Perusahaan baik skala kecil ataupun besar, perlu menerapkan cara unik agar karyawan bisa bekerja dengan baik dan mampu menunjukkan produktivitasnya untuk perusahaan.

Ada beberapa jurus yang bisa diaplikasikan kepada karyawan agar mereka bisa semangat dan termotivasi :

1. Ruang kerja yang nyaman
2. Hadiah kejutan
3. Kenaikan gaji tak terduga setiap bulan
4. Ajakan untuk makan bersama
5. Ajakan untuk liburan bersama
6. Berkunjung ke rumah karyawan
7. Bersalaman ketika bertemu
8. Senyum semangat untuk membangkitkan suasana positif
9. Mengobrol santai dengan karyawan
10. Menyediakan fasilitas atau peralatan yang lebih canggih
11. Memberikan pelatihan motivasi dan memberikan inspirasi kepada karyawan
12. Selalu terhubung dengan karyawan baik melalui SMS, Telepon, Sosial Media, dan lain-lain.

Dari jurus atau cara diatas semoga bisa menjadikan karyawan tetap terjaga semangat dan produktivitasnya sehingga perusahaan dapat berjalan sukses dan meraih prestasi yang terbaik. Semoga bermanfaat.