Monday, November 3, 2014

10 Gaya Hidup Hemat dan Sederhana dari Orang Kaya


Biasanya kehidupan orang kaya selalu menonjolkan berbagai hal yang mewah dan dalam jumlah yang banyak. Mulai dari rumah, kendaraan, pakaian, perabotan rumah tangga, perhiasan, makanan yang serba mewah, mahal dan jumlah yang banyak.

Dalam benak kita pasti bertanya, apakah seperti itu gaya hidup yang harus diterapkan oleh orang kaya? Apakah ada tuntutan bahwa harus bergaya hidup mewah bagi orang kaya? Buktinya dalam kenyataan sebagian besar orang kaya selalu bergaya hidup mewah.

Sebaliknya, di sisi lain ada saja orang yang kaya raya namun tetap memilih gaya hidup yang sederhana dan hemat. Hal ini merupakan sebuah contoh yang positif untuk masyarakat luas. Karena di luar sana masih banyak juga yang masih dalam hidup serba kekurangan dan kesusahan.

Dengan menerapkan gaya hidup sederhana, maka orang di sekitar kita yang masih belum tercukupi kebutuhan hidupnya tidak akan merasa cemburu atau iri. Berbeda halnya jika ada orang kaya yang selalu menampakkan kemewahan dalam hidupnya sedangkan ada tetangganya yang hidupnya masih berada di kelas menengah atau bawah. Tentu akan terjadi kecemburuan dan kesenjangan sosial.

Untuk itu, perlu adanya rasa tenggang rasa, empati dan kepedulian terhadap sesama. Karena sebetulnya kita ini hidup dalam lingkungan masyarakat yang punya beragam taraf hidupnya.

Berikut ini ada 10 gaya hidup hemat dan sederhana dari orang kaya, yang mudah-mudahan bisa menjadi pelajaran buat kita semua:

1. Pakaian yang dipakai adalah yang termurah namun tetap layak dipakai dan dalam jumlah yang cukup.

2. Minum air bening sebagai minum rutin dan utama. Minuman selain itu seperti teh, susu atau lainnya hanya selingan saja bahkan jarang sekali diminum.

3. Makanan yang dikonsumsi sangat sederhana, murah dan dalam jumlah sedikit.

4. Rumah sederhana yang cukup untuk anggota keluarga.

5. Menggunakan alat transportasi sederhana dan semurah mungkin seperti jalan kaki, sepeda dan angkutan umum.

6. Untuk alat komunikasi hanya menggunakan handphone murah.

7. Perabotan rumah tangga sedikit dan secukupnya.

8. Alat elektronik hemat listrik serta penggunaan listrik tepat guna.

9. Sedekah.

10. Menabung, untuk persiapan masa depan misalnya kesehatan dan anak.

Dari 10 hal diatas diharapkan bisa menjadi sebuah inspirasi dan pelajaran bagi kita semua dalam usaha untuk menerapkan gaya hidup sederhana meskipun kita kaya raya. Semoga bermanfaat sebaik-baiknya untuk kita semua.