Saturday, July 4, 2015

7 Tips Ampuh Tingkatkan Keterampilan Sosial


Bagi kalangan anak-anak dan dewasa, keterampilan sosial sangatlah sulit diperoleh. Hal ini terjadi karena jarang diajarkan di dalam lembaga pendidikan dan kurangnya kepedulian akan pendidikan bersosialisasi. Pentingnya hal ini dapat berdampak positif dalam hubungan di masyarakat agar tercapai suatu kondisi yang baik, damai dan saling menghormati.

Untuk itu, dalam artikel ini akan dijelaskan tujuh tips yang sudah terbukti mampu meningkatkan keterampilan sosial bagi semua orang dan menjadikan seseorang bisa bersosialisasi dengan baik dan benar dengan orang lain.

Sebagian orang mungkin masih merasakan canggung, malu dan kurang percaya diri jika terlibat dalam sebuah obrolan atau percakapan dengan orang banyak, apalagi orang tersebut masih asing dan baru saja dikenal. Apakah Anda pernah mengalaminya?

Apakah Anda punya waktu dan kesempatan untuk mengetahui apa penyebabnya? Apakah Anda merasa tidak mungkin memperbaiki keterampilan sosial Anda karena sudah merasa sudah menjadi karakter Anda dan belum bisa beradaptasi dengan cara berhubungan dan berkomunikasi dengan anak-anak hingga orang dewasa?

Apabila didalam pikiran Anda jawabannya adalah “ya”, oleh karena itu Anda harus melihat bagaimana upaya Anda dalam berinteraksi dengan orang lain, dan mengetahui bagaimana cara agar bisa meningkatkan keterampilan sosial Anda di dalam kehidupan sehari-hari serta mampu melakukan interaksi dalam waktu yang singkat dengan orang lain.

Nah, disini akan dipaparkan tujuh tips jitu dan terbukti agar keterampilan sosial Anda meningkat dan membuat Anda mampu menerapkannya di kehidupan sehari-hari

1. Melegalisasi Perasaan Anda Sendiri
Berbagai masalah hadir bersama dengan keterampilan sosial yang jelek adalah pengertian yang keliru agar kita memandang orang lain dalam melegalisasi emosi yang layak untuk kita sendiri.

Hal ini sebenarnya adalah salah. Diri Anda sendirilah yang bertanggung jawab terhadap kondisi emosi Anda sendiri, tidak memperhatikan apapun sesuatu yang menakutkan dari perkataan seseorang kepada Anda. 

Jadikan diri Anda adalah orang dewasa yang baik dan mau bertanggung jawab pada diri sendiri.

2. Hindari untuk Berpikir Logis Mengenai Interaksi Sosial
Manusia bukanlah makhluk rasional, tetapi mereka membuat rasional makhluk. Sebagian besar interaksi sosial yang kaku bermula dari seseorang yang mencoba berusaha secara logis memaknai tindakan ataupun emosi orang lain, padahal disaat itu logika tidak berlaku.

Berusahalah untuk tidak menjadi logis, dan berlebihan apabila tidak semua frustasi yang Anda rasakan akan menghilang secara perlahan.

3. Hindarilah Mengkritik Orang Lain
Individu yang masih canggung secara sosial selalu mempunyai problem yang berhubungan dengan filter mental mereka sendiri, dan kontrol terhadap motivasi mereka untuk mengungkapkan segala hal yang terlintas dalam benak mereka, apakah itu bersifat positif atau negatif. 

Belajarlah mengendalikan keinginan Anda untuk memeberikan kritik kepada orang lain. Kritikan merupakan kelaziman dalam berkomunikasi tutur kata yang jelek.

4. Sedikit Berbicara Mengenai Diri Sendiri dan Berbicara Lebih Banyak Tentang Orang Lain
Pengaruh timbal balik dalam sosial akan lebih ringan apabila seluruh orang hanya mau bercakap mengenai orang lain. Tetapi ada hal yang perlu disesalkan, hal tersebut langka ditemui. 

Mari untuk belajar agar berminat pada orang lain di sekitar Anda, dan mencoba mendapatkan langkah paling baik untuk meraih mereka agar juga tertarik untuk mempelajari hal yang berkaitan dengan diri Anda, tanpa menjadi relawan untuk melakukannya demi mereka.

5. Fokuslah pada Bagian Luar Diri Anda
Sekarang saatnya untuk berubah menjadi lebih dari sekedar seorang yang ekstrovert kalau Anda saat ini introvert (walaupun secara biologis hal ini sebagian besar tidak mungkin), di dalam seluruh sisi kehidupan Anda, dan mencoba beralih fokus Anda dari diri sendiri dan berubah terhadap keperluan orang lain.

6. Tidak Lagi Menyalahkan Orang Lain
Sebagaimana dijelaskan pada poin sebelumnya, tidak akan mencela orang lain karena kapabilitas Anda sendiri dalam melakukan komunikasi atau berinteraksi sosial. 

Justru Anda sendirilah yang bertanggung jawab untuk membangun keahlian sosial yang lebih baik pada diri Anda sendiri.

7. Jauhilah Hal Negatif
Seperti kebanyakan orang, tidak ada yang suka berada di sekitar orang-orang negatif, dan tidak ada yang menghambat interaksi sosial atau pertumbuhan yang lebih cepat dari sikap negatif Anda sendiri. 

Berusahalah untuk menjaga kutukan dan keluhan seminimal mungkin dalam setiap dan selama percakapan.

Itulah beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membantu Anda untuk meningkatkan dan memperbaiki keterampilan dalam bersosial. Semoga bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan mampu meraih hasil yang baik yaitu komunikasi dan interaksi sosial yang lebih positif.