Tuesday, October 28, 2014

9 Tips Ampuh Promosi Blog Secara Offline

blog, promosi, offline

Salah satu kunci sukses dalam sebuah blog adalah mempromosikan blog tersebut ke berbagai situs terkenal di internet atau disebut dengan promosi online. Aktivitas promosi blog secara online bisa dilakukan dengan cara gratis dan berbayar.

Promosi online blog secara gratis yang sering dilakukan oleh para blogger adalah diantaranya melalui forum online, sosial media, email, situs iklan baris, situs sosial bookmark, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk promosi online yang berbayar, anda bisa memasang iklan dengan basis per klik atau per periode di situs-situs yang populer dan banyak pengunjungnya. 

Sebagian blogger berpikir bahwa mempromosikan blog yang baik hanya dilakukan secara online saja. Jika hal itu terjadi, maka itu adalah kesalahan terbesar. Jangan melupakan dunia nyata hanya karena blog yang anda bangun hanya bisa tayang di internet atau dunia maya.

Sebenarnya banyak sekali jenis promosi offline yang bisa dilakukan sebagai upaya anda memperkenalkan blog anda kepada orang banyak.

Berikut beberapa jenis promosi offline yang bagus untuk anda coba sehingga blog anda menjadi terkenal tidak hanya di dunia maya melainkan juga di dunia nyata.

1. Kartu Nama

Selain sebagai alat promosi, kartu nama ini bisa dianggap sebagai salah satu ciri profesionalitas anda. Sehingga ketika anda memberikan kartu nama, maka orang lain yakin dengan profesi anda.

2. Stiker

Stiker sering juga digunakan untuk alat promosi, yang bisa ditempel dimanapun, biasanya di dinding, kaca mobil, dan lainnya.

3. Kaos

Jika anda suka dengan fashion, maka promosi blog melalui kaos ini patut anda coba. Ketika anda bertemu teman atau sahabat, secara tidak sengaja mereka akan membaca alamat blog anda yang ada di kaos tersebut.

4. Mug

Mug atau gelas adalah alat yang sering orang gunakan setiap hari untuk minum air. Oleh karena itu, ini merupakan kesempatan untuk mempromosikan blog anda di permukaan luar mug tersebut.

5. Mulut ke Mulut

Berinteraksi dengan orang lain merupakan kegiatan rutin dari pagi hingga malam. Jangan lupa untuk beberapa kalimat mengambil kesempatan untuk mempromosikan blog anda kepada orang lain.

6. Brosur

Brosur bisa juga anda buat untuk mempromosikan blog anda. Ukurannya yang lebih besar dibanding kartu nama bisa memberikan anda ruang lebih banyak untuk menyampaikan informasi pada brosur.

7. Spanduk

Dengan spanduk anda bisa berpeluang besar blog anda dikenal banyak orang karena ukuran tulisan yang ada di spanduk bisa dibaca secara jelas dari jarak jauh.

8. Pin

Aksesoris yang berbentuk bulat dan bisa disematkan di baju, tas dan lainnya ini merupakan alat promosi yang unik dan menarik. Promosi melalui pin ini baik untuk dicoba karena perusahaan besar biasanya sudah mulai menggunakan cara ini untuk mempromosikan perusahaan dan produknya.

9. Payung

Payung yang biasanya berfungsi sebagai pelindung kita dari terik dan panasnya sinar matahari serta hujan. Payung bisa juga dimanfaatkan sebagai alat promosi blog anda dengan membuat cetakan sablon bertuliskan alamat blog anda pada kain payung tersebut.

Dari tips diatas tentu anda menyadari bahwa promosi offline tidak kalah pentingnya dibanding dengan promosi online untuk blog anda. Semoga jenis promosi offline diatas bisa membantu anda dalam mempromosikan blog dan mendongkrak popularitas blog. Selamat mencoba.