sweater rajut pria terbaru

6 Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis Agar Tidak Mengelupas


Sepatu merupakan salah satu fashion item yang sering dijadikan koleksi. Hal ini juga tidak lepas dari penggunaan sepatu yang memang diwajibkan dalam bermacam-macam acara, mulai dari sekolah hingga pekerjaan.

Bahannya pun juga turut menyesuaikan, misalnya sepatu olahraga biasanya dari Nylon, sepatu harian biasanya dari kanvas, hingga sepatu formal yang biasanya dari bahan kulit sintetis.

Namun entah itu dari bahan apa, sepatu memang rentan rusak, misalnya mengelupas. Apalagi jika bahan sepatu tersebut dari kulit sintetis. Bahan yang menyerupai kulit asli ini memang membutuhkan perawatan yang sedikit kompleks agar kualitasnya terjaga. Selain dikarenakan terkena sinar UV dari matahari, kelembaban dan faktor mekanis juga turut mempengaruhi pengelupasan sepatu.

Untuk itu, dibutuhkan beberapa kiat khusus yang tidak sembarang orang ketahui. Tentunya kamu tidak mau jika sepatumu rusak dan mengurangi penampilan bergayamu, atau bahkan yang lebih buruknya, sepatu tidak bisa digunakan lagi. Nah… mari simak tips-tips berikut ini agar kamu mengerti bagaimana cara merawat sepatu kulit sintesis agar tidak mengelupas. Check this out!

1. Simpan di Tempat yang Baik
Tempat yang baik bagi sepatu sintetis adalah terhindar dari sinar matahari namun juga tidak begitu lembab agar tidak tumbuh jamur.

2. Simpan di Ruang yang Cukup
Salah satu kesalahan dalam menyimpan sepatu adalah menumpuknya. Padahal harus diingat, sepatu harus disimpan di ruang yang cukup lega agar sirkulasi udara di dalam sepatu berlangsung baik. Menumpuk sepatu juga akan membuat lapisannya mudah tergores hingga bisa mengelupas. Dan yang paling utama, jangan pernah membungkus sepatu dengan plastik. Cukup simpan di tempat yang terhindar dari debu agar sepatu tetap bersih.

3. Bersihkan dengan Lap atau Sikat
Jangan pernah membersihkan sepatu berbahan kulit sintetis dengan detergen. Hal ini akan semakin mempercepat pengelupasan. Bersihkan saja sepatu dengan sikat nylon dengan tingkat medium atau lap basah dari microfiber. Menyikatnya pun juga harus satu arah. Jika noda belum hilang, gunakan sedikit baby oil untuk mengangkatnya. Jangan khawatir dengan efeknya karena faktanya Baby oil dapat menjaga keawetan sepatu.

4. Taruh Silica Gel di Tempat Penyimpanan
Silica gel sering digunakan untuk menjaga keawetan sepatu kulit. Kamu bisa menaruh silica gel di dalam tempat penyimpanan atau kotak sepatu.

5. Jangan Memakai Sepatu dalam Keadaan Basah
Biasanya meski sedang terjebak hujan dan kondisi sepatu basah kuyup, kita tetap akan menggunakannya. Hal ini sangat salah dan tidak dianjurkan lantaran menggunakan sepatu dalam kondisi basah dapat mempercepat kerusakan. Air membuat bahan sintetis mengembang hingga mempermudah pengelupasan.

6. Gunakan Semir yang Tepat
Menggunakan semir sepatu yang berkualitas rendah untuk bahan sintetis juga dapat membantu percepatan pengelupasan. Untuk itu, gunakan semir yang baik dan cocok untuk sepatumu. Biasanya semir sepatu kulit sintetis yang baik terbuat dari minyak biji rami, lilin lebah madu, hingga minyak pinus.

Demikianlah 6 cara merawat sepatu kulit sintetis agar tidak cepat mengelupas. Bagaimana? Mudah, bukan?

Sepatu memang harus dirawat dengan baik demi penampilan yang maksimal. memperhatikan perawatan kulit sepatu agar awet merupakan salah satu bentuk kepedulianmu dengan barang yang kamu miliki.

Meski kamu bisa membelinya dengan mudah, namun jika tidak dirawat, tentunya barang tersebut akan cepat rusak dan tidak efisien sama sekali. Selamat mencoba!
manfaat jalan pagi

Popular posts from this blog

Agar Nutrisi Harianmu Terpenuhi, Konsumsi 7 Makanan Berkadar Air Tinggi Ini

Mau Buang Air Besar Tetap Lancar? Coba 5 Makanan Ini

Mau Otak Sehat? Lakukan Ini Pada Otot Kaki

Lima Manfaat Menakjubkan Buah Nanas, Salah Satunya Bisa Cegah Asma

Pria, Ini Cara Cepat dan Mudah Menumbuhkan Jenggot

VIVA