Wednesday, October 15, 2014

Fakta Tak Terbantahkan Tentang Kematian

kematian, mati

Kematian merupakan hal yang selalu bisa lihat di sekitar, mulai dari kematian hewan, manusia, tumbuhan dan lainnya. Disamping kehidupan, selalu ada kematian. Hal ini tidak dapat dipisahkan dari dunia ini. Kehidupan hanya sementara kemudian berganti kepada kematian.

Sebagian orang takut akan kematian. Mungkin dikarenakan akan berpisah dengan keluarga, harta, jabatan dan segala hal yang disenanginya di dunia. Namun, ketakutan akan kematian semestinya tidak menjadi alasan manusia. Karena kematian telah menjadi ketetapan absolut dari Tuhan.

Ada beberapa fakta yang tidak terbantahkan tentang kematian disini agar kita sebagai manusia lebih memahami kehidupan di dunia yang diantaranya sebagai berikut:

1. Tidak ada yang tahu kapan waktu kematian

Kematian memang sesuatu yang misterius kapan waktu datangnya. Kematian bisa saja datang ketika orang berusia bayi, remaja, dewasa ataupun tua renta. Bahkan ketika dalam kondisi sehat bugar, seseorang bisa saja menemui kematian.

2. Tidak ada yang tahu dimana tempatnya kematian

Kematian manusia bisa terjadi di berbagai tempat. Tidak ada tempat yang aman untuk bersembunyi dari datangnya kematian.

3. Tidak ada yang tahu bagaimana kematiannya terjadi

Proses terjadinya kematian sangat bermacam-macam, mulai dari yang paling mengenaskan seperti kecelakaan hingga yang paling halus, ketika dalam keadaan tidur.

4. Tidak ada yang tahu rasanya

Seseorang tidak akan tahu bagaimana dia merasakan proses kematiannya. Apakah terasa menyakitkan atau malah tidak terasa sama sekali.

5. Semua akan kembali ke tanah

Manusia diciptakan dari tanah, sehingga dipastikan akan kembali ke tanah juga. Yaitu dikuburkan ke dalam tanah. Tidak peduli apakah dia orang kaya, miskin, pria, wanita, dan lainnya.

6. Harta tidak diikutsertakan

Ketika kematian datang dan seseorang dikubur ke dalam tanah, maka harta tidak ada guna dan tidak disertakan bersama jenazah.

7. Sendiri dalam kubur

Ketika berada dalam kubur, setiap manusia harus mempertanggungjawabkan atas apa yang dia lakukan selama di dunia. Tidak ada teman atau keluarga lagi ketika berada didalam kubur

8. Tidak tahu apa yang dirasakan setelah kematian

Setelah kematian dan dikubur, setiap orang tidak mengetahui apa nanti yang akan dirasakan. Apakah merasakan kenikmatan atau kesengsaraan.

Sungguh misterius hal apapun yang berkaitan tentang kematian. Oleh karenanya, kita bisa selalu dan berusaha untuk mengingat kematian, agar kita bisa selalu berusaha untuk berbuat kebaikan di dunia ini.

9. Waktu kematian tidak bisa ditunda atau didahulukan

Ketetapan waktu kematian setiap orang tidak bisa ditawar lagi. Kematian makhluk hidup tidak dapat dipercepat ataupun ditunda walaupun sesaat.

Semoga fakta-fakta diatas bisa bermanfaat bagi kita semua.