Friday, November 21, 2014

5 Cara Unik dalam Menabung


Kebiasaan menabung merupakan hal yang baik untuk digalakkan oleh setiap orang agar bisa menyiapkan masa depan finansial dengan sebaik-baiknya. Menabung juga bermanfaat agar kita bisa mengendalikan uang secara baik untuk hal-hal berguna.

Dengan meningkatnya kebutuhan hidup, kadang kala seseorang tidak bisa menerapkan cara ini, sehingga uang yang dimiliki bisa habis hanya untuk hal yang konsumtif. Sebenarnya jika kita pandai melihat peluang yang ada di sekitar. Kita bisa saja menerapkan kebiasaan menabung. Caranya adalah mengkombinasikan uang dan barang.

Yang diperlukan disini adalah niat, komitmen dan disiplin yang kuat dalam menabung. Agar cita-cita baik dari menabung bisa terwujudkan. Berikut beberapa cara unik dalam menabung:

1. Sisihkan berapa pun uang ingin Anda tabung setiap hari. Rutinitas harian akan membuat Anda selalu ingat akan hal penting dalam hidup. Termasuk salah satunya adalah menabung. Tidak peduli seberapa besar atau kecil uang yang bisa Anda tabung setiap harinya. Misalnya Rp. 1.000 atau Rp. 5.000 pun bisa Anda tabung, tidak masalah. Yang penting Anda telah merencanakan dan menyiapkan masa depan keuangan Anda.

2. Ubah barang bekas menjadi uang. Jika Anda punya barang bekas di rumah seperti botol bekas, pakaian bekas, barang mengandung logam. Anda bisa menjualnya ke tukang pengepul barang bekas untuk dijadikan uang. Uangnya bisa Anda tabungkan.

3. Ubah barang bekas menjadi barang daur ulang. Cara lain memanfaatkan barang bekas adalah mendaur ulangnya menjadi produk berguna. Misalnya, botol plastik bisa dijadikan wadah tabungan, tempat pensil, pot bunga dan lain-lain. Anda bisa berkreasi dengan barang bekas tersebut dan dijual dengan harga terjangkau oleh masyarakat. Lalu, uang hasil penjualan bisa Anda tabung.

4. Sediakan wadah khusus untuk menaruh uang Anda di rumah. Bisa berupa tas kecil atau besar. Terserah Anda. Tempatkan tas itu di tempat yang menurut Anda aman dan tersembunyi. Selain tas, botol kaca atau plastik bisa menjadi pilihan lain untuk tabungan uang Anda.

5. Buat rencana besar mengapa Anda ingin menabung? Apa yang membuat Anda bersemangat dalam menabung? Apakah Anda punya impian untuk membeli rumah, pergi umroh dan haji, membangun bisnis baru dan lain sebagainya. Dengan mempunyai rencana besar, Anda akan bisa fokus terus menerus dalam menabung agar nanti mencapai hasil yang maksimal.

Nah, dengan cara yang telah disampaikan diatas, diharapkan kita semua bisa segera menabung untuk mempersiapkan perencanaan keuangan untuk hal-hal terbaik di masa depan. Selalu gunakan uang Anda secara bijaksana. Selamat mencoba.