Wednesday, November 12, 2014

Inilah Solusi Mudah Atasi Banjir


Banjir yang selalu hadir "menyapa" di berbagai daerah merupakan hal yang menjadi permasalahan penting untuk dijadikan pemikiran kita bersama. Bencana banjir ini berdampak besar bagi kehidupan kita, merusak lingkungan hidup, menimbulkan bibit penyakit, dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebenarnya banjir bisa diantisipasi sedini mungkin, asalkan kita sebagai bagian masyarakat mau atas dasar kesadaran yang tinggi akan kebersihan lingkungan. Kita ketahui bersama, beberapa hal yang menyebabkan banjir adalah bertebarannya sampah secara sembarangan, saluran air yang kurang atau tersumbat, kurangnya tumbuhan atau pepohonan.

Seandainya saat ini kita bisa memulai dan membudayakan kegiatan positif ini seperti misalnya setiap rumah di Indonesia mulai melakukan kebiasaan bersih mulai dari membuang sampah pada tempatnya, menanam minimal 1 pohon, membuat atau membersihkan saluran air atau selokan agar aliran air tetap lancar. Peluang untuk meminimalisir air hujan yang menyebabkan banjir bisa lebih besar. Sehingga dampak negatif dari adanya banjir seperti penyakit, rusaknya lahan produktif dan sebagainya bisa dikurangi.

Kita sebagai manusia yang menjadi khalifah di bumi, sebaiknya selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih, tidak merusaknya secara semena-mena seperti contoh menebang pohon, membuang sampah sembarangan, kurang atau buruknya saluran air, dan hal lainnya yang bisa menjadi penyebab semakin besarnya banjir.

Semoga apa yang disampaikan disini bisa menjadi suatu motivasi bagi kita semua untuk lebih sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari lebih jauh lagi. Sehingga kita bisa hidup tentram, sehat dan bisa beraktivitas seperti biasanya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.