Friday, January 30, 2015

23 Tips Merawat Baju Supaya Awet dan Terlihat Baru

 23 Tips Merawat Baju Anda

Tips Cara Merawat Baju Pakaian

Setiap orang selalu perlu baju pakaian dalam kesehariannya. Karena itu sudah merupakan kebutuhan pokok dan mendasar dalam kehidupan manusia. Bagaimana jadinya jika kita beraktivitas tanpa pakaian? Pasti memalukan. Pakaian sangat sering digunakan setiap orang pada saat tertentu, apakah itu ketika mau pergi ke kantor, sekolah, kampus, dan sebagainya. Disamping itu juga, berfungsi melindungi tubuh dari suhu panas, dingin, lembab, sinar matahari, angin dan lainnya

Berapa banyak sudah pakaian atau baju yang sudah kita miliki dan pakai selama kurun waktu tertentu. Lemari baju kita pasti sudah penuh dengan pakaian. Ada yang sudah pudar warnanya, sobek, bahkan rusak sama sekali.

Meskipun kita sudah sering membeli dan menggunakan pakaian setiap hari. Sebagian besar orang banyak yang belum mengerti bagaimana cara merawat baju yang baik dan benar. Agar nanti pakaian menjadi awet dan tahan lama. Tentu saja ada cara-cara khusus untuk merawat pakaian. Tidak bisa asal-asalan. Apabila kita tidak peduli cara bagaimana merawat baju dan pakaian kita dengan baik, maka bisa ditebak dengan mudah, pakaian tersebut akan mudah pudar, rusak dan tidak layak pakai.

Sehubungan dengan pakaian adalah hal utama yang digunakan orang setiap waktu. Maka tentunya kita juga harus memperhatikan pakaian yang kita punyai. Pakaian atau baju pun perlu perawatan dan perhatian khusus dari sang pemilik dan pemakainya yaitu kita sendiri.

Sama seperti hal lainnya, bahwa cara merawat baju juga perlu keterampilan khusus. Namun, jangan khawatir. Ini tidak sesulit yang Anda bayangkan. Tips ini mudah dipelajari bagi Anda yang benar-benar ingin memiliki baju pakaian yang terawat.

Ada hal yang perlu menjadi fokus pembahasan dalam menjagak baju pakaian agar awet adalah dengan mengetahui lebih jauh apa jenis kain dari pakaian tersebut. Begitu banyak jenis atau bahan pakaian yang tersedia di pasaran. Selanjutnya, kita harus perlu membaca panduan pada label baju bagaimana cara terbaik metode pencucian serta cara menyetrikanya.

Dibawah ini ada 23 tips penting yang bisa Anda ikuti agar bisa merawat baju pakaian Anda lebih tahan lama dan terlihat seperti baju baru.

1. Setiap pakaian biasanya ada perbedaan dalam teknik mencuci. Apakah pakaian tersebut boleh dicuci menggunakan air biasa, air hangat atau tanpa air yang bisa diartikan Anda wajib menyerahkannya kepada jasa pencucian dry cleaning.

2. Apakah Anda punya pakaian dengan warna yang beragam? Mulai dari warna putih, hitam, biru, merah, hijau dan sebagainya. Ya, bisa dipastikan Anda memiliki baju dengan aneka warna. Pada saat mencuci biasakan untuk memisahkan pakaian putih dengan yang berwarna. Dahulukan yang berwarna putih, terang dan kemudian gelap.

3. Pisahkan pakaian yang punya kadar kekotoran yang berbeda. Agar tidak mempengaruhi pakaian yang lainnya, mungkin yang lebih rendah tingkat kekotorannya.

4. Selalu perhatikan pakaian berjenis kain yang dilarang menggunakan mesin cuci. Ini bermanfaat untuk menghindari kerusakan pada bahan pakaian.

5. Pilih dengan cermat deterjen atau sabun khusus mencuci yang akan dipakai. Apakah aman untuk kulit Anda atau tidak.

6. Setelah pencucian, pakailah cairan softener atau pelembut agar baju yang Anda cuci menjadi wangi dan terasa lembut.

7. Jemurlah baju Anda menggunakan gantungan baju atau hanger agar bentuk pakaian tetap baik.

8. Jika pakaian Anda berjenis bahan dari kaos, tidak disarankan menggunakan hanger karena dapat membuat melar baju kaos Anda. Khususnya di daerah leher kaos.

9. Baliklah baju Anda ketika hendak menjemur. Bagian dalam yang dibalik keluar. Tujuannya adalah agar mengurangi cepat pudarnya warna pada baju pakaian pada saat disinari matahari.

10. Menyetrika adalah saat yang penting juga agar pakaian licin dan rapi. Perhatikan sebelum Anda menyetrika pakaian. Pastikan bajunya sudah kering 100%.

11. Anda juga bisa menyemprotkan cairan pelicin pada baju pakaian sebelum menyetrika dengan syarat itu tidak merusak pakaian.

12. Perhatikan suhu setrika agar tidak merusak pakaian.

13. Setelah selesai disetrika, baju Anda yang sudah rapi dan harum tersebut bisa Anda simpan di lemari pakaian dengan kondisi tertutup rapat agar tidak terkena debu dan kotoran.

14. Perhatikan isi lemari pakaian Anda. Susunlah pakaian Anda disana dengan rapi. Gantunglah baju Anda yang memang cocok untuk digantung. Begitu juga sebaliknya, ada sebagian baju Anda yang hanya cocok untuk dilipat saja.

15. Apabila Anda punya baju yang berharga mahal. Sebaiknya jangan terlalu sering dipakai.

16. Gunakan pakaian yang khusus digunakan untuk aktivitas luar rumah dan di dalam rumah.

17. Pakaian hendaknya tidak terlalu sering dicuci agar tidak cepat merusak bahan baju dan memudarkan warnanya. Tunda dulu mencuci pakaian jika kondisinya masih tidak terlalu kotor atau berbau. Apalagi bahan pakaian dengan tingkat ketebalan yang tinggi misalnya jaket dan jeans.

18. Jemurlah pakaian dibawah terik matahari dalam waktu sekitar 2 sampai 3 jam.

19. Gunakanlah pemutih pakaian yang bersifat ramah terhadap lingkungan. Pemutih yang banyak dijual di pasaran bersifat racun untuk kita manusia serta lingkungan. Dampak buruk untuk pakaian Anda adalah menipisnya kain pakaian. Apakah Anda tahu, ada alternatif lain yang bisa menjadi pemutih pakaian. Rendamlah baju Anda pada air panas yang dicampurkan dengan baking soda.

20. Jika Anda memaka mesin cuci. Tutup retsleting dengan rapat celana atau jaket supaya tidak terjadi kerusakan pada saat dicuci di mesin cuci.

21. Pengeringan baju yang baru saja dicuci dibawah panas matahari akan lebih aman jika dibandingkan Anda menggunakan alat pengering baju.

22. Apabila terjadi kerusakan pada baju pakaian Anda. Segeralah untuk memperbaikinya. Misalnya adalah retsleting yang rusak, kancing baju yang hilang atau patah, kain yang sobek.

23. Waspada terhadap benda-benda di sekeliling Anda. Pakaian bisa menjadi rusak bisa saja terjadi karena benda tajam. Seperti baju yang tergores kayu, paku, kawat, atau benda kasar yang mengenai tubuh dan baju Anda. Cairan kimia juga dapat menyebabkan pakaian menjadi pudar warnanya seperti deodorant, parfum, dan bahkan hingga keringat Anda sendiri.

Begitu banyak tips yang bisa kita lakukan agar bisa mengetahui cara merawat baju dengan sebaik-baiknya. Semoga tips merawat pakaian ini akan terus berguna dalam jangka panjang bagi Anda, dan keluarga seluruhnya untuk menemukan cara terbaik dalam perawatan pakaian. Semoga bermanfaat.