Friday, January 16, 2015

Tips Sukses Berprestasi Untuk Pelajar dan Mahasiswa


Pendidikan sangat diperlukan bagi siapapun. Dengan semakin modernnya ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut setiap orang harus terus menerus belajar berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang bisa membantu dan menunjang kehidupan mereka saat ini dan di masa depan.

Tantangan zaman sekarang bisa dikatakan lebih berat dibanding zaman dulu. Sekarang permasalahan semakin rumit. Setiap orang selalu punya kesibukan dan masalahnya sendiri. Tentu perlu modal ilmu yang cukup untuk mampu mengelola dan menyelesaikan masalah yang ada.

Sudah berapakah kita belajar tentang berbagai ilmu pengetahuan? Berapa lama kita belajar itu? Ya, tiap orang berbeda-beda pastinya. Disini saya akan berbagi tips khusus Anda yang masih pelajar dan juga mahasiswa. Bagaimana sih supaya bisa sukses sebagai pelajar atau mahasiswa. Sukses yang ditandai dengan prestasi terbaik dan ilmu yang didapat bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mungkin sebagai pelajar atau mahasiswa, banyak yang tergerak untuk masuk ke sekolah atau kampus universitas. Apa sih tujuannya? Pertanyaannya klise nih. Ya, untuk belajar lah. Masa mau tidur. Oke, kalau itu tujuannya, saya harus mengakuinya itu adalah benar.

Setiap orang yang berstatus pelajar atau mahasiswa tentu berniat ingin menimba ilmu atau belajar. Tetapi yang menjadi permasalahannya adalah seberapa besar kekuatan motivasi dan niatnya untuk belajar sungguh-sungguh.

Saya bisa memperkirakan adalah setiap orang berbeda-beda. Ada yang rajin dan ada juga yang malas-malasan. Nah, dengan adanya hal seperti itu Anda sebagai pelajar atau mahasiswa tahu betul bagaimana arah tujuan dari sekolah tersebut. Tujuannya adalah menimba ilmu, belajar sesuatu yang bermanfaat untuk kehidupan, menerapkan ilmu untuk hal positif dan sebagainya.

Anda yang sekarang berstatus pelajar atau mahasiswa pasti melibatkan orang tua atau keluarga dalam hal biaya pendidikan. Bisa dipastikan tidak sedikit uang yang dikeluarkan. Berkaitan dengan itu, seharusnya setiap pelajar atau mahasiswa untuk memotivasi dirinya sendiri agar bisa meraih prestasi terbaik dalam proses pendidikannya selama bertahun-tahun. Kenapa? Agar orang tua yang telah susah payah membiayai anaknya sekolah atau kuliah bisa bahagia. Artinya ada hasil yang sepadan atau melebihi harapan dari orang tua agar anaknya berprestasi dan pintar.


Usia muda atau remaja adalah usia yang paling baik dan merupakan kesempatan emas untuk menimba ilmu. Jadi, di masa inilah buat Anda sebagai pelajar dan mahasiswa untuk berjuang dan berusaha secara serius untuk menyerap ilmu yang diberikan oleh guru atau dosen. Selalu semangat ketika pergi dan pulang sekolah atau kuliah. Ya, karena Anda adalah pelajar atau mahasiswa yang ingin serius belajar, ingin serius bisa dan terampil dalam bidang-bidang ilmu yang dipelajari di sekolah.

Ilmu yang dipelajari pasti berguna suatu saat nanti. Entah kapan waktunya. Ilmu lah yang lebih berharga daripada harta. Ilmu memang tidak wujud nyata, tapi punya kegunaan yang tinggi. Tidak akan habis jika dipakai. Sangat berbeda dengan harta benda, yang ada wujudnya, harus ada tempat atau ruangan untuk menyimpannya, serta bisa rusak atau habis jika dipakai terus-menerus.

Kesimpulannya adalah bahwa sebagai pelajar atau mahasiswa itu merupakan status yang serius, bukan main-main. Tidak boleh santai, berleha-leha. Ingatlah, waktu terus berjalan. Manfaatkanlah kesempatan belajar Anda menjadi momentum tepat dan berharga dalam kehidupan Anda. Meraih kesuksesan dimulai hari ini, belajarlah dengan semangat, fokus pada apa yang menjadi target Anda hari ini sebagai pelajar atau mahasiswa yaitu prestasi terbaik dan pemanfaatan ilmu yang didapat untuk orang banyak.

Dengan begitu, pelajar atau mahasiswa punya arah dan tujuan jelas. Tidak akan terpengaruh dengan hal-hal atau kegiatan yang bisa menghambat proses belajar. Seperti jalan-jalan, nongkrong, dan lain sebagainya. Hentikan itu semua, itu adalah hal sia-sia. Lebih baik saat ini Anda fokus dan konsentrasi pada program pendidikan. Sekian terima kasih. Terus semangat belajar, anak Indonesia.