Monday, February 2, 2015

10 Rahasia Ampuh Menjadi Orang Unik dan Berbeda


Setiap orang mempunyai karakter dan keterampilan yang berbeda-beda. Tida bisa dipungkiri bahwa jika Anda pernah melihat orang yang luar biasa. Itulah keunikan yang membuat orang tersebut berbeda dari yang lain. Meskipun tidak bisa kita hindari, orang juga punya beberapa kekurangan.

Diantara teman dekat atau bagi Anda yang sedang berada dalam lingkungan kerja atau akademi. Anda mungkin terlihat sama dengan teman-teman Anda yang lain. Mengapa? Itu disebabkan Anda berada dalam lingkungan yang sama.

Jika Anda terlihat sama, maka tentukanlah sekarang juga bagaimana Anda menjadi unik, berbeda, dan bisa unggul di dalam lingkungan yang sedang Anda tempati saat ini. Berikut 10 tips hebat agar Anda bisa menjadi seseorang yang berbeda, unik dan bisa menjadi perhatian positif bagi orang-orang di sekitar Anda.

1.  Selalu tumbuhkan perilaku dan sikap energik dibanding rekan Anda yang lain. Ini bisa memberikan dampak positif bagi Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Teman Anda akan melihatnya seperti sebuah energi dan semangat baru setiap hari. Itu juga dapat memberikan efek menggembirakan buat teman Anda. Mereka merasakan ada yang bisa memberikan kepercayaan diri baru.

2. Aktif disaat orang lain diam. Kantor tempat Anda dan teman Anda bekerja suatu saat ada waktu kosong tanpa ada kesibukan pekerjaan. Buatlah diri Anda selalu aktif, ajak teman Anda untuk ikut serta. Karena seseorang yang hanya diam saja, tidak akan bisa berpikir terbuka terhadap apa yang terjadi di lingkungannya.

3. Utarakan hobi dan keterampilan Anda ke teman Anda. Saat berbincang santai dengan teman Anda di kantor. Anda selipkan saja apa hobi dan keterampilan yang biasa dan bisa Anda lakukan. Ceritakan betapa asyik dan menariknya hal tersebut kepada teman Anda. Sesekali tunjukkan hasil karya Anda. Hal ini bisa membuat teman Anda dan orang lain mulai tertarik dengan apa yang Anda telah lakukan.

4. Sering menulis catatan rencana. Dalam menjalani hidup ini, pasti ada rencana kecil dan besar yang harus Anda lakukan. Sebagian orang akan merasa malas akan kegiatan ini. Tapi Anda adalah orang yang termasuk melakukannya. Apa yang Anda rencanak untuk waktu ke depan. Membuat Anda lebih percaya diri, optimis akan hari esok. Kegiatan Anda menjadi lebih teratur, tidak akan ada yang terlupakan atau gagal dilakukan.

5. Bangun komunikasi lebih intens dengan rekan-rekan Anda. Sibuk dengan pekerjaan bukan berarti Anda tidak bisa menyempatkan diri berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitar Anda. Ini akan lebih memperkenalkan diri Anda kepada rekan-rekan Anda di kantor. Mereka merasa lebih dekat dengan Anda sebagai partner kerja yang baik dan ramah.

6. Selalu menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan rapi. Bukan hal yang asing bagi Anda. Apapun profesi Anda, Anda akan tetap diharuskan menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan hasil yang memuaskan. Jika Anda mampu melakukan hal ini lebih baik dibanding rekan-rekan kerja Anda. Maka bersiaplah menjadi unik dan berbeda.

7. Ajaklah teman Anda kepada kegiatan positif. Teman Anda akan senang jika Anda memulai ajakan untuk sesuatu yang positif. Contoh yang kecil adalah seperti mengajak dia berolahraga, berdiskusi tentang pemecahan masalah, atau mungkin mengajak dia membangun bisnis kecil-kecilan yang bisa Anda dan teman Anda kelola bersama. Bukankah ini sesuatu yang menyenangkan orang lain?

8. Jadilah pendengar yang baik dan penasehat bagi teman Anda. Mungkin sebagian orang, merasa sulit atau tidak ada waktu untuk mendengarkan masalah orang lain. Jika Anda punya teman yang sedang merasakan kesedihan karena masalah yang ditimpanya. Datanglah sebagai teman dan pendengar yang baik baginya. Berikan nasehat terbaik buat dia. Kita pasti menginginkan bahwa menjadi teman dan pendengar yang baik adalah sesuatu yang luar biasa dan sangat diperlukan banyak orang. Berusahalah untuk menjadi seperti itu dimanapun Anda berada.

9. Jadilah penolong lebih dulu dibanding orang lain. Pernahkah Anda memberikan bantuan lebih cepat dibanding yang lain? Ketika orang lain tertimpa masalah atau musibah. Segeralah Anda memberikan bantuan kepada orang itu agar orang yang tertimpa masalah juga segera berkurang beban masalahnya. Ini bisa membuat orang tersebut merasa tenang karena Anda menjadi penolong dan mau membantu orang tersebut. Diharapkan ada orang lain dibelakang Anda juga ikut menolong.

10. Fokus pada apa yang Anda impikan. Fokus adalah salah satu kunci sukses Anda untuk mencapai sesuatu. Sangat sulit memang untuk bisa fokus dalam waktu yang lama. Tapi cobalah lakukan ini untuk selalu menempuh perjalanan menuju impian Anda. Bisa saja Anda sampai lebih dulu dibanding orang lain yang serupa tujuannya dengan Anda. Karena disebabkan Anda bisa lebih fokus dan konsentrasi dibanding yang lainnya.

Demikianlah 10 tips yang bisa Anda coba dan terapkan dalam hidup Anda agar bisa menjadi orang yang unik dan berbeda. Mampu memberikan perubahan positif di lingkungan tempat Anda berada. Semoga tips menjadi unik dan berbeda ini bisa menunjang kualitas hidup Anda.