Monday, March 16, 2015

Tips Bertransaksi Aman Internet Banking


Dunia perbankan pada masa modern sekarang ini sangat memudahkan bagi para nasabah untuk melakukan transaksi. Beberapa jenis pembayaran yang dulu hanya bisa diterapkan secara langsung atau tatap muka, sekarang bisa dengan cepat dan praktis dibayarkan dengan hanya mengakses dari smartphone atau laptop yang terkoneksi internet tanpa perlu datang ke bank. Transaksi pembayaran via internet ini biasa disebut dengan internet banking.

Internet banking secara umum memang bisa memanjakan penggunanya untuk bertransaksi. Tapi dibalik itu internet banking bisa jadi masalah tersendiri. Rekening Anda bisa saja hilang tanpa sepengetahuan Anda. Ketika Anda tidak menggunakan dan menjaga data rahasia dengan baik. Lalu, bagaimana agar akun internet banking Anda menjadi aman dan tidak diganggu oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab? Simak beberapa tips berikut untuk keamanan dan kenyamanan Anda bertransaksi perbankan secara online

1. Ganti password Internet Banking dan PIN e-Secure Anda secara berkala dengan kombinasi yang unik dan sulit diketahui oleh orang lain.

2. Lindungi komputer Anda dengan anti virus terupdate untuk mencegah terinfeksinya komputer Anda dengan virus, malware, spyware, ataupun bentuk aplikasi-aplikasi lainnya yang dapat merugikan Anda.

3. Selalu update internet browser yang Anda gunakan dalam bertransaksi Internet Banking.

4. Hindari menyimpan password Internet Banking di komputer Anda maupun melalui fasilitas pengingat password yang ada pada internet browser.

5. Jangan meminjamkan, memindahtangankan e-Secure/m-Secure serta memberitahukan PIN e-Secure/m-Secure Anda ke pihak lain, termasuk ke petugas Bank.

6. Pastikan Anda mengakses Internet Banking melalui alamat resmi situs Internet Banking dan klik login atau langsung ke halaman login Internet Banking.

7. Pastikan bahwa pada internet browser Anda terdapat gambar gembok/kunci yang mengindikasikan bahwa halaman yang Anda akses saat ini dienkripsi dengan menggunakan SSL. Jika Anda tidak melihat gambar gembok/ kunci, dimohon Anda untuk logout.

8. Waspada upaya penipuan dari oknum yang mengatasnamakan sebagai petugas bank melalui telepon, faks atau email, yang menanyakan data pribadi termasuk PIN Internet Banking dan PIN e-Secure/m-Secure. Karena petugas bank tidak akan meminta atau menanyakan nomor PIN Anda.

9. Pastikan Anda telah logout saat meninggalkan komputer Anda meskipun hanya sesaat.

10. Hindari untuk mengakses Internet Banking di warnet atau jaringan atau komputer yang tidak dapat dipastikan keamanannya.

Demikian tips yang bisa Anda lakukan ketika melakukan aktivitas internet banking agar rekening bank Anda tetap aman dan terhindar dari tangan yang tidak bertanggung jawab. Sehingga kegiatan perbankan Anda akan berjalan lancar dan baik ke depannya. Semoga bermanfaat.