Wednesday, May 20, 2015

12 Cara Mengobati Sariawan dengan Tepat dan Mudah


Sariawan merupakan penyakit yang sering dialami orang banyak yaitu pada bagian mulut yang berbentuk luka, dengan cekungan berwarna bercak putih. Luka sariawan ini walaupun hanya sedikit namun rasa sakitnya bisa dianggap membuat menderita orang yang sedang mengalaminya

Sariawan bisa mengganggu seseorang ketika sedang berbicara, minum, dan makan. Sakit pada saat sariawan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari yang menyebabkan seseorang menderita selama beberapa hari bahkan berbulan-bulan.

Seseorang yang menderita sariawan diantaranya akan mengakibatkan orang tersebut malas berbicara, malas minum, dan malas makan. Timbulnya sariawan biasanya berada di bagian dalam bibir, lidah, bagian dasar mulut, dan sering juga terdapat di langit-langit pada mulut dan bagian gusi.

Penyakit sariawan ini terjadi karena berbagai sebab, penyebab secara umum terjadinya sariawan adalah sebagai berikut dibawah ini:

1. Penyakit sariawan bisa dialami karena kekurangan nutrisi misalnya zat besi, vitamin C dan vitamin B12.

2. Mungkin Anda pernah mengalami bibir atau lidah yang tergigit secara tidak sengaja. Itulah salah awal yang menjadi penyebab terjadinya sariawan. Karena setelah tergigit, bibir atau lidah akan mengalami luka kecil.

3. Bagi Anda yang suka dengan makanan rasa pedas dan panas. Ini patut diwaspadai sejak awal. Karena sariawan bisa disebabkan oleh seringnya memakan makanan pedas dan panas. Contoh makanan yang pedas adalah keripik yang  ada rasa pedas, sambal, masakan dari sayur pedas, makanan gorengan seperti tahu goreng, tempe goreng, dan lain sebagainya.

4. Sebab sariawan bisa juga terjadi karena penggunaan produk tertentu yang berkaitan dengan kesehatan. Contohnya pasta gigi atau obat-obatan yang tidak sesuai dengan kondisi mulut. Perhatikan juga jika Anda menggunakan cairan pencuci mulut atau mouthwash. Tidak semua mouthwash cocok untuk Anda gunakan pada mulut Anda. Jadi tetap untuk berhati-hati.

5. Mulut yang tidak bersih bisa menjadi penyebab sariawan. Mulut yang jarang sekali dibersihkan dengan cara menggosok gigi, jarang minum air bening dapat menjadi pemicu terjadinya sariawan. Saat yang paling penting dalam membersihkan mulut dan gigi adalah ketika menjelang kita mau tidur malam hari.

6. Kondisi suhu lingkungan di sekitar juga mempengaruhi kondisi mulut Anda. Apalagi ketika terjadi musim panas. Hal itu sangat rentan terhadap terjadinya penyakit sariawan.

7. Karena virus yang sudah ada didalam tubuh seseorang. Sudah ada beberapa kasus yang menjadi penyebab sariawan adalah adanya demam di bagian kelenjar, penyakit herpes dan juga beberapa jenis penyakit mulut lainnya.

8. Karena bakteri yang tersebar dimana-mana sehingga seorang yang menderita penyakit pada tenggorokan dan penyakit sejenis yang disebabkan karena bakteri jahat.

9. Sariawan disebabkan oleh adanya kondisi pada seseorang yang mengalami sistem kekebalan tubuh yang lemah.

10. Permasalahan pada sistem pencernaan, penurunan kadar vitamin, miacin, riboflavin juga vitamin B12.

11. Kondisi stres, beban pikiran yang berat atau sedang dilanda masalah bisa juga menjadikan sariawan.

Jika Anda sudah mengetahui apa penyebab yang menjadikan Anda menderita sariawan, misalkan Anda beberapa hari atau minggu terakhir sering memakan makanan pedas, maka Anda wajib mengurangi hal tersebut. Kemudian jika Anda pada saat sebelumnya jarang memberikan asupan makanan yang mengandung vitamin C, maka sering-seringlah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Begitu juga dengan beberapa sebab lainnya. Nah, sekarang disini akan dijelaskan dan diberitahukan beberapa tips atau cara mengobati sariawan yang mungkin sudah sering Anda alami. Mari simak tipsnya dibawah ini:

1. Sariawan memang selalu menimbulkan rasa sakit yang menyiksa. Untuk mengurangi rasa sakit pada sariawan, konsumsi obat asam mefenamat atau bisa juga paracetamol. Sebagai pengingat, perhatikan terlebih dulu kadar atau dosisnya. Sehingga tidak menimbulkan efek samping ketika mengkonsumsi obat-obatan tersebut.

2. Membuat sendiri pasta mengandung garam dicampur dengan baking soda. Cara pembuatannya terbilang mudah, dengan mencampurkan baking soda, setelah itu masukkan air sedikit saja. Aduk sebentar, lalu oleskan itu pada luka sariawan di mulut Anda dan tunggulah beberapa menit sekitar 10 sampai 15 menit. Lalu basuh itu dengan air hingga bersih.

3. Minum air kelapa juga bisa berfungsi sebagai pendingin yang berdampak positif pada tenangnya sistem pencernaan kita. Air kelapa biasanya bermanfaat sebagai solusi bagi orang yang sedang dehidrasi. Jadi, air kelapa ini cocok untuk mengatasi atau mengobati sakit sariawan.

4. Peradangan pada sakit sariawan bisa juga diatasi dengan cara membuat pasta yang terdiri dari pisang dan madu. Cara membuatnya adalah haluskan buah pisang, bisa dihaluskan dengan menggunakan alat sendok ataupun diblender. Setelah halus, campurkan madu secukupnya. Lalu oleskan itu pada luka sariawan di mulut atau lidah. Fungsi dari itu semua adalah sebagai pencegahan dari peradangan pada sariawan. Sehingga tidak berlanjut ke arah yang lebih parah.

5. Mengunyah daun jambu biji bisa menjadi obat sariawan. Mungkin kita jarang mengetahui hal ini, karena daun jambu biji sering dikenal orang sebagai obat untuk sakit perut. Cara mengobati sariawan dengan daun jambu biji adalah dengan mengunyah 1 atau 2 lembar daun jambu biji, lalu setelah itu berkumurlah hingga bersih.

6. Apakah Anda sudah tahu bahwa yogurt dapat digunakan sebagai pencegahan juga pengobatan terhadapt sariawan? Yogurt berfungsi sebagai penyeimbang adanya bakteri yang berada di mulut dan juga pada tubuh.

7. Sariawan disebabkan karena kurangnya asupan makanan atau obat yang mengandung zat besi, vitamin B, vitamin C, serta asam folat. Kandungan tersebut sangat baik untuk mencegah dan juga mengobati luka dan sakit pada sariawan. Untuk itulah, Anda harus mengkonsumsi vitamin, zat besi dan asam folat.

8. Memakan jenis buah-buahan yang mengandung kadar vitamin C yang tinggi, seperti misalnya buah jeruk, nanas, tomat dan lain sebagainya. Tujuan dan manfaatnya adalah untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin C di dalam tubuh Anda. Sehingga terhindar dari penyakit, salah satunya sariawan ini.

9. Mengobati sariawan juga Anda bisa lakukan dengan cara menempelkan irisan bawang putih ataupun pepaya pada bagian mulut Anda yang terkena sariawan.

10. Pada saat hendak tidur di malam hari, Anda bisa menerapkan cara pengobatan untuk sariawan dengan mencampurkan minyak kelapa dengan madu, lalu Anda oleskan pada bagian luka sariawan di mulut Anda. Kenapa dengan minyak kelapa? Karena itu berfungsi sebagai anti bakteri, jadi itu sangat bagus untuk obat sariawan.

11. Obat sariawan menggunakan kunyit yang tidak hanya dikenal sebagai bahan untuk bumbu dapur, rempah-rempah, komposisi jamu. Ternyata kunyit juga bermanfaat untuk mengobati sariawan. Selain untuk penyembuhan pada penyakit yang ada di bagian lambung dan pada sistem saluran pencernaan. Untuk Anda yang ingin menyembuhkan sakit sariawan dengan kunyit, caranya mudah yaitu membuat pasta dari kunyit. Langkah awalnya adalah bersihkan kunyit dengan air, haluskan atau tumbuk kunyit tersebut, lalu campurkan kunyit yang sudah dihaluskan itu dengan teh gliserin sebanyak satu sendok teh saja. Setelah semuanya tercampur, oleskanlah pada luka sariawan Anda. Insya ALLAH, sariawan Anda akan segera sembuh.

12. Berkumur-kumur dengan air yang sudah dicampur dengan garam. Cara ini praktis karena cukup dengan air yang sudah dicampur dengan garam, lalu dikumur-kumurkan ke dalam mulut yang terkena sariawan. Disarankan air yang digunakan adalah air hangat. Terapkan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari agar sariawan cepat terobati dan sembuh. Mengapa menggunakan air yang ada garamnya? Karena garam bisa menyerap cairan yang ada pada luka sariawan, sehingga mampu mengobati sariawan dengan lebih cepat.

Itulah informasi yang berkaitan dengan sebab terjadinya sariawan dan juga tips bagaimana mencegah dan mengobati sakit sariawan dengan cara dan langkah yang mudah untuk dilakukan. Karena bahan yang digunakan sangat gampang dicari atau didapatkan.

Semoga apa yang telah disampaikan disini bisa menjadi solusi buat Anda dan orang-orang di sekitar Anda dalam mengatasi atau mengobati sakit sariawan. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.