Thursday, August 27, 2015

Ternyata Minum Air Es Berbahaya Bagi Kesehatan


Di saat cuaca sedang panas dan membuat gerah. Banyak orang berpikir ingin meminum air es yang rasanya dingin dan sejuk karena bisa menyegarkan tenggorokan.

Dibalik segarnya minum air es, ada pertanyaan yang masih menjadi kontroversi dan perdebatan banyak orang. Apakah minum air es berbahaya bagi kesehatan?

Meskipun masih menjadi kontroversi dan perdebatan, air es ternyata punya dampak negatif bagi kesehatan tubuh, bahaya yang bisa ditimbulkan adalah sebagai berikut:

1. Terjadi pembekuan pada otak

Masuknya air es otomatis akan terjadi pendinginan yang mengejutkan bagi tubuh dan menjadi penyebab gangguan fungsi fisiologis. Akibatnya seseorang akan mengalami pusing atau migrain. Kajian mengenai terjadinya pembekuan pada otak sudah dilakukan yang bertujuan untuk mengamati dampak ketika seseorang mengkonsumsi air es.

Beberapa orang dicoba untuk diminta meminum air es menggunakan sedotan agar terkena ke dinding langit-langit mulut. Setelah itu dilakukan pengamatan aliran darah yang mengarah ke otak. Hasil yang diperoleh adalah meningkatnya aliran darah ke otak. Inilah yang menjadi penyebab rasa pusing seketika atau disebut pembekuan pada otak.

Sesaat setelah itu pusing akan pelan-pelan akan hilang. Pasti mudah dimengerti bahwa seseorang secara mendadak akan pusing sesudah minum air es. Bagi orang yang sering mengalami sakit kepala dan migrain, terjadinya pembekuan otak sangat terbuka peluangnya.

Ada sebuah studi yang menyatakan bahwa otak manusia sangat rentan dengan suhu, untuk itu sangat diperlukan menggunakan obat vasodilatasi untuk darah agar tetap hangat yang mengalir di dalam jaringan dan menegaskan otak berada dalam suhu yang hangat.

Walaupun demikian, para ahli kesehatan sangat menyarankan untuk minum air dengan suhu kamar bukan minum air es. Apalagi setelah makan, akan lebih berbahaya jika minum air es, karena tubuh akan bekerja keras untuk memanaskan air es.

2. Menambah rasa haus

Jangan sangka bahwa dengan meminum air es, haus akan hilang begitu saja. Justru minum air es akan menambah rasa haus. Akhirnya terjadi ketidakseimbangan pada tubuh. Mengapa itu terjadi? Karena dinginnya air bisa menyebabkan hilangnya cairan tubuh lebih cepat dari biasanya. Timbulnya sensasi haus yang biasa kita rasakan adalah tanda bahwa tubuh kekurangan cairan dan seharusnya dengan cepat dipenuhi melalui cara minum air dengan suhu kamar. Setelah melakukan aktivitas seperti olahraga, tubuh akan banyak kehilangan cairan, oleh karena itu sangat direkomendasikan untuk minum air secukupnya supaya cairan tubuh normal seperti biasa.

3. Penyebab kepala pusing

Biasanya orang banyak menyangka bahwa pusing disebabkan oleh darah yang kurang. Tapi belum banyak yang mengetahui jika hal itu dapat dialami karena minum air es.

Pada saat metabolisme tubuh mengalami gangguan, di bagian sistem syaraf pusat tidak siap menerima respon terhadap suhu yang berubah dalam waktu yang cepat. Akibatnya yang mengkhawatirkan yaitu organ tubuh penting yang memerlukan oksigen dan zat utama lainnya akan mengalami penurunan terhadap persediaannya. Penyesuaian pada otak akan mengalami gangguan. Yang terjadi adalah rasa pusing melanda, aliran darah ke otak terhambat atau kurang. Bagi penderita hipertensi dan hipoetensi agar berhati-hati untuk tidak sering meminum air es.

4. Bahaya jika minum air es sesudah olahraga

Bagi Anda yang suka berolahraga disarankan untuk tidak minum air setelahnya. Karena metabolisme tubuh akan mengalami gangguan. Prosesnya adalah ketika berolahraga, otot-otot akan menjadi tegang, selain itu suhu tubuh juga akan meningkat. Sedangkan tubuh akan mengalami proses pembakaran lemak. Jika air es masuk ke dalam tubuh, yang terjadi adalah suhu tubuh yang berubah secara drastis dan cepat.

Lebih berbahayanya lagi adalah terjadi penyempitan pada pembuluh darah yang berakibat pada kurang lancarnya aliran darah. Dalam kasus lain bisa saja terjadi kram pada otot tubuh dan kejang pada perut.

Disamping itu, otot jantung akan ada gangguan pada proses pemompaan darah, akibatnya aliran darah terhambat. Sebaiknya pada saat setelah berolahraga, minumlah air yang dingin secukupnya saja, jangan berlebihan yang berguna untuk menolong dalam proses pendinginan suhu tubuh yang meningkat.

5. Perut menjadi kembung

Minum air es akan menjadikan suhu tubuh beradaptasi terhadap makanan yang masuk ke dalam perut. Perubahan terjadi pada pola kerja organ pada perut. Kontraksi pada selaput lendir dialami pada lambung. Dampak berikutnya adalah otot perut terasa kejang. Cairan pada lambung dan berbagai enzim di dalamnya pun akan melakukan reaksi pada suhu dingin. Akibanya akan timbul gas di dalam perut yang berakibat perut menjadi kembung.

6. Perut akan membuncit

Semua orang pasti tidak ingin perutnya buncit. Air es ternyata bisa menyebabkan itu terjadi pada seseorang. Air es yang masuk ke dalam perut akan mengalami proses penghangatan, yang otomatis akan membutuhkan lemak yang ada pada perut. Karena lemak berfungsi sebagai penghangat. Apabila terlalu sering minum air es, maka perlu lemak yang lebih banyak lagi. Akibatnya lemak akan menumpuk di bagian perut. Itulah yang menjadi penyebab perut jadi buncit.

7. Dinding usus menjadi sempit

Tahukah Anda bahwa kebiasaan minum air bisa mengakibatkan penyempitan dinding usus. Minum air es akan mengganggu proses pelumatan dan penyerapan makanan pada usus. Makanan yang dimakan dan masuk ke dalam perut akan terjadi partikel makanan berminyak yang membeku. Lemak akan tertumpuk di usus yang mengakibatkan usus menjadi sempit. Usus yang sempit berakibat pada terganggunya proses pencernaan makanan.

Itulah beberapa efek yang negatif jika mengkonsumsi air es secara berlebihan. Kesehatan tidak bisa dianggap sepele. Nikmatnya minum air es tidak serta merta membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan sehat. Untuk itu kita perlu hati-hati dalam mengkonsumsi air es agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dan tubuh tetap sehat terjaga. Semoga bermanfaat.