Saturday, November 14, 2015

9 Cara Ampuh Menghemat Uang


Kebutuhan seseorang akan uang sangatlah penting yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pada umumnya, orang memiliki pekerjaan untuk mendapatkan uang dan menggunakannya untuk berbagai keperluan.

Namun ada masalah yang dihadapi yaitu kadang-kadang penghasilan tidak mencukupi dan tidak ada kesempatan untuk dialokasikan untuk dijadikan tabungan. Jika terjebak dalam kondisi sulit seperti itu tentunya membuat stres dan bingung apa yang harus dilakukan.

Bagi Anda yang sudah lama ingin tahu bagaimana keluar dari masalah atau kesulitan untuk menghemat uang, mari simak informasinya berikut ini.

1. Kurangi Penggunaan Alat Elektronik

Di rumah selalu ada alat elektronik yang beragam dan pasti memerlukan sumber energi listrik yang selalu membutuhkan uang untuk pembayaran tagihan rutin tiap bulannya. Dari sini Anda perlu memikirkan mana saja yang penting dan tidak, melalui cara menonaktifkan alat-alat elektronik apa saja yang memang tidak Anda butuhkan. Gunakan alat elektronik secara efektif dan efisien sehingga Anda bisa berhemat. Efek positif lain adalah masa pakai alat elektronik di rumah Anda menjadi lebih lama.

Aktivitas menonton televisi bisa dibilang hanya sedikit yang menayangkan program berkualitas. Daripada membuang banyak waktu untuk menonton televisi, lebih baik alihkan kegiatan Anda menjadi penghasil uang. Beberapa contoh kegiatan yang menghasilkan uang adalah berkebun, membuat pernak-pernik, membuat kue kering dan kue basah untuk dijual. Dengan kegiatan tersebut Anda bisa menghasilkan uang dan bisa menabung.

2. Manfaatkan Barang Koleksi Anda


Setiap orang tentu suka mengumpulkan barang tertentu. Dari waktu ke waktu barang tersebut makin banyak jumlahnya. Bisa dipastikan akan sangat jarang digunakan karena alasan tertentu. Misal Anda suka mengkoleksi buku, agar lebih bermanfaat, Anda bisa pisahkan buku yang bisa Anda sewakan, jual, atau dijadikan buku kesayangan.

Di sisi lain hobi koleksi barang tertentu juga menyumbang terjadinya pemborosan jika hanya sekedar membeli dan menjadi pajangan saja di rumah Anda. Sebaiknya hentikan kebiasaan ini untuk menghemat uang Anda dan menjadikan barang koleksi yang sudah lama Anda beli dan kumpulkan menjadi sumber uang.

3. Membuat Sendiri Pasti Lebih Baik

Ada hal yang harus dipilih oleh seseorang ketika mau makan, apakah beli makanan jadi atau membeli bahan masakan lalu memasaknya sendiri di dapur. Begitu juga makanan ringan sangat banyak dijual di toko daripada mahal harga belinya alangkah baik jika mencoba membuat kue buatan sendiri, entah itu kue tradisional atau kue modern.

Selain bisa belajar keterampilan, Anda bisa menjadikan ini skill yang menghasilkan uang karena bisa menjualnya kepada orang lain. Artinya Anda berperan sebagai produsen, bukan konsumen.

4. Lebih Sabar dalam Pengeluaran

Kegiatan belanja merupakan hal yang biasa dilakukan setiap orang. Namun kadang ada saja rasa penyesalan ketika seseorang membeli suatu barang, namun akhirnya menyesal di kemudian hari. Ketertarikan membeli barang tentu sangat membuat orang tidak sabar, apalagi barang tersebut sudah lama diimpikan. Tapi, tunggu dulu, apakah benar barang yang ingin dibeli itu penting atau malah hanya bersifat emosional saja.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan bersabar menunggu hingga 1 bulan, lalu coba pikirkan lagi apakah Anda masih berhasrat ingin membeli barang tersebut? Apabila tidak, berarti Anda telah berhasil menghemat dan menyelamatkan uang Anda dari belanja yang tidak bermanfaat.

5. Mengundang Teman Dekat ke Rumah

Jalan-jalan bersama teman memang membuat stres hilang. Namun didalamnya ada biaya yang harus dikeluarkan jika Anda makan di cafe tertentu. Beberapa kali Anda mesti mengajak teman datang ke rumah Anda dan mengobrol santai.

Bercengkrama di rumah tidak sepenuhnya membosankan. Anda bisa mensiasatinya dengan makan bersama, masak bersama, membicarakan bisnis baru, dan lainnya. Jadi, Anda tidak perlu capek pergi ke luar rumah untuk berkumpul dengan teman-teman.

6. Selalu Tulis Pendapatan dan Belanja dalam Buku Khusus

Masih banyak yang tidak menerapkan cara ini dalam kehidupan sehari-hari. Tapi sebenarnya ini adalah penting sekali karena berhubungan dengan keuangan. Aliran uang yang tidak dicatat akan membuat Anda bingung kemana saja uang yang Anda gunakan. Dari situ Anda bisa melihat langsung dan secara nyata apakah arus kas lebih banyak ke pengeluaran atau pendapatan. Evaluasi pun selalu dapat dilakukan apabila usaha Anda dalam menghemat uang selalu gagal tiap bulan.

Kurangilah uang belanja Anda dan tingkatkan pendapatan Anda, dengan beberapa cara diantaranya menabung dan membuka usaha mulai dari yang kecil dulu hingga berkembang. Syarat yang harus dipenuhi adalah Anda harus taat pada aturan yang telah dibuat, perjuangan, pengorbanan yang tinggi untuk bisa meraih kesuksesan dari rencana hidup hemat.

Memang pada permulaan, perasaan Anda akan susah dan berat, namun itu akan terasa membahagiakan pada akhirnya bahwa Anda telah berhasil menekan pengeluaran semaksimal mungkin dan mendapat uang plus dari hasil usaha Anda. Dari sana Anda akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan dan positif bagi Anda dan keluarga.

7. Sembunyikan Fasilitas Finansial Anda seperti Kartu Debit dan Kartu Kredit

Di masa sekarang begitu mudah menggunakan uang untuk transaksi dan menyimpan uang. Dengan begitu, orang tentu akan tergiur untuk menarik uang tabungan di rekening melalui ATM, terlebih lagi bank juga menyediakan kartu kredit. Dampak negatif dari itu semua orang akan mudah mengeluarkan uang dari tabungan dan berhutang dengan cepat. Kenikmatan tersebut memang menggoda namun pada dasarnya dapat menjadi jebakan dan menyusahkan diri Anda di masa datang.

Meskipun gaya hidup memakai kartu debit dan kredit membuat orang nyaman dalam transaksi, tapi jangan sampai hal itu menjadi rutinitas Anda sampai hal tersebut mengorbankan impian hidup Anda bahagia secara finansial di waktu yang akan datang.

Selalu disiplin dan ingat apa yang menjadi target Anda ke depan. Upayakan tiap bulan untuk memisahkan beberapa penghasilan Anda untuk keperluan bulanan yang masuk dalam kebutuhan primer dan simpan baik-baik kartu debit Anda di rumah supaya lebih aman dan terjaga.

8. Kurangi Gaya Hidup Konsumtif yang Menguras Biaya Banyak

Gaya hidup terkadang membuat seseorang harus mengeluarkan biaya lebih. Bandingkan saja jika kita memilih gaya hidup sederhana tentunya beda dengan gaya hidup mewah. Berbelanja di mall tentunya berbeda jauh dengan di pasar tradisional. Begitu juga dengan olahraga di tempat fitness, ada banyak biaya yang harus dibayar. Anda bisa berhemat dengan cara memilih olahraga yang lain tapi tetap ada manfaatnya seperti jalan kaki dan jogging.

Tak perlu malu dan khawatir dengan gengsi, apapun yang Anda lakukan tetap positif dan itu akan mempengaruhi hidup Anda menjadi lebih baik. Masih banyak hal-hal yang bisa disiasati menjadi lebih sederhana dan murah ketimbang tetap dalam kebiasaan pengeluaran uang yang besar hanya karena gaya hidup konsumtif, gengsi dan hobi.

9. Hentikan Belanja Rutin yang Tidak Bermanfaat

Kadang saat seseorang mempunyai uang lebih banyak, ada keinginan untuk membelanjakannya untuk hal yang kurang diperlukan dan bahkan tidak penting. Jika itu ada, hilangkan saja dan lakukan hal tersebut secara bertahap. Apabila saat ini ada biaya belanja rutin yang digunakan untuk hal yang kurang bermanfaat, sebaiknya hilangkan dan alihkan ke hal yang lebih bermanfaat dan penting.

Misalkan sekarang banyak perusahaan yang menawarkan jasa berlangganan TV berbayar. Dimana tiap bulan Anda harus membayar tagihan dan itu berlangsung selama Anda berlangganan. Jika dipikirkan hiburan TV masih ada yang gratis, mengapa harus pilih yang berbayar? Masih banyak tontonan di TV gratis yang bisa Anda saksikan.

Apabila hal diatas telah sukses Anda lakukan, Anda bisa menerapkannya ke bagian yang lain. Seperti langganan koran, majalah, kartu kredit, pulsa yang sebetulnya bisa ditekan pengeluarannya bahkan bisa dihilangkan. Dengan begitu Anda bisa menekan pengeluaran dan memindahkannya ke tabungan. Tentu ini lebih bermanfaat, bukan.

Itulah beberapa tips bagaimana cara menghemat uang dari hal sederhana yang sering kita alami dan ini bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena hidup hemat itu penting agar tidak terjebak dalam belanja yang sia-sia. Hidup kita pun bisa lebih efektif dan efisien. Semoga bermanfaat.