Monday, November 2, 2015

Inilah 20 Fakta Menarik Tentang Otak Manusia


Anda pasti setuju bahwa otak manusia merupakan organ tubuh paling lengkap yang terdapat dalam tubuh manusia dan termasuk sebuah ciptaan Tuhan yang sangat kompleks dibanding alam semesta.

Hal itulah yang menunjukkan bahwa segala sesuatu yang dibuat oleh manusia salah satunya berasal dari otak manusia. Patutlah untuk disimpulkan bahwa otak manusia adalah keistimewaan dan fitur terpenting dan mengagumkan dalam tubuh manusia.

Organ luar biasa ini dengan beragam kelengkapannya bekerja selayaknya perangkat untuk menyimpang memori yang paling aman dari seorang manusia.

Efek mengejutkan pun bisa datang dari otak manusia yang terkadang bisa memunculkan rasa bahagia, sedih, semangat, gerakan dan juga emosi. Sehingga setiap orang mempunyai karakter dan rasa sadar yang berbeda pula.

Otak manusia adalah titik pusat pengatur untuk sistem saraf pusat dan berperan penting sebagai pelayan bagi manusia melalui potensi dan kekuatan fisik dan kognitif. Ciri ini hanya satu dari banyak hal dari peran dan manfaat otak manusia.

Disamping itu ada sesuatu hal yang membuat kita sangat takjub dan terkejut adalah begitu banyak fakta yang belum diketahui oleh kebanyakan orang tentang otak yang sedang bekerja secara total dalam tubuh manusia.  

Bagi Anda yang saat ini mulai penasaran apa saja fakta yang ada pada otak manusia, berikut ini 20 fakta menarik dan menakjubkan dari otak manusia yang harus Anda ketahui:

1. Tak disangka otak manusia punya titik pusat humor. Maka dari itu, banyak orang suka humor dan mendengarkan humor. Berbeda apabila seseorang mengalami kerusakan pada otak yang terdapat lobus frontal tidak mampu merespon adanya humor.

2. Bisakah Anda mendengar suara lawan bicara Anda melalui telepon dalam keadaan suasana gaduh dan bising? Anda pasti tidak bisa fokus mendengarnya.  Hal tersebut dikarenakan otak tak dapat atau sulit membedakan mana suara bising di sekitar Anda dan suara yang datangnya dari telepon.

3. Anda pasti sering menguap. Banyak yang belum tahu mengapa kita menguap. Menguap adalah cara sederhana yang bisa membangunkan Anda. Akibatnya udara dapat masuk lebih banyak ke dalam paru-paru dan secara otomatis otak juga akan menerima oksigen.

4. Otak ternyata bisa lebih kuat mengingat lagu-lagu yang membuat orang sebal dan kesal.

5. Biasanya alat elektronik seperti televisi, AC dan kulkas memerlukan daya atau energi tinggi dalam penggunaannya, tapi berbeda jauh dengan otak yang memerlukan energi lebih rendah dibanding alat elektronik. Otak cuma membutuhkan kekuatan sebanyak 12 watt saja atau kurang lebih 17 persen dari keseluruhan energi tubuh.

6. Hati-hati bagi orang yang sering menagalmi jet lag, karena dapat mengganggu daya ingat pada otak. Hormon stres yang ditimbulkan selama mengalami jet lag dapat merusak bagian otak yaitu memori dan lobus temporal.

7. Pada saat seseorang berada pada tempat yang tinggi akan membuat otak merubah persepmsi pandangan visual menjadi sesuatu yang aneh. Terganggunya suplai oksigen lebih sering menjadi pengganggu proses visual dan emosi seseorang. Penyebabnya jelas karena pada tempat yang tinggi, kadar oksigen semakin menipis.

8. Otak dapat bekerja multitasking saat seseorang bermain game dengan jenis permainan tembak-menembak musuh secara bersamaan. Melakukan tembakan kepada beberapa musuh sekaligus bisa memecah perhatian Anda dalam waktu yang cepat, ini menandakan Anda wajib melakukan reaksi secara cepat dan beruntun ketika adanya sebuah rangsangan.

9. Pernahkah Anda mencoba untuk menggelitik diri sendiri contohnya pada bagian pinggang? Apa Anda merasa geli? Jawabannya tidak. Itu disebabkan oleh otak yang secara tidak sadar dimatikan atau ditumpulkan terhadap rasa geli pada saat menggelitik diri sendiri. Berbeda halnya jika orang lain yang menyentuh Anda, pasti hasilnya berbeda, Anda merasa geli.

10. Cahaya matahari yang sangat terang dapat membuat orang bersin. Apa sebabnya? Bersin terjadi karena serabut saraf yang berhubungan di otak akan mengirim tanda berasal dari mata ke hidung dan muncul rangsangan untuk bersin.

11. Perlu diketahui berat otak manusia berkisar 1,36 kilogram

12. Unsur paling banyak pada otak adalah air yang berkisar 75 persen.

13. Pada usia 18 tahun, saat itulah pertumbuhan otak manusia menjadi terhenti.

14. Otak manusia membutuhkan banyak oksigen sebanyak 20 persen dari keseluruhan oksigen dalam tubuh. Jadi, betapa pentingnya oksigen bagi otak.

15. Riset menyimpulkan bahwa pada saat bermimpi, gelombang otak makin aktif dibanding saat orang terjaga.

16. Hati-hati terhadap stres, karena stres dapat merubah struktur, sel-sel dan fungsi pada otak. Oleh karena itu, hindari stres. Tetap berpikir positif dan bahagia.

17. Tahukah Anda bahwa otak manusia dapat bertahan hidup hanya selama 4 sampai 6 menit tanpa aliran oksigen dan selanjutnya perlahan akan mati? Apabila otak tidak mendapat asupan oksigen sekitar 5 sampai 10 menit, bahayanya otak akan menjadi rusak secara permanen. Hal ini membuktikan sekali lagi, oksigen begitu penting bagi otak manusia.

18. Anak yang selalu membaca memakai suara yang nyaring dan rutin berbincang dengan anak dapat meningkatkan perkembangan otak.

19. Pertumbuhan pada otak bayi yang baru lahir akan membesar sekitar 3 kali dari ukuran awal saat 1 tahun pertama.

20. Lemak merupakan unsur terbanyak yang ada pada otak sekitar 60 persen.

Begitu banyak fakta yang membuat kita tercengang sekaligus takjub apa yang ada pada otak manusia. Tentunya dapat kita simpulkan bahwa otak adalah organ tubuh paling penting dan berharga pada manusia ini harus dijaga sebaik-baiknya agar bisa menjalankan fungsinya secara normal dan sehat. Semoga bermanfaat.