Tuesday, December 29, 2015

Berbahaya Jika 7 Benda Ini Dibuang ke Toilet


Toilet secara umum adalah tempat pembuangan kotoran manusia yang setiap harinya digunakan. Tempat ini pun selalu jadi bagian penting dari sebuah rumah, kantor dan tempat lainnya.

Tidak salah jika toilet menjadi tempat paling dicari oleh orang banyak. Walaupun begitu ada saja yang menyalahgunakan toilet untuk sesuatu yang tidak seharusnya.

Dimana pada dasarnya toilet untuk membuang kotoran manusia, malah dijadikan tempat membuang benda-benda yang tidak seharusnya dibuang disana. Akibatnya pun sangat fatal jika ada benda-benda yang dibuang ke toilet dan berdampak negatif terhadap lingkungan.

Toilet seharusnya dianggap penting oleh orang banyak karena air yang dibuang melalui toilet akan memberikan pengaruh pada lingkungan sekitar dan air yang ada dalam tanah.

Lebih mengkhawatirkan lagi bila ada yang membuang secara asal-asalan barang sampah, bisa saja nanti akan ada efek negatif dan risiko berbahaya yang ditimbulkan dengan membuang benda tertentu ke dalam toilet.

Selalu ingatlah bahwa fungsi toilet hanya untuk mebuang kotoran manusia, bukan benda sampah lainnya. Bukankah sudah ada tempat sampah tersendiri yang ada, mengapa masih saja membuang barang sampah ke dalam toilet? Pertanyaan inilah yang mesti diingat kembali agar kita tidak merasakan akibat buruknya di masa yang akan datang.

Pernahkah Anda menemui toilet yang ternyata ada benda-benda yang tidak seharusnya dibuang di sana? Nah, Anda penasaran benda apa saja yang sering dibuang orang dan ternyata memiliki bahaya yang luar biasa bagi lingkungan? Mari simak informasinya berikut ini.

Satu. Membuang Popok Bayi Bekas
Popok bayi dibuang di toilet? Ternyata ada saja orang yang nekat membuang popok bayi ke dalam toilet. Tentu saja itu akan menyumbat saluran pembuangan dan susah untuk dikeluarkan.

Perbuatan konyol ini mengandung bahaya karena bahan dari popok bayi ini sulit terurai dalam saluran pembuangan. Apabila selalu membuang popok bayi dalam toilet maka akan menumpuk sampai banyak dan saluran pembuang akan tersumbat. Siapa yang repot? Yang pasti orang banyak yang menggunakan toilet tersebut.

Oleh karena itu, janganlah membuang benda ini ke dalam toilet bila ingin saluran pembuangan tetap lancar.

Dua. Membuang Kondom (Alat Kontrasepsi Pria)
Siapa pun yang membuang sembarangan kondom di toilet adalah orang yang tidak tahu bahaya dibaliknya.

Bagi yang belum tahu kondom terbuat dari bahan latex yang membahayakan bagi air dan tanaman di sekitar karena kondom berubah menjadi racun.

Tiga. Membuang Kapas
Mungkin sebagian orang menganggap kapas adalah benda yang biasa saja. Tapi tetap berbahaya jika dibuang terus-menerus ke toilet yang akan menjadi tersumbatnya saluran pembuangan.

Apabila hal itu terjadi akan sulit ditangani. Karena untuk menghalangi adanya penyumbatan saluran pembuangan perlu diatasi dengan cara manual.

Empat. Membuang Obat-Obatan Kadaluarsa
Jangan sekalipun membuang obat yang telah kadaluarsa ke dalam toilet karena membahayakan.

Obat yang dibuang akan mencair yang cepat atau lambat akan larut dalam air dan akan terserap ke dalam tanah. Yang paling mengerikan adalah bahan kimia dari obat susah untuk hilang.

Lima. Membuang Puntung Rokok
Apabila dipandang, puntung roko sangat tidak enak dilihat, namun yang paling menakutkan adalah racun yang ada dalam roko sangat berbahaya bagi tubuh.

Persis dengan obat, unsur kimia pada rokok dapat mencemari air resapan dan berakibat timbulnya polusi pada air resapan. Lingkungan pun akan menjadi rusak.

Enam. Membuang Minyak Goreng Bekas
Cairan yang merupakan benda terlarang dibuang ke toilet adalah minyak, terlebih minyak goreng bekas pakai.

Saat suhu tertentu, minyak akan terlihat seperti cairan biasa, tapi Anda sulit mengetahui bagaimana minyak tersebut akan menjadi beku dan akhirnya menyumbat saluran pembuangan.

Tujuh. Membuang Kotoran Hewan

Sepertinya bukan masalah besar juga kan kalau membuang kotoran hewan di sana. Ya, memang kotoran hewan sepertinya tampak sama dengan kotoran manusia.

Namun ada hal penting yang harus diketahui bersama bahwa kuman bakteri pada kotoran hewan bisa bersemayam dalam toilet dan lambat laun berkembang biak lalu kemungkinan akan menjangkiti manusia. Saran yang baik adalah tidak membuang kotoran hewan disana.

Dari informasi diatas masihkah ada keinginan membuang benda-benda diatas ke toilet? Harapannya adalah tidak, karena dampaknya yang sangat berbahaya bagi lingkungan.

Toilet bukanlah tempat sampah. Itu yang harus ditanamkan secara kuat dalam diri kita. Semoga apa yang disampaikan dalam artikel ini membuka pikiran kita bersama lebih dalam lagi mengenai hal- hal yang bisa membahayakan lingkungan. Semoga bermanfaat.