Sunday, April 3, 2016

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat buah mangga menjadi populer di kalangan masyarakat luas dan tidak sedikit yang percaya akan khasiatnya yang luar biasa. Tidak hanya itu, sekarang sudah ada beragam jenis produk makanan dan minuman yang dibuat dari bahan buah mangga. Buah mangga adalah salah satu tumbuhan yang hidup di alam tropis dan telah lama dibudidayakan di berbagai penjuru dunia.

Vitamin C begitu banyak bisa kita peroleh dari buah-buahan seperti lemon, anggur dan jeruk. Disamping itu juga, kandungan nutrisi bermanfaat dapat kita peroleh dengan cara mengonsumsi buah mangga.

Inilah Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Buah mangga termasuk dalam kategori buah terbanyak dimakan banyak orang di dunia. Ada manfaat buah mangga untuk kesehatan yang bisa diraih diantaranya menurunkan risiko penyakit degenerasi makula, mengurangi risiko adanya kanker usus besar, baik untuk kesehatan tulang, kulit dan juga rambut.

Agar lebih mudah, berikut penjelasan kandungan gizi yang ada dalam satu cangkir buah mangga yang telah diiris bentuk dadu.

Kandungan Buah Mangga yang berisi macam-macam gizi yang baik untuk tubuh:

25 gr karbohidrat (yang terdiri dari 23 gr dan 3 gr serat), 100 kalori, 0,5 gr lemak, 1 gr protein, seratus persen dari keperluan harian vitamin C, tiga puluh lima persen vitamin A, dua puluh persen folat, sepuluh persen vitamin B-6 dan delapan persen vitakin K serta potassium, tembaga, kalsium, zat besi dan antioksidan misalnya beta karoten dan zeaxanthin.

Begitu banyak kandungan yang ada dalam buah mangga yang sangat lezat ini, mampu menyajikan secara luas manfaat atau khasiat bagi kesehatan dan kecantikan:

1. Buah mangga mampu mengurangi penyakit diabetes

Kadar glikemik yang rendah sekitar 41 sampai dengan 60 dalam buah mangga dapat dikonsumsi secara aman bagi siapapun walaupun dalam porsi yang agak banyak. Tidak akan membuat gula darah menjadi naik.

Banyak orang mengira hanya buah mangga saja yang punya khasiat untuk kesehatan. Tetapi tidak seperti itu adanya, namun pada daun mangga juga ada khasiat dan manfaat yang bisa didapat.

Daun mangga sangat berguna bagi penderita diabetes dengan cara yang mudah yaitu daun mangga sebanyak lima atau enam lembar direbus lalu direndam selama satu malam dan esoknya disaring pada pagi hari. Terbukti ramuan sederhana dari daun mangga ini mampu menolong teraturnya kadar insulin.

2. Buah mangga bisa mencegah adanya degenerasi makula

Buah mangga terdapat zat antioksidan zeaxanthin yang berfungsi menyaring sinar cahaya biru, yang diprediksi berperan dalam proses proteksi pada mata agar sehat dan berpeluang mampu mencegah rusaknya yang disebabkan degenerasi makula.

Adanya asupan makanan berupa buah-buahan yang banyak telah memberi bukti dapat menekan risiko  dan perkembangan adanya degenerasi makula dikarenakan faktor usia.

3. Buah mangga mencegah sakit jantung

Bagi penderita penyakit jantung, buah mangga memiliki kandungan yang bermanfaat seperti serat, kalium dan vitamin yang secara umum dapat mencegah timbulnya penyakit jantung. Asupan kalium yang meningkat dan juga asupan natrium yang menurun secara beriringan merupakan proses perubahan bentuk pola makan yang terpenting bagi seseorang, yang nantinya akan berdampak positif pada berkurangnya bahaya penyakit kardiovaskuler.

4. Buah mangga mampu mencegah penyakit kanker

Pada beberapa riset telah memperlihatkan bahwa senyawa antioksidan di dalam buah mangga sudah ditemukan yang berguna untuk perlindungan terhadap kesehatan usus besar, payudara wanita, leukimia dan juga kanker pada prostat.

Senyawa antioksidan yang terdapat dalam buah mangga tersebut adalah asam galat, quercetin, fisetin, isoquercitrin, methylgallat, astragalin serta enzim yang berlimpah ada di buah mangga.

5. Buah mangga membuat tulang jadi sehat

Pada umumnya kalsium yang terkandung dalam susu dapat bermanfaat dan punya pengaruh yang baik untuk tulang agar sehat, selain itu asupan vitamin K yang kecil juga kerap dihubungkan dengan bertambahnya peluang risiko terjadinya patah tulang.

Pola konsumsi asupan yang benar dari berbagai manfaat sayuran dan buah-buahan, begitu penting dalam memperbaiki penyerapan zat kalsium yang efektif tidak terkecuali dari buah mangga.

6. Buah mangga baik untuk pencernaan

Ada kandungan enzim yang ada pada buah mangga yang ampuh menghancurkan lemak dan protein pada beberapa jenis makanan yang kita konsumsi. Sedangkan serat yang terdapat pada buah mangga sangat bermanfaat dalam melancarkan pencernaan serta mempermudah proses keluarnya sisa hasil pencernaan.

7. Buah mangga mengandung zat besi yang tinggi dan itu baik bagi wanita

Di dalam buah mangga ternyata mengandung zat besi tinggi, jadi ini bermanfaat sekali untuk penyembuhan penyakit anemia. Disamping itu, bagi ibu hamil dan wanita yang sedang menopause, buah mangga sangat baik dikonsumsi karena dapat menambah kadar zat besi dan sekaligus kadar kalsium pada saat bersamaan.

8. Buah mangga mengontrol tingkat kolestrol dalam darah

Buah mangga punya beberapa khasiat yang sama dengan jambu biji, yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, serat dan pektin yang baik sekali gunanya untuk mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh. Buah mangga yang masih segar sangat kaya akan sumber kalium yang menjadi komponen penting dari sel dan cairan dalam tubuh. Kalium sangat bermanfaat dalam mengendalikan tekanan darah dan detak jantung seseorang agar normal dan sehat.

9. Buah mangga bisa membuat mata sehat

Anda ingin mata sehat dan terhindar dari penyakit mata? Buah mangga dapat diandalkan sebagai solusi untuk masalah itu. Mata harus selalu dijaga kesehatannya karena salah satu organ vital pada tubuh manusia untuk penglihatan. Buatlah irisan buah mangga sebanyak satu cangkir, dengan cara ini kita sudah dapat persediaan sekitar 25 persen vitamin A, untuk keperluan asupan setiap harinya.

Dengan mengonsumsi buah mangga, kita dapat terjauhi dari penyakit mata misalnya rabun senja, gatal-gatal pada mata dan mata yang kering.

10. Buah mangga berkhasiat mencegah penyakit asma

Penyakit asma dapat dikurangi risikonya dengan mengonsumsi buah mangga. Dalam kondisi lain, ini juga bisa terjadi pada seseorang yang mendapatkan nutrisi khusus dalam kadar yang tinggi. Beta karoten menjadi salah satu nutrisi tersebut yang terkandung dalam wortel, labu, melon, brokoli, aprikot, dan pepaya.

Tips Mudah Manfaat Mangga Untuk Kecantikan

Siapa yang tidak ingin kulitnya menjadi cantik dan sehat? Khususnya bagi wanita yang ingin selalu tampil cantik dan menawan. Di mata banyak wanita, tampil cantik memerlukan biaya yang mahal. Namun, pada kenyataannya hal tersebut tidak benar. Dengan buah mangga pun seorang wanita bisa merawat kecantikannya dan tentu tak perlu sibuk pergi ke tempat kecantikan seperti spa dan salon.

Adapun beberapa tips agar Anda sebagai wanita yang ingin merasakan manfaat hebat dan luar biasa dari buah mangga dengan langkah yang mudah dan praktis

1. Buah mangga yang bisa menghilangkan noda bintik-bintik pada wajah.

Siapa bilang kulit mangga hanya menjadi sampah? Ternyata kulit buah mangga masih dapat bermanfaat dan digunakan untuk mengobati masalah pada kulit. Caranya pun sangat mudah, dengan mengeringkan kulit mangga lalu dihancurkan sampai berbentuk bubuk. Lalu campur adukkan bubuk kulit mangga itu dengan yoghurt hingga tercampur dengan sempurna setelah itu oleskan pada wajah yang ada bintik hitam.

2. Buah mangga berkhasiat menghilangkan jerawat

Buah mangga yang masih mentah dapat berguna untuk atasi jerawat, yaitu dengan memotongnya menjadi kecil dan direbus. Kemudian air sisa hasil rebusan tadi bisa menjadi air untuk membasuh atau mencuci wajah yang jerawatan.

3. Buah mangga mampu menyembuhkan kulit yang terbakar karena sinar matahari

Buah mangga dipotong hingga banyak. Lalu oleskan mangga yang telah dipotong tadi pada kulit yang terbakar. Selanjutnya Anda bisa oleskan lagi krim susu pada bagian atasnya. Diamkan sejenak selama 5 sampai 15 menit. Setelah itu, cuci sampai bersih menggunakan air yang dingin saja.

4. Buah mangga berguna sebagai pelembab rambut

Siapa yang tidak ingin rambutnya sehat? Pastinya semua orang menginginkannya. Sehubungan dengan itu, buah mangga memiliki kelebihan yaitu untuk melembabkan rambut. Di dalam mangga terdapat kandungan vitamin A yang baik sebagai nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam produksi sebum secara natural demi kegunaannya agar rambut menjadi lembab. Tidak hanya itu, vitamin A juga diperlukan agar memperlancar proses pertumbuhan keseluruhan jaringan pada tubuh, diantaranya rambut dan kulit.

Apakah ada efek negatif dan risiko dari buah mangga terhadap kesehatan?

Ada sebagian orang yang mengalami alergi lateks, yang kemungkinan akan ada reaksi berbeda dengan buah mangga. Bahaya yang bisa timbul seperti gangguan pada ginjal yang tidak berfungsi dengan baik adalah karena terlalu banyak makan buah mangga yang mengandung potasium. Kejadian fatal  mungkin terjadi karena organ ginjal tidak sanggup membuang kalium yang berlebihan dalam darah.

Secara umum, buah mangga dapat kita peroleh manfaatnya secara optimal jika dibarengi dengan pola makan yang baik dan benar. Tidak terlepas kegunaannya untuk mencegah berbagai penyakit dan mendapatkan kondisi tubuh yang sehat. Alangkah baik jika kita membiasakan untuk mengonsumsi makanan bergizi yang beragam dibandingkan hanya memakan satu jenis bahan makanan.