Tuesday, April 12, 2016

Tips Jitu dan Mudah Obati Gigi Sensitif


Gigi merupakan salah satu organ tubuh yang terpenting. Disamping mulut yang selalu digunakan untuk makan, minum dan berbicara setiap harinya.

Seluruh aktivitas tersebut punya efek besar pada kondisi kebersihan dan kesehatan mulut. Jika mulut sehat, maka Anda pun dapat beraktivitas secara normal tanpa ada gangguan penyakit tertentu.

Lalu, apa saja cara dan tips yang bisa dilakukan dengan mudah agar mulut kita bisa bersih dan sehat?

Berikut ini ada cara yang ampuh dan bisa diaplikasikan setiap hari agar mulut Anda terasa nyaman.

1. Gunakan Minyak Kelapa Untuk Atasi Gusi Berdarah

Gusi berdarah tidak bisa dianggap hal yang sepele. Jangan biarkan bila itu terjadi. Masalah gusi berdarah bisa mudah diatasi dengan menggunakan minyak kelapa.

Fungsi dan manfaat minyak kelapa tidak hanya untuk gusi berdarah, bahkan bisa mengobati asma dan penyakit gula darah (diabetes).

Ikuti caranya, yaitu masukkan ke dalam mulut Anda minyak kelapa lalu diamkan selama 4 atau 5 menit.

Setelah itu, keluarkan minyak kelapa dari mulut Anda jika sudah berubah menjadi keputihan.

2. Air Garam Mampu Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Apabila itu terjadi, Anda bisa melakukannya dengan mudah dan cepat.

Siapkan air hangat, lalu tuang 2 sendok teh garam ke dalamnya. Aduk sampai garam tersebut larut, kemudian jadikan sebagai obat kumur.

Terapkan cara ini setiap pagi. Bagaimana cara kerjanya? Mengapa air garam bisa obati sakit tenggorokan?

Jawabannya adalah air garam dapat menyingkirkan air yang menjadi penyebab bengkaknya bagian tenggorokan dan peradangan di dinding tenggorokan.

3. Atasi Gigi Sensitif dengan Soda Kue

Timbulnya penyakit gigi sensitif biasanya disebabkan karena adanya asam yang secara perlahan dapat melenyapkan enamle pada gigi. Selain itu juga karena pola kebiasaan menyikat gigi yang tidak benar sehingga akar gigi jadi terbuka.

Mengenai masalah gigi sensitif disebabkan oleh asam, ada cara mudah mengatasinya yaitu menggunakan soda kue yang bisa Anda dapatkan di toko bahan kue.

Soda kue bermanfaat dalam menetralisir pH dalam mulut dan juga mengobati gigi yang sensitif. Perlu diingat agar tidak melakukannya terlalu sering.

4. Biasakan Berkumur Sesudah Makan

Hal sederhana ini yaitu berkumur setelah makan sering dilupakan atau bahkan tidak pernah sama sekali dilakukan orang.

Padahal kebiasaan berkumur dengan air putih bisa mengurangi berbagai jenis kotoran dalam mulut seperti sisa dari makanan dan minuman.

Alangkah baiknya Anda selalu rutin berkumur, selain dengan air putih biasa, Anda juga dapat berkumur dengan air garam untuk menghindari bau tak sedap pada mulut, sakit tenggorokan, dan gangguan pada gusi.

Itulah cara bagaimana agar kita bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan mulut, gigi, gusi dan tenggorokan.

Ada cara mudah untuk mengtasinya asalkan kita selalu rutin menerapkan cara-cara diatas dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.