Sunday, September 18, 2016

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor


Toilet umum sudah pasti banyak digunakan orang banyak setiap hari. Namun sungguh disayangkan biasanya toilet tersebut tidak sedikit yang masih kotor atau kurang dalam kebersihannya.

Berbagai masalah yang terlihat di toilet umum diantaranya banyaknya jamur, dudukan toilet kotor, kertas tisu yang berserakan dan air kolam yang kotor selalu menjadi masalah besar yang ada di toilet umum di Indonesia.

Pada faktanya kondisi toilet yang kotor tersimpan bahaya penyakit yang mengancam, diantaranya sebagai berikut.

1. Dapat menimbulkan infeksi streptococcus
Toilet yang kotor sangat rentan menyebabkan infeksi streptococcus. Adapun penyakit yang dipicu oleh bakteri ini yaitu demam, radang tenggorokan dan kulit menjadi merah. Tak hanya itu saja, risiko mengalami infeksi saluran kemih pun bisa jadi ancaman.

2. Dapat menimbulkan penyakit hepatitis A
Munculnya penyakit hepatitis A sangat lazim terjadi karena toilet yang kotor. Kita perlu sekali waspada terhadap gejalanya diantaranya adalah mual, demam dan keram perut. Penularan hepatitis A ini melalui kotoran dari penderita.

3. Memicu penyakit infeksi staphylococcus
Infeksi yang biasa disebut staph merupakan infeksi pemicu berbagai penyakit yaitu sakit kepala, demam dan cepat lelah. Infeksi ini biasanya menyerang orang yang baru pertama kali menggunakan toilet umum.

4. Penyakit flu dan pilek
Pasti Anda tidak menyangka bahwa flu dan pilek juga bisa diakibatkan oleh pemakaian toilet kotor. Disinilah pentingnya selalu menjaga kebersihan toilet di rumah Anda dan juga selalu waspada saat memakai toilet umum.

5. Bisa menyebabkan infeksi E-Coli
Salah satu bakteri yang dihasilkan oleh toilet kotor adalah e-coli. Efek buruk yang terjadi jika terinfeksi bakteri e-coli adalah keram perut, muntah sampai buang air besar berdarah. Sungguh mengerikan. Bakteri e-coli biasanya berada di dudukan toilet, hingga gagang pintu pun juga menjadi area yang sering ditempati oleh bakteri ini.

Usahakan untuk tidak menggunakan toilet umum yang kotor. Jika dalam keadaan terpaksa memakainya, upayakan untuk terlebih dulu membersihkan dudukan toilet dengan tisu pembersih. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan tangan Anda setelah buang air kecil ataupun besar. Semoga hal ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk rutin membersihkan toilet di rumah.