Wednesday, January 18, 2017

Empat Manfaat Tinggalkan Sosial Media


Sosial media saat ini tengah berkembang dan selalu diikuti banyak orang. Tak terkecuali Anda. Sudah banyak yang mencoba Facebook, Twitter, Google Plus, Path atau Instagram. Disitu tempat yang asyik dan menyenangkan untuk berkomunikasi secara online dengan orang lain.

Bagi sebagian orang mungkin sulit meninggalkan sosial media. Alasannya karena pekerjaan maupun berbisnis. Sudah tak bisa dipungkiri adanya teknologi dan sosial media termasuk menjadi keperluan utama. Namun dibalik itu, sosial media punya dampak negatif pada kesehatan. Sebaiknya Anda lebih bisa mengontrol dan memberikan batasan tertentu dalam berselancar di internet ataupun sosial media.

Anda tentunya dapat mengambil masa jeda dalam bersosial media. Pada saat nanti Anda merasakan manfaat kesehatan yang signifikan. Apa saja manfaat tersebut? Mari simak bersama.

1. Dapat Menekan Risiko Kelebihan Berat Badan (Obesitas)
Bagi orang yang sedang bersosial media apalagi banyak situs sosial media yang digunakan maka waktu duduk atau bahkan berbaring akan lebih lama. Orang yang sedang berhadapan dengan laptop, ponsel pintar atau tablet akan tidak banyak bergerak dan bahkan cenderung pasif.

Maka gerakan tubuh tidak mampu melakukan pembakaran kalori. Yang lebih berbahaya adalah orang yang selalu menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk bersosial media akan memakan waktu lebih banyak untuk berdiam diri dibanding berolahraga secara fisik. Orang yang kurang dalam berkegiatan fisik akan berisiko terkena obesitas.

Untuk itu, luangkan lebih banyak untuk bergerak dibandingkan hanya terlena duduk berlama-lama di depan komputer atau ponsel.

2. Mengurangi Bahaya Depresi
Sebagian orang mencari kesenangan dan kebahagiaan di sosial media. Apalagi menganggap sosial media sumbernya itu merupakan kekeliruan.

Yang terpenting Anda bisa mendapatkan kebahagiaan yang jelas di dunia nyata bersama keluarga dan teman-teman. Saat Anda tak dapatkan hal bagus, lambat laun rasa depresi pun akan datang.

Bila Anda stop bersosial media, maka bahaya depresi pun akan berkurang.

3. Menjadikan Anda Makin Bersosial Secara Nyata
Sosial media memang diperuntukkan untuk bersosial namun hanya lewat dunia maya. Hentikan kegiatan bersosial lewat internet.

Luangkan waktu dan tingkatkan kepedulian terhadap lingkungan di sekitar Anda. Sediakan waktu untuk lebih aktif bercengkrama dengan orang sekitar Anda. Dengan cara itu Anda dapat mengatasi kesepian dan risiko depresi.

4. Mendongkrak Kemampuan Mengingat
Studi memberitahukan adanya bahaya memakai komputer dan ponsel dalam jangka yang lama dapat menipiskan materi abu-abu yang ada di otak. Efeknya adalah ingatan akan berkurang.

Oleh karena itu, Anda diharapkan untuk tak tergantung pada sosial media demi menambah daya ingat dan menjaga kesehatan otak Anda.

Demikian informasi penting apa saja manfaat dari meninggalkan sosial media. Semoga bermanfaat.