Monday, February 27, 2017

Perbedaan Es dari Air Mentah dan Air Matang? Wajib Baca!


Minuman es sudah menjadi favorit banyak orang baik itu dalam jenis sirup, jus atau lainnya. Es menjadi bahan yang dicari-cari untuk membuat minuman jadi dingin. Apalagi minuman es dinikmati saat cuaca panas di siang hari maka kita akan memperoleh kesegaran yang nikmat.

Ada hal penting untuk diketahui mengenai es yang dibuat. Apakah dari air matang atau malah sebaliknya, dari air mentah. Jika berasal dari air mentah, maka ini sungguh berbahaya.

Berikut ini ada cara bagaimana kita dapat mengetahui atau membedakan es yang berasal dari air mentah atau air matang:

1. Es yang berasal dari air mentah memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Apabila diperhatikan es yang dibuat menggunakan air mentah biasanya tampak putih disebabkan oleh banyak gas yang masih ada dalam air. Kebanyakan es dari air mentah berbentuk seperti es balok. Harap berhati-hati karena es balok sudah pasti tidak baik jika dikonsumsi, lebih parah apabila airnya bersumber dari air sungai yang sudah kotor.

2. Es yang berasal dari air matang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Es yang dibuat dengan memakai air yang sudah matang atau direbus akan terlihat bening seperti kristal disebabkan oleh terlepasnya gas selama proses perebusan. istilah yang biasa dipakai untuk ini adalah es kristal. Jadi, sudah jelas perbedaan antara es dari air mentah dan es dari air matang.

Kita perlu tahu bahwa pembuatan es tidak direkomendasikan memakai air mentah. Bahaya yang ada dalam air mentah adalah terkandung banyak bakteri E-Coli.

Ada bukti dari riset yang dilakukan di daerah Florida Selatan yang menunjukkan tentang perbandingan antara air toilet dan es batu. Hasil yang didapat adalah bakteri pada es batu lebih banyak sekitar 70 persen dibandingkan dengan air toilet.

Hal ini kurang lebih sama saja kondisinya seperti di negara kita, Indonesia. Kebanyakan orang membuat es dari air mentah. Mulai sekarang jika ingin membuat es, ambillah airnya dari air matang.

Sebagai bentuk kehati-hatian kita terhadap es. Ada sebuah pabrik es yang memakai air sungai dan ditambah dengan bahan pemutih.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan selalu memilih air matang untuk pembuatan es.